Menu
Rabu, 17 Januari 2018 | 9:05:47 am

Tuntut Hitung Ulang Suara, Aliansi Rakyat Tanak Gadang Demo Bupati Ali BD

Tuntut Hitung Ulang Suara, Aliansi Rakyat Tanak Gadang Demo Bupati Ali BD

LOTIM – Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Tanak Gadang untuk Pilkades Bermartabat menggelar aksi damai ke Kantor Bupati Lombok Timur, Sabtu (30/12) kemarin.

Di bawah pengawalan ketat aparat kepolisian, massa menggelar aksinya dengan berjalan kaki dari depan Kantor PHI Selong menuju Kantor Bupati Lombok Timur. Para peserta aksi terdiri dari 7 elemen masyarakat antara lain Relawan Tuaq Sef Tebela Bantel, Relawan Ali BD Desa Tanak Gadang, Kelompok Peternak Kandang Kolektif Tanak Gadang, Persatuan Guru Ngaji Tanak Gadang, Barisan Srikandi Untuk Generasi Emas Tanak Gadang, Himpunan Bajang Dedara Tanak Gadang dan Aliansi Pelajar Mahasiswa Tanak Gadang Zamannow.

Salah seorang Orator lapangan, Muhsin Fauzan dalam orasinya melalui pengeras suara di atas mobil boks, menyampaikan pernyataan sikap tegas Aliansi Rakyat Tanak Gadang yang mendesak Bupati Lombok Timur untuk segera menyikapi kisruh Pemilihan Kepala Desa Tanak Gadang, Pringgabaya pada Rabu (13/12) lalu yang mereka nilai telah dilaksanakan dengan sangat tidak demokratis dan melanggar hukum.

Diungkapkannya, Panitia Pilkades Tanah Gadang yang diketuai Saudara HM Zainuddin SAg, MPdi, MSi telah terbukti dan nyata melakukan kecurangan karena memanipulasi 346 suara sah menjadi suara batal.

Panitia Pilkades dinilai melakukan persekongkolan jahat dengan Badan Perwakilan Desa Tanak Gadang yang semakin nyata menunjukkan kebodohan dan keberpihakannya pada salah satu calon karena menolak keputusan Tim Penyelesaian Sengketa Pilkades Serentak Kabupaten Lombok Timur 2017 yang menetapkan dilaksanakannya Penghitungan ulang Surat Suara Pilkades Tanak Gadang pada Kamis, 28 Desember 2017 di Kantor DPMPD Kabupaten Lombok Timur.”Hitung ulang suara rakyat adalah harga mati,”tegas Ucin yang tergabung dalam Aliansi Pelajar Mahasiswa Tanak Gadang Zamannow.

Lima Tuntutan Aliansi Rakyat Tanak Gadang

Dalam pernyataan sikap resmi yang diterima wartawan, Aliansi Rakyat Tanak Gadang untuk Pilkada Bermartabat menyampaikan sedikitnya lima tuntutan antara lain, pertama; mendesak Bupati Lombok Timur agar memerintahkan Panitia Pilkades Kabupaten untuk segera melaksanakan keputusan Tim Penyelesaian Sengketa Pilkades Serentak Kabupaten Lombok Timur 2017 yakni Penghitungan Ulang Surat Suara pada seluruh TPS Pemilihan Kepala Desa Tanak Gadang dalam tempo yang secepat-cepatnya. Kedua; penghitungan Ulang Surat Suara pada seluruh TPS adalah harga mati karena terdapat 346 surat suara rakyat yang dibatalkan secara sepihak oleh Panitia Pilkades dan terbukti secara sah meyakinkan melanggar Peraturan Bupati Lombok Timur nomor 15 tahun 2016 tentang Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Desa sebagaimana keputusan tim Penyelesaian Sengketa Pilkades serentak Kabupaten Lombok Timur. Ketiga; bahwa Keputusan Tim Sengketa Kabupaten untuk dilaksanakannya Penghitungan Ulang Surat Suara Pilkades Tanak Gadang merupakan keputusan terbaik demi terwujudnya Pemilihan Kepala Desa yang demokratis, jujur, adil, bertanggungjawab dan bermartabat. Keempat, bahwa Rakyat Tanak Gadang bukanlah pemilih bodoh dan tidak paham aturan main, sehingga ingin dimanipulasi dan dirampok hak pilih dan memilihnya oleh Panitia Pilkades Desa Tanak Gadang yang bersekongkol dengan Badan Perwakilan Desa hanya untuk memenuhi ambisi politik busuk dan memenangkan jagoannya. Kelima; Aliansi Rakyat Tanak Gadang mendesak Pembubaran Panitia Pilkades dan Badan Perwakilan Desa Tanak Gadang karena bekerja tidak netral, tidak profesional dan melanggar sumpah jabatan.”Kita berharap Bupati dapat menyikapi sengketa ini dengan arif dan bijaksana. Bahkan keputusan tim sengketa harusnya jadi rujukan bupati untuk menjawab substansi masalah karena terjadinya pelanggaran hukum oleh panitia Desa yang berani membatalkan surat suara sah,”ungkap Adi Sutarman, Koordinator Relawan Ali BD Desa Tanak Gadang.

Setelah hampir setengah jam berorasi, perwakilan massa dipersilakan masuk untuk berdialog dan menyampaikan pernyataan sikapnya yang diterima Sahabudin, Asisten II Setdakab Lombok Timur dan Drs H Juaini Taufik, Kadis DPMPD Lombok Timur.

 

Video Unjuk Rasa Aliansi Rakyat Tanak Gadang

Aksi Damai yang Kreatif

Ada pemandangan menarik dalam aksi damai massa Aliansi Rakyat Tanak Gadang kali ini, Tidak seperti biasanya aksi berakhir keributan, tetapi ratusan massa berjalan teratur dalam barisan satu komando. Bahkan mereka melakukan aksi bersih memungut sampah sepanjang jalan.”Ini aksi damai yang pantas dicontoh,”kata petugas Polisi dari Polres Lombok Timur yang ikut mengkawal jalannya aksi damai.

Pemandangan menarik lainnya adalah bunyi spanduk rentang yang dibawa massa aksi dengan tulisan dan pesan-pesan yang kreatif. Seperti menunjukkan kelas para peserta aksi. Ada sekitar lima spanduk yang dibawa massa aksi dengan ragam pesan moral yang sedikit nyeleneh dan bikin tersenyum orang yang melihat. Misalnya spanduk rentang dari Barisan Srikandi untuk Generasi Emas Tanak Gadang yang bertuliskan Panitia Bodoh, Pemilih Cerdas ya!, atau Panitia Desa Merampok Suara Kami, Hitung Ulang Suara Kami Sekarang juga. Belum lagi yel-yel yang dikumandangkan orator dan diikuti massa peserta aksi.”Kita aksi damai untuk mengetuk hati nurani Pak Bupati, karena Pak Bupati milik kita semua. Maka kami ingin Pak Bupati secepatnya memberi keputusan untuk menjalankan atau tidak rekomendasi dan keputusan tim Penyelesaian Sengketa untuk penghitungan suara ulang,”ungkap Mursydin Munzy, Koordinator Aksi Aliansi Rakyat Tanak Gadang untuk Pilkades Bermartabat.

(mn-13/r3)

^ KEMBALI KE ATAS