Menu
Senin, 17 Desember 2018 | 5:50:41 am

Gubernur Zul Ungkap Poin Penting "NTB Gemilang" Lima Tahun Kedepan

Sidang Paripurna ke-IV sebagai rapat terakhir penyusunan rancangan Renca Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) NTB, dihadiri Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD NTB, di Jalan Udayana Kota Mataram, Selasa (13/11/2018). Sidang Paripurna ke-IV sebagai rapat terakhir penyusunan rancangan Renca Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) NTB, dihadiri Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD NTB, di Jalan Udayana Kota Mataram, Selasa (13/11/2018).

MATARAM, MN -- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyadari pembangunan NTB lima tahun lalu banyak yang telah mencapai pencapaian yang baik. Namun, disisi lain harus diakui terdapat beberapa hal yang belum sempat dicapai dalam kurung waktu tersebut.

"Spirit dan konsep pembangunan NTB harus dipelihara tanpa menghilangkan substansi dan penekanannya, serta disesuaikan dengan perkembangan zaman dan peridiksi terhadap kondisi-kondisi yang akan terjadi dalam kurun waktu lima tahun kedepan," kata Gubernur Zul, saat menghadiri Sidang Paripurna ke-IV sebagai rapat terakhir penyusunan rancangan Renca Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) NTB, di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD NTB, di Jalan Udayana Kota Mataram, Selasa (13/11/2018).

Atas dasar itu, lanjut Gubernur Zul, pemerintah menjadikan latar belakang terbentuknya visi dan misi membangun NTB yang Gemilang. Dalam visi tersebut terdapat kata kunci yaitu GEMILAN, yang merupakan suatu gerakan mencintai lingkungan kesehatan dan pendidikan yang cemerlang.

Berikut poin penting "NTB Gemilang" :

1. Akselerasi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa yang transparan akuntabel dan terintegrasi berbasis dedikasi.
2. Akselerasi perwujudan masyarakat madani yang beriman dan berkarakter melalui pembangunan keluarga dengan prinsip mengutamakan kemanusiaan keberagaman dan kesetaraan gender.
3. Akselerasi penanggulan Kemiskinan dan kesenjangan dengan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas yang memberikan nilai tambah.
4. Akselerasi peningkatan daya saing dan sumber daya manusia sebagai pondasi daya saing daerah.
5. Akselerasi transformasi birokrasi menuju birokrasi yang bersih dan melayani.
6. Optimalisasi pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan.
7. Akselerasi pengembangan infrastruktur sektor unggulan dan kawasan strategis.
8. Optimalisasi penegakan hukum yang berkeadilan dan pemantapan stabilitas keamanan.

Mengenai pemilihan tema GEMILANG dilandasi terhadap komitmen GEMILANG, yaitu Gemilang pendidikan dan kesehatan. Merencanakan ribuan putra putri NTB melanjutkan studi di luar negeri.

Gubernur Zul menyampaikan tawaran khusus untuk dewan. "Kami menunggu rekomendasi anggota dewan dari dapilnya masing-masing mengajukan 5-10 orang anak muda yang mempunya potensi kepemimpinan yang tinggi potensi tidak perlu takut Bahasa Inggris nanti Pemda yang akan bertanggung jawab", ungkap Gubernur Zul.

Gemilang jaminan kesehatan bagi orang miskin dan layanan posyandu yang unggul dan berkualitas, memperkuat peran perempuan sebagai ujung tombak pembangunan pendidikan dan kesehatan.

Gemilang pemberdayaan ekonomi industri, modal usaha dan akses keuangan bagi masyarakat hadirnya science dan techno park serta rumah industri kreatif, mendorong industri pengolahan dan menghadirkan industri penghasilan.

Gemilang pembangunan sosial dan kebudayaan yaitu dengan memantapkan Islamic Center sebagai pusat peradaban, menghadirkan NTB care yaitu sistem penanganan masalah sosial darurat kemudian bersahabat kepada penyandang cacat dan masalah sosial, menjadikan pesantren sebagai pusat perubahan sosial dan kultural.

Gemilang pembangunan pedesaan. Gubernur Zul, menjanjikan akan memberikan Rp 1 Milyar bagi desa wisata potensial dan Rp 100 juta bagi Bumdes potensial, dan juga mendorong penggunaan energi terbarukan, menuntaskan kebutuhan air bersih.

Gemilang pembangunan pariwisata, memperbanyak penerbangan domestik dan internasional, mengoptimalisasi manfaat destinasi wisata dan kawasan strategis mandalika untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ada beberapa hal yang menjadi fokus dalam 5 tahun mendorong terwujudnya visi dan misi NTB GEMILANG tersebut, yaitu :

1. Menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi investasi khusunya bagi industri pengolahan dan penciptaan lapangan kerja.
2. Memastikan NTB aman, nyaman dan menyenangkan bagi para wisatawan.
3. Membahagiakan rakyat NTB ditanah kelahirannya sendiri.

Untuk merealisasikan NTB Gemilang, Gubernur menyampaikan perlunya dukungan semua pihak terkhusus seluruh perangkat daerah dan anggota DPRD, sebagai bentuk kepedulian untuk mengetahui kesinambungan penyelenggara pemerintahan dan pembangunan agar senantiasa selaras dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Besar harapan Gubernur Zul adanya sinergitas yang telah terjalin baik antara legislatif dan eksekutif dapat terus terbina sebagai ikhtiar bersama membangun daerah yang dicintai ini.

"Kami berharap agar rekan-rekan anggota DPRD senantiasa memberikan dukungan dalam mengenal konsistensi dan kesinambungan pembangunan di NTB yang kita cintai ini," jelas Gubernur pada akhir sambutannya.

Sementara itu, rapat paripurna tersebut merupakan rangkaian penting dalam proses penyusunan RPJMD NTB. Karena, RPJMD merupakan dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam proses pengembangan pembangunan NTB dalam 5 tahun ke depan. Seluruh pemangku kepentingan diharapkan mampu berpartisipasi dalam penajaman penyelarasan serta klarifikasi terhadap seluruh rancangan RPJMD tersebut.

Gubernur Zul mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas lancarnya berbagai dinamika rancangan awal RPJMD ini dan atas saran masukan yang diberikan fraksi-fraksi dan unsur komisi DPRD Provinsi NTB. Gubernur juga mengapresiasi kepedulian dan dukungan yang diberikan anggota dewan atas penyusunan RPJMD tesebut.

Agenda Rapat Paripurna ke-IV DPRD Provinsi NTB, yaitu laporan komisi-komisi terhadap rancangan awal RPJMD tahun 2018-2023, penandatangan kesepakatan tancangan awal RPJMD tahun 2018-2023, pendapat akhir Gubernur NTB sebagai sambutan.

Rapat paripurna terakhir tersebut dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Provinsi NTB, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Nusa Tenggara Barat, Sekretaris Daerah Provinsi NTB, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah provinsi Nusa Tenggara Barat, pejabat sipil TNI dan POLRI, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, LSM dan Pers. --(hs-ntb/mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

BERITA TERBARU


FOKUS

KOLOM





WWW.MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs portal berita dan peristiwa.
Diterbitkan oleh PT. Mataram Media Lestari

Selalu Terhubung :