Menu
Jumat, 24 November 2017 | 8:59:55 am

Mendaftar di KPU, Perindo Lobar Serahkan 920 KTA Malampaui Persyaratan

Mendaftar di KPU, Perindo Lobar Serahkan 920 KTA Malampaui Persyaratan

LOBAR - Partai Perindo melakukan pendaftaran ke KPU secara serentak di seluruh Indonesia. Begtu juga Partai Perindo Lombok Barat mendaftar pada Senin 9 Oktober 2017.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lombok Barat membuka pendaftaran mulai 3 Oktober kemarin. Jumlah partai politik (parpol) yang melakukan pendaftaran verifikasi administrasi dan faktual parpol peserta pemilu masih minim.

Di beberapa daerah, baru Partai Perindo saja yang sudah melakukan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu. Di KPUD Lombok Barat, KPUD Lombok Timur dan KPUD Kota Mataram

Di Lobar sendiri, pengurus Perindo datang ke KPU dengan membawa ratusan massa untuk menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) pengurus dan kader sebanyak 920 KTA. Jumlah ini melampui persyaratan yang diharuskan oleh KPU sebanyak 713 KTA.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPUD Lobar, Suhardi menyatakan sejauh ini baru Perindo yang menyerahkan KTA pertama kali di KPU. Beberapa kelengkapan yang diverifikasi antara lain KTA, KTP dan daftar nama serta alamat anggota. “Proses ini dibuka mulai tanggal 3 Oktober sampai 16 oktober,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan, sejumlah parpol sebenarnya sudah mengkonfirmasi akan segera menyerahkan persyaratan verifikasi. Antara lain PDIP dan PKPI. “Kalau partai lainnya masih belum,” sebut Suhardi.

Ketua DPD Perindo Lobar H Surki mengatakan penyerahan KTA ini salah satu tahapan Perindo ikut mendaftar ferivikasi di KPU Lobar. Terkumpul dari seluruh desa yang ada di Lobar. Terutama para pengurus Perindo yang masuk DPRT, sebagian lagi dari masyarakat umum. “Kami bawa KTA sekitar 920, lebih dari syarat KPU 713 KTA,“ ungkapnya.

Target Perindo saat ini, ketua DPW HM Izzul Islam yang dulunya Wakil Bupati Lombok Barat, sekarang akan diusung sebagai Calon Bupati (Cabup) Lobar. Selain itu, pihaknya menargetkan kader duduk di legislatif masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil). "Paling tidak di Dapil Gunungsari-Batulayar ditargetkan dua legislatif, karena dianggap sebagai basis", harapnya.

Sementara di Lombok Timur, dan di Kota Mataram DPD Partai Perindo Lotim dan Kota Mataram mendatangi kantor KPUD Lotim dan KPUD Kota Mataram pada hari yang sama. Sayangnya, dari hasil cek data ke KPUD Lotim dan KPUD Kota Mataram, Perindo belum terakses masuk data sehingga harus menunggu.

"Kami belum bisa menerima persyaratannya dari Perindo karena data belum masuk di KPU Pusat, silakan bersabar," pinta Dedi, salah satu petugas KPUD yang menangani masalah tersebut.

Sementara Ketua DPD Partai Perindo Lotim, HL Zulkifli mengatakan, kalau hari ini secara serentak Perindo datang ke KPU seluruh Indonesia untuk mendaftar. Termasuk ke KPU Lotim sesuai dengan instruksi DPP. Dan disambut juga dengan ketua DPD Kota Mataram Baehaki bahwa persyaratan yang kita bawa ke KPUD Kota Mataram sudah lengkap dan tidak perlu di khawatirkan.

"Semua persyaratan yang dibawa sudah lengkap tinggal diserahkan ke KPU saja," tegas Zulkifli.

Ketua KPU Lotim M Saleh menegaskan Perindo adalah parpol perdana yang mendaftar untuk diverifikasi di KPU. Informasinya, masing-masing parpol harus lulus mendaftar di minimal 75 persen kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk bisa mengikuti Pemilu, Pileg maupun Pilkada.

H M Izzul Islam akan memberikan dukungan untuk Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, tetapi akan melihat para calon yang memiliki peluang besar untuk menang baru akan memberikan dukungan di salah satu pasangn Calon Gubernur dan Wakil Gubernur 2018-2023.

(mn-09/r3)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik