Menu
Sabtu, 24 Februari 2018 | 2:11:23 pm

Ratusan Warga Antusias Ikuti Ritual "Perang Timbung"

Ratusan Warga Antusias Ikuti Ritual "Perang Timbung"

LOTENG - Salah satu ritual adat Sasak di Lombok Tengah, yang telah menjadi agenda tahunan yaitu "Perang Timbung". Digelar masyarakat di kawasan Makam Raja Pejanggik di Serewe, Desa Pejanggik, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah.

Perang Timbung merupakan ritual adat Sasak di Kabupaten Lombok Tengah, yang dilakukan setiap tahun pada bulan kedelapan penanggalan Sasak. Biasanya jatuh pada hari Jumat. Ritual ini dilakukan masyarakat untuk menolak balak atau menghindari cobaan dari hal-hal buruk sekaligus memohon berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Perang Timbung ini dilaksanakan sebagai acara tolak balak, untuk menghindari cobaan dan memohon berkah dari Tuhan Yang Maha Esa," terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Loteng, HL. Muh. Putria, disela acara Perang Timbung, Jumat 25 Agustus 2017.

Selain itu, menurut Putria, Perang Timbung dijadikan sebagai wahana silahturahim untuk mempererat kesatuan antar warga masyarakat Pejanggik.

Dikatakan Putia, sebelum dilakukan Perang Timbung, masyarakat Pejanggik dan sekitarnya membuat Timbung (ketan yang diberi santan di masak dalam bamboo muda) secara bersama-sama di kawasan makam Serewe.

Hadir dalam acara tersebut selain Kadis Budpar Loteng, juga turut hadir Camat Praya Tengah, Kapolsek dan Tokoh Masyarakat serta ratusan masyarakat setempat.

(mn-08/r3)

^ KEMBALI KE ATAS

PERISTIWA

POLITIK

WISATA

HUKRIM

EKONOMI

 

Situs media online mataramnews.co.id melayani informasi dan berita khususnya mengangkat isu lokal daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberdayaan kecepatan serta kedalaman informasi yang dikelola oleh jurnalis-jurnalis lokal yang handal. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sehari, dan secara kreatif dan apik mengkolaborasikan teks, foto, video dan suara.

 

Perusahaan Penerbit
PT. MATARAM MEDIA LESTARI

Alamat Redaksi
JL. RM. PANJI ANOM GG. UTAMA NO. 2 KARANG BUAYA, PAGUTAN TIMUR, KOTA MATARAM 83127 



KONTAK MEDSOS

Pengunjung juga dapat mengakses (ngeshare, ngelaike) berita mataramnews.co.id tanpa batas, ruang dan waktu di akun jejaring media sosial kami dibawah ini:


@mataramnews


@mataramnews_id


Redaksi Mataramnews


0813 5333 7567