Menu
Kamis, 24 Mei 2018 | 12:38:09 am

Segera Bangun Hotel, ITDC Kosongkan HPL 28 KEK Mandalika

Segera Bangun Hotel, ITDC Kosongkan HPL 28 KEK Mandalika

LOTENG - Pihak PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) kembali melakukan penertiban di lahan Hak Pengelolaan (HPL) 28 Kawasan Khusus Ekonomi (KEK) yang masih dikuasai warga, yaitu keluarga Lalu Erwin Martakota.

"Lahan dikosongkan karena akan segera dibangun sejumlah hotel dan ivestor sudah akan ready," ucap General Affair KEK Mandalika, I Gusti Lanang Bratasuta dihadapan awak media di Lombok Tengah (Loteng), Senin (30/4/2018).

ITDC, kata Gusti Lanang, tidak pernah sekalipun membebaskan lahan, namun ITDC menerima penambahan penyertaan modal dari BTDC, berupa aset negara yang dikelola oleh Kementerian Keuangan, dan aset itu diserahkan kepada ITDC.

"Pihak ITDC itu sudah menerima lahan yang sudah clear, dan melakukan pembangunan di KEK Mandalika Resort," jelas Gusti Lanang.

Menurutnya, permintaan pengamanan dari aparat penegak hukum, baik itu TNI, Polri, dan Satpol PP, serta pemerintah merupakan salah satu upaya ITDC menjamin keamanan bagi insvetor yang mau membangun hotel di KEK. "Perlu dicatat, investor itu tentunya tidak akan mau berinvestasi kalau tidak aman," ujarnya.

Kepala Divisi Hukum PT ITDC Lombok, Yudhistira Setiawan, membenarkan lahan HPL 28 sebanyak 1,4 hektare tersebut sudah sah milik ITDC. Sehingga kawasan itu ditertibkan hari ini.

"ITDC sudah sah menguasai lahan tersebut, dan ITDC telah bekerjasama dengan investor yang akan membangun hotel di lokasi," tegasnya.

Catatan media ini, lahan HPL 28 itu sebelumnya pernah dilakukan pengosongan Polres Loteng pada tanggal 15 Februari 2018 lalu, akan tetapi pihak keluarga Lalu Erwin Martakota masih melakukan aktivitas di lokasi dengan mendirikan berugak (bale bengong) dan berjualan minu-minuman ringan.

(mn-08)

^ KEMBALI KE ATAS

Top News