Menu
Senin, 15 Oktober 2018 | 2:03:03 pm

KPU NTB Akan Menetapkan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Akhir Juli

KPU NTB Akan Menetapkan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Akhir Juli

MATARAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB hingga saat ini belum menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil pilkada 27 Juni 2018 kemaren.

Walaupun dari hasil rapat pleno rekapitulasi hasil pilkada yang dilakukan oleh KPU NTB, pasangan Zul-Rohmi memperoleh suara terbanyak dari pasangan calon lainnya yaitu sebesar 811.945 suara.

Pasalnya, KPU NTB masih menunggu registrasi gugatan hasil pilkada yang dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK), apakah pilkada NTB ada gugatan atau tidak.

Namun jika tidak ada gugatan berdasarkan registrasi yang dikeluarkan oleh MK, maka diperkirakan penetapan pemenang Pilkada NTB pada akhir bulan Juni ini.

Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori mengatakan bahwa penetapan pasangan gubernur dan wakil gubernur NTB terpilih setelah mendapatkan hasil registrasi resmi dari MK sekitar akhir Juli.

"Penetapan pasangan calon setelah mendapatkan hasil registrasi resmi dari MK. Ya sekitar 23 Juli mendatang," ucap Aksar, Kamis (12/7/2018).

Menurutnya penetapan calon terpilih tersebut akan tetap dilakukan setelah keluar hasil registrasi resmi dari MK walaupun hasil rapat pleno rekapitulasi hasil pilkada ada saksi yang tidak mau tanda tandatangan.

"Sah, hatta anggota KPU hanya 1 orang yang tanda tangan dan seluruh saksi tidak tanda tangan, tetap sah," tegasnya.

Seperti yang diketahui bahwa hasil rapat pleno rekapitulasi hasil pilkada NTB yang digelar pada Minggu (8/7/2018) lalu, dengan perolehan suara untuk pasangan Suhaili-Amin sebanyak 674.602 suara, kemudian disusul pasangan Ahyar-Mori sebanyak 637.046 suara dan yang terakhir adalah pasangan Ali-Sakti sebanyak 430.002 suara.

Namun hasil pleno rekap tersebut mendapat penolakan untuk ditanda tangami oleh saksi dua pasangan calon yang saat itu menghadiri rapat pleno yaitu saksi pasangan Suhaili-Amin dan Pasangan Ahyar-Mori sedangkan saksi nomor empat tidak menghadiri rapat namun hanya saksi pasangan Zul-Rohmi yang membubuhkan tanda tangannya.

(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik Hangat bulan ini !

Kolom


MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs media pemberitaan online. Melayani informasi dan berita khususnya mengangkat isu lokal daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberdayaan kecepatan serta kedalaman informasi yang dikelola oleh jurnalis-jurnalis lokal yang handal.  Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sehari, dan secara kreatif dan apik mengkolaborasikan teks, foto, video dan suara. Tim Kreatif Redaksi selalu berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam setiap liputan Salam Redaksi

Selalu Terhubung :