Menu
Rabu, 17 Januari 2018 | 4:37:54 am

Sikapi Sengketa Pilkades Lotim, Relawan Ali BD Tuntut Netralitas Bupati

Adi Sutarman, Koordinator Relawan Ali BD untuk NTBOne wilayah Desa Tanak Gadang Pringgabaya, Lombok Timur Adi Sutarman, Koordinator Relawan Ali BD untuk NTBOne wilayah Desa Tanak Gadang Pringgabaya, Lombok Timur

LOTIM – Pemilihan Kepala Desa Serentak Lombok Timur 2017 ternyata masih menyisakan masalah dengan adanya sengketa 9 desa dari 158 desa yang mengikuti Pilkades serentak.

”Kita berharap Bupati Ali BD dapat memberikan solusi terbaik demi masa depan demokrasi desa di Lombok Timur,” kata Adi Sutarman, Koordinator Relawan Ali BD untuk NTBOne wilayah Desa Tanak Gadang Pringgabaya, Lombok Timur, Rabu (27/12/2017).

Menurut Adi, pihaknya yakin Bupati Ali BD adalah sosok yang sangat demokratis dan tahu apa yang terbaik untuk masyarakat Lombok Timur termasuk menyikapi sengketa Pemilihan Kepala Desa serentak.

”Apalagi beliau sudah membentuk tim independen terpadu yang anggotanya berasal dari lintas lembaga dan profesi terbaik. Maka tentu beliau akan menjadikan rekomendasi tim independen itu untuk menyelesaikan semua sengketa Pilkades termasuk di Desa Tanak Gadang,” jelas Adi seraya berharap semua pihak agar menghargai proses hukum yang sedang berjalan.

Menyikapi rekomendasi tim sengketa Kabupaten yang akan melakukan Penghitungan Suara Ulang (PSU) di 3 TPS Desa Tanak Gadang, Adi Sutarman menilai keputusan Tim sengketa sudah tepat dan memberikan kepastian hukum terkait status 346 suara yang diindikasikan sah tapi dibatalkan sepihak oleh panitia.

”Sebenarnya ini kasus sederhana, kalau saja Panitia melakukannya sejak awal di TPS. Masalah selesai dan tidak berlarut-larut begini. Keberatan masyarakat pemilih sangat wajar dan dilindungi Undang-Undang. Karena mereka merasa dirugikan oleh keputusan panitia yang membatalkan hak pilih mereka secara sepihak,” ungkapnya seraya berharap proses Penghitungan Suara Ulang yang difasilitasi oleh Tim Sengketa Kabupaten akan berjalan aman dan lancar.

”Intinya kita menuntut netralitas Bupati Ali BD dalam kasus sengketa Pilkades ini,” imbuhnya lagi.

(r3)

^ KEMBALI KE ATAS