Menu
Rabu, 17 Januari 2018 | 9:07:58 am

Festival Literasi Terbesar di Indonesia Digelar di Lombok Utara

Festival Literasi bertema Hari Ibu, bersama Gramedia Mataram bekerja sama dengan Pemkab KLU, di Lapangan Umum Tanjung Lombok Utara, dihadiri Bupati Najmul Ahyar, pada Jumat (22/12/2017). Festival Literasi bertema Hari Ibu, bersama Gramedia Mataram bekerja sama dengan Pemkab KLU, di Lapangan Umum Tanjung Lombok Utara, dihadiri Bupati Najmul Ahyar, pada Jumat (22/12/2017).

KLU – Rangkaian Festival Literasi terbesar di Indonesia, berlangsung di Kabupaten Lombok Utara (KLU) NTB, pada 16-22 Desember 2017. Bertajuk Festival Literasi Gramedia Hari Ibu. Kerja sama antara Pemkab Lombok Utara, Klub Baca Perempuan, dan Gramedia.

Festival ini mengusung tema hari Ibu, tujuannya sekaligus sebagai sarana mengajak para ibu agar dapat menanamkan minat baca kepada anak sejak dini. Oleh karena itu, setiap acara lomba melibatkan ibu dan anak, seperti Lomba Mewarnai Ibu dan Anak, Ibu Mendongeng, Fashion Show Ibu dan Anak, Kampanye Literasi Media Sosial, dan Karnaval Literasi Hari Ibu. Peserta lomba berasal dari kalangan ibu rumah tangga, ibu guru, organisasi perempuan, dan masyarakat umum.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) KLU, Nani Triana Cahyani dalam pembukaan sekaligus meresmikan rangkaian acara mengungkapkan, bahwa ibu merupakan sosok yang sangat penting dalam membimbing anak-anak agar suka membaca buku.

“Para ibu, merupakan gerbang awal dimulainya penerapan perintah untuk membaca. Ibu memiliki tugas untuk menjadikan anak-anaknya sebagai generasi penerus yang baik sesuai minat dan bakat mereka melalui membaca,” kata istri Wakil Bupati KLU ini.

Terkait kerja sama penyelenggaraan acara ini bersama Gramedia, ketua sekaligus founder Klub Baca Perempuan, Nursida Syam menegaskan komunitas ini mendukung segala bentuk dan upaya menggerakan minat baca di kalangan masyarakat.

“Dari tangan ibu, segala kebiasaan baik anggota keluarga bermula. Ibu adalah sekolah pertama, ensiklopedia terpercaya. Kami sebagai salah satu pemenang kompetisi GRCC 2016 senang sekali dapat bekerja sama dengan Gramedia dalam acara ini," kata Nursida.

Klub Baca Perempuan, menurut Nursida, merupakan salah satu juara Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2016. Pada tahun 2017, Gramedia berkolaborasi bersama para pemenang untuk menyelenggarakan berbagai acara bertema literasi dari Aceh hingga Papua, salah satunya melalui rangkaian Festival Literasi Gramedia ini.

Dalam kesempatan yang sama, Rochmat Sugiarto selaku Store Manager Gramedia Mataram menjelaskan bahwa Gramedia secara aktif mengajak berbagai pihak demi meningkatkan minat baca masyarakat.

“Kali ini, kami sebagai tuan rumah penyelenggaraan rangkaian Festival Literasi Gramedia yang sudah diselenggarakan di beberapa kota. Hal ini merupakan wujud nyata langkah kami untuk lebih dekat dengan masyarakat serta meningkatkan minat baca khususnya di wilayah Kabupaten Lombok Utara,” kata Rochmat.

Seperti festival literasi di kota-kota sebelumnya yang telah diikuti oleh lebih dari 2000 orang, puncak Rangkaian Festival Literasi Gramedia Hari Ibu, adalah Karnaval Literasi Hari Ibu diramaikan 3.000 peserta, terutama dari kalangan Ibu.

Gramedia Mataram juga, kata dia, telah membuka pameran buku di Gedung Serbaguna Gondang, Kecamatan Gangga, KLU, untuk mengisi rangkaian acara ini, sejak tanggal 15 hingga 22 Desember.

"Buku-buku berkualitas dengan harga yang terjangaku, siap diserbu oleh masyarakat," ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan Rochmat, data UNESCO pada tahun 2012 menyebutkan indeks minat baca masyarakat Indonesia adalah 0,001%, artinya dari 1.000 orang, hanya ada 1 (satu) orang saja yang memiliki minat baca yang baik.

Selain itu, berdasarkan data dari World’s Most Literate Nations, tingkat literasi Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 61 negara yang diteliti.

(mn-09/r3)

^ KEMBALI KE ATAS