Menu
Selasa, 16 Oktober 2018 | 3:24:51 pm

Kebut Bentuk Pokmas Korban Gempa, Mohan Beri Waktu Sepekan Lurah dan Camat

H. Mohan Roliskana, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, Wakil Wali Kota Mataram

MATARAM – Guna mempercepat proses agar dana bantuan bagi korban gempa yang bernilai Rp10 hingga Rp50 juta yang dijanjikan pemerintah pusat dapat segera dicairkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram menugaskan lurah dan camat se-Kota Mataram untuk memfasilitasi pembentukan pokmas.

Pasalnya, pembentukan Pokmas (Kelompok Masyarakat) bagi masyarakat Kota Mataram yang rumahnya rusak terdampak gempa, sebagai syarat yang ditetapkan pemerintah pusat dalam proses pencairan bantuan.

"Pemkot Mataram tidak dapat menunggu terlalu lama agar warga terdampak yang ada di Kota Mataram bisa segera memulai pembangunan rumahnya," kata Wakil Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana, saat memimpin rapat koordinasi yang diikuti camat dan lurah se-Kota Mataram beserta jajaran pimpinan OPD terkait, di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram, Senin (24/9/2018).

Menurut Mohan, karena Pemkot Mataram tidak dapat menangani sendiri serta memerlukan kebijakan direktif dari pusat melalui pembentukan Pokmas. Mohan meminta agar camat dan lurah yang memiliki warga terdampak gempa agar segera menyelesaikan pembentukan Pokmas.

Mohan memberikan waktu selama satu pekan bagi camat dan lurah yang memiliki warga terdampak gempa untuk menyelesaikan pembentukan pokmas korban gempa.

Selain itu Mohan juga menyoroti keberadaan beberapa titik kumpul atau titik pengungsian yang masih bertahan agar segera dapat dikosongkan.

Dirinya meminta camat dan lurah setempat untuk meminta warga yang masih mengungsi agar segera dapat meninggalkan lokasi pengungsian. Bagi yang rumahnya masih dapat ditempati diharapkan untuk dapat segera kembali menempati rumahnya, dan bagi warga yang rumahnya tidak dapat ditempati akan dibangunkan Rusi di tanah atau di wilayah rumah masing-masing sebelum dapat membangun kembali. “Pelan-pelan, rayu mereka untuk pulang”, ucap Mohan.

(hs-mtr/mn-r3)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik Hangat bulan ini !

Kolom


MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs media pemberitaan online. Melayani informasi dan berita khususnya mengangkat isu lokal daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberdayaan kecepatan serta kedalaman informasi yang dikelola oleh jurnalis-jurnalis lokal yang handal.  Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sehari, dan secara kreatif dan apik mengkolaborasikan teks, foto, video dan suara. Tim Kreatif Redaksi selalu berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam setiap liputan Salam Redaksi

Selalu Terhubung :