Menu
Selasa, 16 Oktober 2018 | 3:26:50 pm

Sebagai Geopark Dunia, Ekosistem Gunung Rinjani Harus Dijaga

Sekda NTB, H Rosiday, bersama Ketua Umum IAGI dan Ketua Pengurus Daerah IAGI NTB menyerahkan sertifikat Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark kepada 5 Bupati/Walikota di NTB, diantaranya Walikota Mataram, Bupati Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara dan Lombok Tengah, saat Seminar Geowisata IAGI-NUSRA di Aruna Senggigi Resort and Convention, Rabu (18/7/2018). Sekda NTB, H Rosiday, bersama Ketua Umum IAGI dan Ketua Pengurus Daerah IAGI NTB menyerahkan sertifikat Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark kepada 5 Bupati/Walikota di NTB, diantaranya Walikota Mataram, Bupati Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara dan Lombok Tengah, saat Seminar Geowisata IAGI-NUSRA di Aruna Senggigi Resort and Convention, Rabu (18/7/2018).

MATARAM - Geopark Rinjani telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark. Rinjani tidak hanya menjadi kekayaan nasional, namun sudah menjadi kekayaan dunia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Ir Rosyadi H Sayuti, meminta seluruh pihak untuk menjaga, baik itu kebersihan lingkungan maupun kemanfaatan Gunung Rinjani bagi kesejahteraan masyarakat.

"Rinjani akan menjadi lebih terkenal lagi dengan adanya sosialisasi yang dilakukan UNESCO yang berdampak pada banyaknya wisatawan asing dan lokal yang datang ke Rinjani geopark," kata Rosiady, saat membuka Seminar Geowisata IAGI-NUSRA di Aruna Senggigi Resort and Convention, Rabu (18/7/2018).

Dihadapan peserta seminar yang mengambil tema "Geowisata untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat lokal dan pariwisata berkelanjutan" tersebut, Sekda dengan tegas meminta pengelola Geopark bekerjasama dengan taman nasional Gunung Rinjani mengantisipasi banyaknya pengunjung agar tidak menimbulkan hal-hal yang nantinya merusak ataupun merugikan ekosistem geopark Rinjani itu.

Karena itu, Sekda Rosiady mengajak semua pihak untuk ikut bertanggungjawab atas peningkatan kemanfaatan ekonomi bagi masyarakat di daerah NTB.

Sementara Ketua Umum IAGI, Sukmandaru Prihatmoko menyampaikan bahwa kegiatan seminar tersebut merupakan wadah dalam menampung pemikiran untuk pengembangan Geowisata di NTB dan di Indonesia pada umumnya.

"IAGI memiliki program untuk mendorong pengembangan Geowisata di Indonesia. Kami melihat bahwa Geowisata ini bisa menjadi pilar yang sangat bermanfaat tidak hanya untuk para geolog tapi juga untuk semua pemangku kepentingan di Indonesia," ucapnya.

Ketua Panitia, Iwan mulia Septeriansyah melaporkan bahwa seminar Geowisata yang diselenggarakan oleh Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Provinsi NTB bertujuan untuk menyebarluaskan pengetahuan geologi umum memberikan pemahaman pada peserta tentang konsep geowisata yang berwawasan lingkungan, mendukung pemerintah dalam mengembangkan pariwisata dan mendukung pengembangan industri kreatif dan wirausaha baru di kelompok masyarakat.

Adapun peserta seminar berasal dari mahasiswa bidang ilmu kebumian, pemerhati Geowisata, operator perjalanan wisata, serta perwakilan dari beberapa Geopark nasional di Indonesia.

Selanjutnya Sekda bersama Ketua Umum IAGI dan Ketua Pengurus Daerah IAGI NTB menyerahkan sertifikat Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark kepada 5 Bupati/Walikota di NTB diantaranya Walikota Mataram, Bupati Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara dan Lombok Tengah.

Acara dilanjutkan dengan seminar Geowisata yang menghadirkan 5 narasumber yaitu Prof. Dato Ibrahim Komoo, Sukmandaru Prihatmoko, Ir. Hanang Samodra, M.Sc, Ir. Sugeng Handoko dan dari Kementerian Pariwisata.

(hms-ntb/mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik Hangat bulan ini !

Kolom


MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs media pemberitaan online. Melayani informasi dan berita khususnya mengangkat isu lokal daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberdayaan kecepatan serta kedalaman informasi yang dikelola oleh jurnalis-jurnalis lokal yang handal.  Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sehari, dan secara kreatif dan apik mengkolaborasikan teks, foto, video dan suara. Tim Kreatif Redaksi selalu berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam setiap liputan Salam Redaksi

Selalu Terhubung :