Menu
Senin, 17 Desember 2018 | 5:50:47 am

Yan Marli: Alat Peraga Kampanye Peserta Pemilu 2019 Difasilitasi KPU

Acara sosialisasi logistik dan tahapan kampanye Pemilu 2019, yang digelar KPU NTB di Mataram, Sabtu (24/11/2018). Acara sosialisasi logistik dan tahapan kampanye Pemilu 2019, yang digelar KPU NTB di Mataram, Sabtu (24/11/2018).

MATARAM, MN -- Baliho dan sejenisnya yang dipasang oleh calon anggota legislatif (caleg) sebagai alat untuk mensosialisasikan dirinya, dianggap tidak termasuk dalam kategori sebagai Alat Peraga Kampanye (APK) atau Bahan Kampanye.

Pasalnya, baliho yang selama ini banyak ditemukan bertebaran di sejumlah tempat tersebut tidak difasilitasi oleh KPU dengan desain yang telah diserahkan pihak peserta pemilu.

Komisioner KPUD NTB Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Yan Marli, mengatakan Alat Peraga Kampanye difasilitasi oleh pihak KPU, dimana desainnya berasal dari peserta pemilu dengan ketentuan ukurun, materi dan desain dibuat oleh peserta, serta berisi konten visi, misi dan program.

"KPU memfasilitasi APK bagi pasangan capres-cawapres, partai politik dan calon DPD RI. APK yang desainnya dari partai politik maupun tim pasangan capres-cawapres dan calon DPD," terang Yan Marli ketika ditemui disela acara sosialisasi logistik dan tahapan kampanye Pemilu 2019, di Mataram, Sabtu (24/11/2018).

Dimana menurutnya, APK yang disediakan KPU berupa baliho dan spanduk bagi pasangan capres-cawapres, partai politik dan calon DPD.

Ia menambahkan bahwa selain yang difasilitasi KPU, peserta pemilu bisa menambah APK jika dirasa kurang. Namun penambahan APK ini harus sesuai dengan desain yang sudah diserahkan ke KPU dan bisa ditambahkan foto caleg.

Untuk penambahan APK yang dilakukan peserta pemilu, jumlahnya dibatasi. Yakni bisa menambah baliho, maksimal lima unit di masing-masing kabupaten/kota.

"Pemasangan APK dari KPU maupun tambahan dari peserta pemilu harus sesuai dengan SK lokasi yang sudah ditetapkan. Diluar SK itu berarti melanggar aturan dan bisa ditertibkan,” pungkasnya. --(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

BERITA TERBARU


FOKUS

KOLOM





WWW.MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs portal berita dan peristiwa.
Diterbitkan oleh PT. Mataram Media Lestari

Selalu Terhubung :