Menu
Selasa, 11 Desember 2018 | 4:30:41 pm

Bawaslu : Tantangan Pengawas Pemilu 2019 Sangat Besar

Ketua Bawaslu RI, Abhan SH, membuka rakor evaluasi pengawasan pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB 2018, di Mataram, Sabtu (29/9/2018). Ketua Bawaslu RI, Abhan SH, membuka rakor evaluasi pengawasan pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB 2018, di Mataram, Sabtu (29/9/2018).

MATARAM - Pengawasan Pemilu 2019 yang bersamaan antara Pilpres dan Pileg, diperkirakan akan banyak tantangan bagi pengawas pemilu.

Pasalnya, kontestasi antara peserta diperkirakan akan sangat tinggi ditambah lagi dengan kontestasi antar partai politik dan para calon anggota legislatif, maka diperlukan pengawasan yang lebih.

Ketua Bawaslu RI, Abhan SH, mengatakan tantangan Pemilu 2019 sangat berbeda dengan tantangan yang ada di dalam pemilihan kepala daerah, walaupun pada pemilu hanya ada dua pasangan calon, namun banyak yang harus diawasi.

"Pada pemilu ini cukup banyak yang diawasi oleh jajaran pengawas mulai dari parpolnya dan juga calegnya," ucap Abhan SH, saat membuka rakor evaluasi pengawasan pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB 2018, di Mataram, Sabtu (29/9/2018).

Menurutnya pengawasan yang dilakukan oleh jajaran pengawas pada pemilu 2019 mendatang karena tingkat kontestasinya sangat besar.

"Mulai soal ambang batas PT yang awal 3,5 naik menjadi 4, maka parpol harus lolos PT agar bisa duduk di DPR," ujarnya.

Karena itu, kata Abhan, kompetisi dari 16 parpol peserta pemilu legislatif akan sangat tinggi agar bisa masuk dalam 7 atau 8 besar ditambah lagi kompetisi antar caleg, maka sangat diperlukan pengawasan.

Tidak itu saja, terkait dengan pemilihan presiden yang pertama kali bersamaan dengan pileg tersebut, pihak pengawas belum memiliki pengalaman dalam pengawasan, sudah tentu dinamika di lapangan akan sangat berbeda, sehingga diperlukan tehnik dan cara pengawasan juga.

Apa yang dilakukan oleh Bawaslu NTB dengan menggelar evaluasi pengawasan pilgub itu sangat perlu dan baik karena atas hasil evaluasi saat ini bisa memperbaiki dan apa yang perlu dilakukan kedepan dalam konsep pengawasan pada pemilu 2019.

"Kami apresiasi pada jajaran Bawaslu NTB, bahwa evaluasi ini penting agar bagaiman kedepan melakukan pengawasan," pungkasnya.

Sementara itu Gubernur NTB, DR H Zulkieflimansyah mengatakan pengawasan yang dilakukan oleh jajaran Bawaslu NTB hingga ke bawah pada pilgub NTB kemarin sangat bagus dan baik.

Bahkan pria yang pernah duduk menjadi legislator selama 14 tahun tersebut juga sempat menyampaikan rasa kekagumannya atas kinerja Bawaslu dan jajarannya bekerja hingga kebawah.

Dalam rakor tersebut selain dihadiri langsung oleh Ketua dan Sekjen Bawaslu RI juga dihadiri oleh Ketua dan anggota Bawaslu NTB serta Bawaslu Kabupaten Kota se NTB, Ketua KPU NTB, partai politik, relawan Bawaslu, mahasiswa, dan akademisi.

(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

BERITA TERBARU


FOKUS

KOLOM





WWW.MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs portal berita dan peristiwa.
Diterbitkan oleh PT. Mataram Media Lestari

Selalu Terhubung :