Menu
Senin, 17 Desember 2018 | 5:50:08 am

Pasca Putusan MK, KPU NTB Akan Merekrut Dua Anggota Baru PPK

Pasca Putusan MK, KPU NTB Akan Merekrut Dua Anggota Baru PPK

MATARAM, MN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB kembali akan merekrut dua orang anggota baru di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Rekrutmen dua orang anggota baru tersebut dilakukan pasca keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas yudicial review Undang Undang nomor 7 Tahun 2017.

Komisioner KPU NTB, Yan Marli mengatakan, pasca keluarnya putusan MK atas yudicial review UU Nomor 7 tahun 2017, maka jumlah anggota PPK dikembalikan ke lima orang.

"Berdasarkan amanat Keputusan MK Nomor 31 tahun 2018 maka dikembalikan jumlah KPUD dan PPK menjadi lima orang," ucap Yan Marli di Mataram, Minggu (25/11/2018).

Perubahan terhadap jumlah komisioner KPU Kabupaten/Kota yang juga berimbas pada jumlah anggota PPK yang mana berdasarkan peraturan Nomor 10 Tahun 2016 yang melaksanakan pemilihan Gubernur, pemilihan Bupati dan Walikota, jumlah anggota PPK sebanyak lima orang.

Kemudian untuk pelaksanaan Pemilu 2019, berdasarkan Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 mengamanatkan bahwa jumlah PPK tiga orang dan jumlah anggota KPUD yang berdasarkan jumlah pemduduk kurang dari 500 ribu dan luas wilayah, maka jumlah anggotanya menjadi tiga orang.

Karena itu lanjut dia, untuk implementasi keputusan MK tersebut dilakukan verifikasi ketentuan syarat terhadap calon anggota PPK yang sebelumnya telah direkrut secara terbuka pada saat pilkada 2018 kemarin sejumlah 10 orang. Dimana lima orangnya telah dilantik lalu sisa 5 orang, karena UU Nomor 7 Tahun 2017 akhir direngking dan tiga orang dikukuhkan lalu dua orang tereleminasi.

Bagi tujuh orang yang sebelumnya terelminasi dan dinyatakan memenuhi ketentuan syarat tersebut akan dilakukan wawancara terhadap ketujuh orang yang sebelumnya telah direkrut secara terbuka.

"Wawancara ini dilakukan untuk menanyakan komitmen apakah tetap ingin menjadi PPK, lalu apakah belum menjadi anggota TNI Polri atau Partai Politik dan PNS," ungkapnya.

Setelah itu kemudian dilakukan perengkingan lalu yang diambil adalah rengking empat dan lima. --(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

BERITA TERBARU


FOKUS

KOLOM





WWW.MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs portal berita dan peristiwa.
Diterbitkan oleh PT. Mataram Media Lestari

Selalu Terhubung :