Menu
Senin, 15 Oktober 2018 | 1:57:34 pm

Polda NTB Terjunkan Tim Pelyanan Trauma Healing Bagi Korban Gempa

Polda NTB Terjunkan Tim Pelyanan Trauma Healing Bagi Korban Gempa

MATARAM - Tim Pelayanan Psikologi Bagian Psikologi Biro SDM Polda NTB berikan pelayanan Trauma Healing untuk anak-anak yang berada di Posko Tanggap Darurat di Lapangan Gajah Mada Polda NTB.

Posko Tanggap Darurat di Lapangan Gajah Mada Polda NTB didirikan pasca terjadinya gempa 6,2 SR yang mengakibatkan bangunan dan rumah di beberapa tempat di kota Mataram rusak berat.

Menurut Kabag Psikologi Polda NTB Kompol Arief Hidayat, pelayanan Trauma Healing diberikan kepada sekitar 100 anak dengan metode dongeng, bernyanyi, terapi bermain dan games.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk meringankan beban psikologis dan mencegah trauma berkepanjangan," ucap Kompol Arief dii Mataram, Jumat (10/8/2018).

Selain itu tim juga melakukan bhakti kemanusian terhadap pengungsi yang diperkirakan kurang lebih ada 1000 orang mulai dari anak-anak sampai lansia yang berasal dari personel Polda dan warga masyarakat kota Mataram.

"Kita memberikan kegiatan bhakti kemanusiaan, psychology First Aid, pelayanan konseling psikologi dan pendampingan psikologi kepada para korban gempa di lapangan Gajah Mada Polda NTB," ujarnya.

Dimana, kegiatan bhakti kemanusiaan ini dilakukan dengan cara mendatangi para korban ke tenda-tenda pengungsian. Kemudian memberikan bantuan sembako, mendengarkan keluhan, berempati atas musibah yang dideritanya, dan menstabilisasikan kondisi psikologisnya.

Untuk mendukung pelayanan yamg dimulai pada Jumat pagi tersebut, tim pelaksana kegiatan melibatkan sebanyak sembilan orang anggota Bagian Psikologi Polda NTB dan dua orang mahasiswa semester akhir Psikologi Universitas Brawijaya Malang, serta tiga orang tenaga Psikologi dari Mabes Polri.

(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS

Topik Hangat bulan ini !

Kolom


MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs media pemberitaan online. Melayani informasi dan berita khususnya mengangkat isu lokal daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberdayaan kecepatan serta kedalaman informasi yang dikelola oleh jurnalis-jurnalis lokal yang handal.  Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sehari, dan secara kreatif dan apik mengkolaborasikan teks, foto, video dan suara. Tim Kreatif Redaksi selalu berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam setiap liputan Salam Redaksi

Selalu Terhubung :