Menu
Rabu, 15 Agustus 2018 | 10:09:48 pm

KPU NTB Buka Pendaftaran Calon Anggota DPD RI, 18 Calon Telah Menyerahkan Berkas

KPU NTB Buka Pendaftaran Calon Anggota DPD RI, 18 Calon Telah Menyerahkan Berkas

MATARAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB telah melakukan pembukaan pendaftaran bagi warga masyarakat yang ingin mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Penyerahan berkas persyaratan pedaftaran sendiri diberikan waktu selama lima hari yaitu mulai Minggu hingga batas terakhir pada Kamis besok yaitu tanggal 22-26 April 2019.

Dari sederetan nama bakal calon yang telah menyerahkan berkas pendaftaran terlihat nama nama anggota DPD yang saat ini masih aktif yang ikut berkompetensi yaitu, Baiq Diyah Ratu Ganefi SH, HL Suhaimi Ismy dan Rabiatul Adawiyah.

Ketiganya merupakan bagian dari 18 orang calon yang menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran ke KPU NTB hingga Rabu (25/4/2018) pukul 11.41 wita.

Menurut Komisioner KPU NTB Divisi Tehnis, Suhardi Soud, dari 18 orang bakal calon yang telah menyerahkan berkas syarat pendaftaran sebanyak 17 orang yang telah menerima bukti Tanda Terimah (TT) setelah dilakukan perhitungan jumlah dukungan untuk dicocokkan antara sotf file dengan hard copy.

"Hingga Rabu (25/4/2018) pukul 11.41 wita telah menyerahkan berkas pendaftaran dari 18 orang, sudah 7 orang telah diberikan tanda terima karena berkasnya sudah lengkap," ucapnya kepada sejumlah wartawan di KPU NTB, di Mataram Rabu (25/4/2018).

Dijelaskan juga bahwa pendaftaran akan dibukan hingga Kamis pukul 24.00 wita dan tidak ada perpanjangan waktu lagi. Namun menurutnya, ada sebanyak 45 orang sudah mengambil pasword user name ke KPU, tetapi baru ada 40 orang yang sudah mengirimkan sotf file melalui sistem informasi pencalonan perseorangan (SIPP).

Selanjutnya pada tanggal 27 April hingga tanggal 10 Mei besok akan dilakukan penelitian administrasi yaitu mencocokan antara soft file dengan hard copy.

Perlu diketahui, syarat mendaftar menjadi anggota DPR RI dapil NTB yaitu harus menyerahkan dukungan minimal 2 ribu dukungan E-KTP yang tersebar minimal di lima kabupaten/kota dengan sebaran 50 per kabupaten/kota.

Sementara itu salah satu bakal calon anggota DPD RI, Baiq Diyah Ratu Ganefi, saat menyerahkan berkas pendaftarannya di Kantor KPU NTB mengatakan optimis pendaftarannya diterima KPU karena persyaratan dukungan yang diserahkan melebihi dari yang ditentukan.

"Kita mendaftar memang dukunganya itu melebihi apa yang di syaratkan. Memang karena banyak sekali tambah tambahan yang ikut di dalam pendaftaran ini sehingga nantinya tidak menyusahkan KPU apabila ada yang ganda. Kkami sudah mempunyai agak lebihnya dua kali lipat yang saya serahkan sehingga nanti ketika ada penggandaan mungkin nanti itu akan terseleksi," ungkap angota DPD RI aktif itu.

Tidak tanggung tanggung anggota DPD RI dapil NTB dua periode ini membawa dukungan yang tersebar di 9 kabupaten/kota dengan jumlah dukungan 3.691 yang di serahkan ke KPU NTB.

"Langkah selanjutnya setelah melakukan pendaftaran saya akan melakukan sosialisasi dengan turun ke masyarakat dan akan ditingkatkan lagi untuk menyerap aspirasi dari masyarakat," pungkasnya.

(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS