Menu
Selasa, 16 Oktober 2018 | 3:25:59 pm

Apa Kabar Zaini Arony..?

Apa Kabar Zaini Arony..?

"Zaini Aroni" dan hal-hal yang dilupakan rakyatnya
Oleh: Agus Dedi Putrawan, M.S.I (Dosen Politik dan Pemerintahan dalam Islam di UIN MATARAM)

Masih terngiang tatkala dirimu menyampaikan laporan pembangunan daerah di pondok pesantren Darul Falah pada subuh buta di bulan ramadhan waktu itu.

“Pembangunan infrastruktur maju pesat. Kemantapan jalan kabupaten meningkat tahun 2016 menjadi 59,5% (340,15 km) dari sebelumnya 51,8% (261,63 km). Pada tahun 2016 kita telah berhasil melakukan pemeliharaan dan peningkatan jalan sepanjang 71,28 km dengan biaya Rp 93,4 Milyar. Selain jalan, pembangunan pasar, sekolah, puskesmas, pusat kantor pemerintahan sangat memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Pembangunan bundaran Giri Menang Squere (GMS) merupakan bundaran dengan taman dan kubah air mancur terbesar di kawasan Indonesia timur".

Sungguh pencapaian yang belum tentu dicapai oleh pemimpin daerah di kawasan 3T. Namun Tidak semua rakyatmu mengingat jasamu itu.

Zaini Arony..!, dirimu mampu menaikkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) setiap tahunnya dan membawa tingkat pertumbuhan ekonomi secara singnifikan. Begitu pula dengan penurunan angka kemiskinan , terkoreksi 0,27 point (2.600 org) pada tahun 2015. Indeks kedalaman kemiskinan turun menjadi 2,91 dan indeks keparahan kemiskinan turun menjadi 0,77 . Apakah rakyatmu ingat itu..?

Di masa kepemimpinanmu, IPM Lombok Barat terus meningkat dari 63,52 menjadi 64,66 Tahun 2015 atau naik 1,14 point dengan pertumbuhan 1,79% dan menjadi Top Mover di NTB. IPM semula ranking 8 menjadi ranking 4 . Lagi-lagi apakah hal ini diingat masyarakatmu?

Kemudian atas segala kinerja dan totalitas membangun Lombok Barat. Pemerintah Porvinsi dan Pemerintah Pusat memberikan penghargaan kepada Dirimu di antaranya, Prestasi dari Tahun 2009 hingga Tahun 2015, Penetapan Kabupaten Lombok Barat sebagai Kabupaten Koperasi Tingkat Nasional. Penghargaan Pemerintah Pusat kepada Kabupaten Lombok Barat Tentang Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik. Best destination indonesia tourism awards 2010 dari Kemenbudpar/Piagam Adipura Untuk Kategori Kota Kecil Dari Kementerian LH. Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik Dari Kementerian LH. Penetapan Kabupaten Lombok Barat Sebagai Kabupaten Koperasi Tingkat Nasional Darikementeriankoperasi dan UKM. Best Prize In Category “Wood” Ina Craft 2011. Tiga Kabupaten Terbaik Pada Penanaman Satu Miliar Pohon Tingkat Nasional. Piagam penghargaan raksaniyata atau program menuju Indonesia hijau dari kementerian LH RI. Piagam Penghargaan Dari OISCA International Bidang Pendidikan Dan Lingkungan Hidup. Juara I Pameran Penas Petani Nelayan 2011 Kategori Agroforestry di Kutai Kartanegara.

Best Practice Upaya Ipoleksosbud Hankam Bidang Penyelamatan Pulau-Pulau Terluar RI (Gili Sepatang) Dengan Kunjungan Dari Mabes TNI dan Lemhanas RI. Juara 1 bupati berprestasi bidang penurunan angka kemiskinan di daerah tertinggal dalam upaya percepatan pembangunan daerah tertinggal. Penghargaan Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak dalam Lomba Menuju Sayang Ibu (KSI). Penghargaan Kementerian Kesehatan pada Lomba PHBS Tk. Nasional. Penghargaan dari Menperin Kategori Produk OVOP Bintang 4 Anyaman Ketak Mawar Artshop Nyurbaye Batu mekar Lingsar. Penghargaan Raksaniyata dari Kementrian Lingkungan Hidup Dalam Program Menuju Indonesia Hijau. Piagam Adipura Untuk Kategori Kota Kecil Dari Kementerian LH. Piagam Penghargaan Dari Oisca International Bidang Pendidikan Dan Lingkungan Hidup. Dan lain sebagainya. Apakah semua Penghargaan itu diingat.?

Satu hal yang harus diketahui oleh rakyatmu, yaitu tentang kasus korupsi. Sampai hari ini, tidak semua media memberitakan perkembangan kasusmu, dan inilah momentum kebenaran haruslah keluar pada saatnya. Berdasarkan fakta persidangan serta menurut surat dakwaan bahwa hasil pemerasan menurut Surat Dakwaan Jaksa Penutut Umum (JPU) berupa: 1 (satu) unit mobil Toyota Innova, Type E tahun pembuatan 2005, No. Pol DK 1870-FA No. Rangka: MHFXW41G150003775, No. Mesin :1TR-6045250
1 (satu) unit mobil Toyota Innova, Type E tahun pembuatan 2005, No.Pol DK 1542 F, No. Rangka: MHFXW8550003708, No. Mesin: 1TR-6044065
1 (satu) pasang Jam tangan merk Rolex
1 (satu) buah cincin bertatahkan berlian dengan permata “Mata Kucing”
Uang tunai sebesar Rp. 400.000.000,00 (empat ratus juta rupiah)
Uang tunai sebesar Rp. 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah)
1 (satu) bidang tanah luas 19.986M2 terletak di Dusun Meang Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, Sertifikat Hak Milik (SHM) Nomor 688
1 (satu) bidang tanah luas 9.525 M2, terletak di Dusun meang Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, Sertifikat Hak Milik (SHM) Nomor 685

Dari fakta persidangan, tidak ada satu SEN-pun kerugian negara, sadapan telepon, dan penyitaan yang dilakukan KPK. Dari alat bukti di atas. Beliau dinyatakan bersalah atau divonis secara sah dan menyakinkan melakukan pemerasan terhadap alat bukti tanah SHM Nomor 688 seluas 19.986M2, dan tanah luas 9.525 m2 SHM, 685 dan dua unit mobil Toyota Innova. Sedangkan alat bukti yang lainnya dinyatakan tidak terbukti.

Allah SWT memang menunjukkan kebesarannya. Seiring waktu berjalan, tanah SHM Nomor 688 seluas 19.986M2, dan tanah luas 9.525 m2 SHM, 685 milik Lalu Sunandar ternyata tidak pernah di jual oleh pemiliknya. Pada saat persidangan, pemilik tanah yakni Lalu Sunandar tidak dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebagai saksi

Lalu Sunandar merasa terkejut tanah miliknya menjadi sengketa yang masuk dalam kasus yang membelit mantan Bupati Lombok Barat H. Zaini Arony. Mendapat informasi itu, Lalu Sunandar keberatan, ia kemudian melaporkan Sofiatun (makakelar tanah) ke Polda NTB pada Bulan Oktober lalu. Alhamdulillah, pengadilan Negeri NTB menyatakan bahwa Sofiatun telah melakukan pemalsuan dokumen dan sudah di vonis bersalah. (foto Koran) (Baca Koran Radar Lombok 27 Januari 2017)

Terkait alat bukti mobil, dalam Surat Dakwaan, khususnya yang berkaitan dengan pemberian 2 unit mobil kijang innova, ternyata 2 unit mobil itu sumbangan Putu Gede Djaya kepada Partai Golkar NTB , karena H. Zaini Arony sebagai Ketua DPD 1 Partai Golkar saat itu. Mobil itupun tidak pernah digunakan oleh H. Zaini Arony dan tidak atas nama yang bersangkutan. Namun demikian, sekali lagi dalam hal ini kita tidak membela diri.

Apakah kasus ini murni kasus hukum atau kasus yang berkaitan dengan politik. Dalam hal ini, Darmawan yang merupakan mantan Ketua Partai Nasdem yang menjadi pelapor sudah mendekam di penjara. Begitu pula dengan Sofiatun saudara kandung Darmawan juga telah divonis bersalah karena melakukan pemalsuan dokumen sehingga menjerat Zaini Arony.

Zaini Arony, semua prestasi dan penghargaan dari 2009 sampai 2015 itu seolah-olah sirna oleh kesalahan yang diada-adakan oleh teman dekatmu. Padahal di Tahun 2018 mendatang kau digadang-gadang menjadi calon tunggal yang memiliki nilai tawar yang sangat tinggi sebagai putra Lombok Barat untuk menjadi NTB satu. Bagimu masuk politik berarti masuk ke medan perang, dan bagiku kau adalah pahlawan (Lombok Barat) yang telah gugur di medan perang. Dan itu adalah konsekuensi logis bagi mereka yang berani masuk ke “dunia” itu.

“Tidak ada teman yang abadi, yang ada adalah kepentingan yang abadi”

“Friend Your Enemies”

^ KEMBALI KE ATAS

Topik Hangat bulan ini !

Kolom


MATARAMNEWS.CO.ID adalah situs media pemberitaan online. Melayani informasi dan berita khususnya mengangkat isu lokal daerah Nusa Tenggara Barat dengan memberdayaan kecepatan serta kedalaman informasi yang dikelola oleh jurnalis-jurnalis lokal yang handal.  Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sehari, dan secara kreatif dan apik mengkolaborasikan teks, foto, video dan suara. Tim Kreatif Redaksi selalu berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam setiap liputan Salam Redaksi

Selalu Terhubung :