Proses Pengadaan yang lebih optimal melalui PaDi UMKM semakin ditingkatkan dengan API.


PaDi UMKM berhasil meningkatkan efisiensi pengadaan Telkomsel melalui integrasi API, mengotomatiskan proses, dan mendukung pembelian UMKM secara optimal.


Mataramnews.co.id

– Jakarta, 11 Juni 2025 – Kebutuhan Application Programming Interface atau API sudah tak terhindarkan dewasa ini. API memungkinkan perusahaan menghubungkan secara otomatis sistem dan aplikasi yang dimiliki.

Tujuannya, tidak lain untuk meningkatkan efisiensi operasional, fleksibilitas, dan integrasi dengan layanan pihak lain yang terhubung. API juga membantu meningkatkan pengalaman pengguna, memungkinkan analisis data yang lebih baik, serta menjaga keamanan dan kepatuhan terhadap hukum dan regulasi.

Dengan API, bisnis dapat mengotomatisasi proses, memperluas layanan, dan tetap kompetitif tanpa harus membangun teknologi dari nol. Salah satu contoh penggunaan API yang memberikan keuntungan bagi perusahaan secara langsung diberikan oleh platform digital unggulan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), yaitu PaDi UMKM yang sudah berhasil mengintegrasikan System Application and Product (SAP) dengan PT Telkomsel.

Dari kepentingan API, kini PaDi UMKM menyediakan layanan integrasi API yang dapat digunakan oleh BUMN, pemerintah, serta perusahaan swasta untuk mengoptimalkan proses pengadaan barang atau jasa dengan lebih efisien dan otomatis. Dengan integrasi ini, perusahaan dapat menghubungkan sistem mereka dengan sistem lain tanpa perlu input manual.

Dalam konteks supply chain atau rantai pasok, integrasi API membantu memastikan bahwa seluruh proses, mulai dari pemesanan, pengiriman, hingga pencatatan stok berjalan dengan lebih transparan, cepat, dan efisien. Akibatnya, pengadaan barang dan jasa menjadi lebih seamless, mudah, dan menjadi lebih lancar tanpa hambatan karena semua sistem terhubung serta dapat berbagi informasi secara real-time.

Ketika perusahaan mengintegrasikan API dengan PaDi UMKM, proses belanja pengadaan dapat langsung dilakukan di platform internal tanpa perlu beralih sistem. Keuntungannya, input manual berkurang dan akurasi serta efisiensi data pembelian meningkat.

Selain itu, layanan ini juga dirancang untuk dapat di-customize sesuai kebutuhan bisnis tanpa biaya tambahan. Integrasi API membuat perusahaan memperoleh akses yang mudah ke fitur-fitur serta data-data yang ada di PaDi UMKM. Hal ini membuat proses pengadaan menjadi semakin cepat, praktis, dan optimal. Terpenting, dengan terkoneksi ke PaDi UMKM maka perusahaan turut berkontribusi dalam mendukung belanja di UMKM, sehingga kesejahteraan pelaku usaha dalam negeri bisa semakin lebih baik.

Sebelum integrasi dengan PaDi UMKM dilakukan, sistem SAP Telkomsel masih berjalan secara manual sehingga proses pengadaan terasa lebih kompleks dan menyita waktu. Pengintegrasian SAP PaDi UMKM melalui API yang sudah Telkomsel miliki, termasuk juga fitur custom interface, telah berhasil mengatasi tantangan tersebut.

“Solusi dari PaDi UMKM sangat bagus! Ini menjadi perhatian kami, baik dari sisi kebijakan maupun kepatuhan, yang dapat terwujud dalam interkoneksi antara dua sistem SAP yang kami miliki dan PaDi UMKM. Kami merasakan kemudahan dalam bertransaksi sekaligus juga terlindungi secara hukum dan aturan yang berlaku,” ungkap Vice President E-Commerce, General, Area & Enabler Procurement Telkomsel Dimas Anom Wicaksono.

Integrasi ini ternyata telah berhasil membantu pengadaan di Telkomsel menjadi lebih efektif dan efisien. “Setelah integrasi, proses pengadaan kami menjadi lebih comply dan kami bisa melakukan cost efficiency, lebih lanjut belanja ke UMKM juga semakin meningkat,” tutup Dimas.

PaDi UMKM bukan hanya sebuah marketplace B2B yang mempertemukan pelaku usaha dengan BUMN dan perusahaan swasta, tetapi lebih dari itu PaDi menyediakan berbagai solusi yang siap untuk dimanfaatkan pasar. Temukan berbagai keunggulan itu, di

https://padiumkm.id/

.


#MeninggikanMasaDepanAnda