Menu
Jumat, 14 Desember 2018 | 10:50:39 am

Hujan Simpati untuk Atlet Lalu Muhammad Zohri

Lalu Muhammad Zohri, sprinter Indonesia asal Lombok Utara, NTB. menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia. Lalu Muhammad Zohri, sprinter Indonesia asal Lombok Utara, NTB. menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia.

MATARAM - Lalu Muhammad Zohri, anak muda asal Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), tiba-tiba mengejutkan banyak pihak. Lantaran mengharumkan nama Indonesia sebagai juara dunia di Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia.


Rumah, tempat tinggal atlet Lau Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Mulai dari Presiden Jokowi, Gubernur TGB, Bupati Lombok Utara, Korem 162/WB, hingga menggemparkan warga netizen karena menaruh simpati atas sejarah baru yang diukir anak muda yang memiliki latar belakang anak kampung yang hidup sederhana sebagai anak yatim piatu.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menaruh perhatian terhadap tempat tinggal pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri yang berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan dunia lari jarak 100 meter usia 20 tahun di Finlandia. Jokowi akan merenovasi tempat tinggal Zohri di Lombok, NTB yang kondisinya memprihatinkan.

Jokowi mengatakan, renovasi tempat tinggal Lalu Muhammad Zohri, dilakukan atas prestasi yang diraih di kancah dunia. Dirinya telah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk melakukan renovasi tersebut.

"Prestasi yang ditorehkan Zohri tentu sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia. Terlebih lagi kita dapat melihat bagaimana Zohri tidaklah diperhitungkan sama sekali. Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok," kata Jokowi seperti yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin dalam keterangan tertulis, Jumat (13/7/2018).

Seperti diketahui, rumah sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri, berada di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Gubernur NTB, Dr TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) menyebut Lalu Muhammad Zohri memang anak yang hebat. Lalu Muhammad Zohri adalah sprinter asal Indonesia yang baru saja menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia.

"Itu anak muda yang hebat dari Lombok Utara. Anak hebat itu," kata TGB seperti dilansir Tempo, pada Kamis (12/7/2018).

TGB mengatakan Zohri merupakan salah satu dari sekitar enam anak muda NTB yang dibina di Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) NTB. Zohri bahkan masuk ke Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas). "Zohri ini memang yang kami harapkan bagus, karena dia masih di bawah 20 tahun," kata TGB.

Kemenangan Zohri mengagetkan lantaran dia sebelumnya bukan peserta yang diunggulkan. Pelari berusia 18 tahun itu mencuri perhatian setelah mengalahkan Anthony Schwartz dan Eric Harrison dari Amerika Serikat, Thembo Monareng asal Afrika Selatan, dan Dominic Ashwell dari Inggris. Zohri menjadi jawara kendati start dari lintasan 8 atau lintasan yang terluar.

Namun, dia justru melesat meninggalkan para peserta unggulan. Dia mencapai finish dengan catatan waktu 10,18 detik. Kecepatan angin saat itu tercatat 1,2 meter/detik, masih di bawah batas maksimal kecepatan angin yang diizinkan IAAF.

Zohri juga memecahkan rekor nasional junior 100 meter putra dengan catatan waktu 10,25 detik. Catatan waktu Zohri mendekati rekornas senior 10,19 detik yang diraih sprinter Suryo Agung Wibowo.

Bupati Lombok Utara, H Najmul Ahyar, berjanji membantu memperbaiki rumah Lalu Muhammad Zohri, juara dunia lari 100 meter U-20. Alasannya, Zohri dianggap telah mengharumkan nama Indonesia melalui olahraga atletik tingkat dunia di Finlandia.

"Sebagai bentuk apresiasi, Insya Allah akan kami wujudkan dalam bentuk kebijakan. Saya akan bicara dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) terkait dengan rumahnya," kata Najmul di Tanjung, Lombok Utara, Kamis, 12 Juli 2018.

Selain membantu memperbaiki rumah, Najmul juga berkeinginan merekrut Lalu Muhammad Zohri sebagai calon pegawai negeri sipil. Namun, menurut Najmul, rencana ini masih terkendala pada aturan yang belum memberikan ruang sebagai bentuk kompensasi bagi atlet yang meraih prestasi tingkat dunia.

Bukan itu saja, simpati juga datang dari Korem 162/WB. Komendan Korem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rhamdani. "TNI AD akan memberikan peluang dan prioritas kepada Lalu Muhammad Zohri, setelah lulus SMA melalui jalur khusus sebagai Bintara TNI AD," katanya saat berkunjung ke tempat tinggal Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Sejak berita Zohri muncul sebagai juara dunia di berbagai media nasional bahkan internasional, warga net pun tak mau ketinggalan, Zohri sang anak kampung yang telah mengukir sejarah baru itu tak luput dari perbincangan. Selamat kepada Lalu Muhammad Zohri, atas prestasi yang mengharumkan nama Indonesia, khususnya telah membawa nama NTB dengan prestasi gemilang.

(red)

^ KEMBALI KE ATAS

BERITA TERBARU


FOKUS

KOLOM





WWW.MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs portal berita dan peristiwa.
Diterbitkan oleh PT. Mataram Media Lestari

Selalu Terhubung :