Menu
Rabu, 17 Januari 2018 | 9:10:19 am

Dwi : Perempuan KPPI NTB Harus Tingkatkan Kualitas

Dwi : Perempuan KPPI NTB Harus Tingkatkan Kualitas

MATARAM - Perempuan-perempuan hebat asal NTB pada tahun politik 2018/2019 mendatang bisa berkiprah dengan duduk di legislatif maupun di eksekutif.

"Saya berharap pada pemilu legislatif 2019 mendatang ada perempuan NTB yang duduk di DPR RI," ucap ketua Umum DPP Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI), Dra Dwi Setyawati, disela-sela acara pelantikan jajaran pengurus DPD KPPI NTB dan sekolah politik, di Mataram, Rabu (27/12/2017).

Menurut Dwi, untuk mencapai hal tersebut baik sebagai anggota legislatif maupun eksekutif maka harus mulai sejak dini perempuan politik yang tergabung dalam KPPI untuk mempersiapkan diri dengan meningkatkan kualitas.

Karena itu ungkap Dwi, kedepan tantangan untuk menjadi wakil rakyat sangat besar dan tentunya membutuhkan perjuangan serta kompetensi dengan kaum laki-laki.

"Selain menyiapkan kualitas dan integritas, juga harus pula menyiapkan finansial dan itu juga merupakan tantangan," ujarnya dihadapan pengurus KPPI NTB.

Dwi mengingatkan kepada perempuan politik, harus membangun mainset, kendala akan diatasi karena yakin, maka jalan akan terbuka. "Masalah kalah menang itu merupakan takdir," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bakesbangpol NTB, HL Safii menyambut baik dengan kehadiran dari Kaukus Perempuan Polotik Indonesia di NTB yang jajaran pengurusnya baru dilantik. Menurutnya bahwa kehadiran KPPI sebagai bentuk jalan untuk memajukan dan berjuang bagi bangsa dan daerah dimana para ibu ibu memilih jalur politik sebagai jalur sumbangsih bagi negara karena sangat disadari bahwa keberhasilan program pemerintah dan pembangunan yang dicita citakan tergantung pada partisipasi seluruh masyarakat, karena semakin tinggi pastisipasi masyarakat maka akan semakin berhasil pencapaian tujuan pembangunan yang ingin dicapai.

"Wanita indonesia memiliki peranan dalam pembangunan dibidang politik baik terlibat dalam partai, legislatif maupun dalam pemerintahan. Partisipasi dalam bidang politik ini tidaklah semata mata hanya sekedar pelengkap saja melainkan harus berperan aktif didalam pengambilan keputusan politik yang menyangkut kepentingan kesinambungan negara dan bangsa," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Dwi, perlu diingatkan peranan perempuan sangat strategis dalam mewujudkan pelaksanaan demokrasi khususnya mensukseskan pelaksanaan pemilukada sesuai dengan UU No.2 Tahun 2011 tentang partai politik bahwa kuota perempuan menjadi pengurus parpol dan caleg sebesar 30 persen.

"Kedepan agar para perempuan dapat meningkatkan kompetensinya dibidang politik dan peran perempuan dibidang politik semakin mantap ditengah masyarakat," ujarnya.

Sementara itu jajaran pengurus DPD KPPI NTB periode 2016-2020 dengan ketua, Hj Endang Yuliati dan Sekretatis Supiati serta bendahara Hj Istiningsih.

(mn-09/r3)

^ KEMBALI KE ATAS