Menu
Rabu, 13 Desember 2017 | 11:29:01 am

Warga Kalijaga Sambut Senang Bantuan TNI Bersihkan Sampah Akibat Longsor

Warga Kalijaga Sambut Senang Bantuan TNI Bersihkan Sampah Akibat Longsor

LOTIM - Pasca bencana longsor yang melanda dusun Lendang Karang, desa Kalijaga, kecamatan Aikmel, Lombok Timur (Lotim), pada Minggu 12 Nopember 2017 lalu, TNI bersama warga setempat bahu-membahu melakukan kerja bahkti pembersihan.

Danramil 1615-11/Aikmel, Kapten Inf Keman yang memimpin langsung kegiatan itu mengatakan, kegiatan karya bhakti anggota Koramil dengan masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan mempercepat kegiatan pembersihan jalan maupun rumah penduduk dari sampah dan material lainnya yang disebabkan oleh bencana tanah longsor, mengingat itensitas hujan yang turun sangat tinggi.


"Memasuki musim penghujan, kita harus mewaspadai bencana yang kerap terjadi pada saat musim penghujan. Salah satunya bencana tanah longsor yang melanda dusun Lendang Karang kemarin," ucap Kapten Inf Keman, Senin (13/11/2017).

Ia mengingatkan meski itensitas hujan yang turun masih rendah, namun melihat bencana yang diakibatkan oleh hujan tersebut, walaupun tidak memakan korban jiwa dan tidak menimbulkan banyak kerugian, namun bencana tersebut memporak-porandakan jalan dan rumah penduduk.

Bencana tanah longsor yang menerjang Dusun Lendang Karang, kata Danramil, tidak hanya membawa material longsoran seperti tanah dan batu saja, namun juga membawa berbagai material sampah yang terdiri dari pepohonan dan material sampah lainnya.

Untuk itu lah, ungkapnya, anggota Koramil 1615-11/Aikmel melaksanakan kegiatan karya bhakti. Bersama dengan masyarakat Dusun Lendang Karang, anggota Koramil bergotong royong membersihkan gunungan sampah dan membersihkan jalan serta rumah penduduk yang tertutup oleh material longsoran akibat bencana tanah longsor itu.

Dalam kesempatan itu, Kapten Inf Keman mengingatkan kepada masyarakat agar menjaga kelestarian dan kebersihakan lingkungan, karena seperti diketahui bersama dengan terjaganya hutan maka dapat terhindar dari bencana tanah longsor.

Danramil juga menekankan kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Aikmel untuk terus manjaga keberadaan hutan yang ada diwilayah ini, karena hutan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. "Mari kita jaga, jangan biarkan pelaku ilegal loging menjadi penyebab bencana di wilayah ini," ajaknya.

Kehadiran anggota Koramil 1615-11/Aikmel disambut gembira masyarakat, seperti yang disampaikan seorang warga, Ahmad, bahwa jika Babinsa datang pasti kegiatan pembersihan cepat selesai.

"Saya sangat senang dan sangat berterimakasih kapada bapak-bapak TNI yang selalu membantu kita dalam kesulitan," ucap Ahmad, seraya mengapresiasi kegiatan gotong royong bersama TNI itu sampah akibat longsor dapat dibersihkan dengan cepat.

(mn-09/r3)

^ KEMBALI KE ATAS