Penyebab Dan Cara Mengatasi IndiHome Lemot Paling Ampuh

MataramNews.co.id – IndiHome adalah satu dari beberapa provider internet yang terkenal di tanah air. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengguna jaringan internet yang memakai provider ini sampai IndiHome sudah menjadi sangat terkenal.

Untuk semua pelanggan IndiHome, pastinya kamu seringkali mengalami masalah jaringan yang lemot. Nah, cara mengatasi IndiHome lemot bisa kamu lihat dalam artikel berikut ini.

Seberapa populer dan bagus sesuatu yang dibuat oleh manusia, yang pasti selalu ada cacat yang terlihat. Kemudian, cacat yang terlihat dari IndiHome ialah kecepatan internet yang tiba-tiba melambat atau lemot. Hal ini tentu saja membuat gusar semua pelanggan.

Sementara itu, beberapa alasan yang berpotensi membuat jaringan internet IndiHome lebih lelet adalah pengguna yang memakai jaringan Wi-Fi sangat banyak, internet mengalami masalah jaringan, hingga FUP yang sudah melewati batas.

Tapi, tahukah kamu bahwa ada sejumlah cara mengatasi IndiHome lemot dan bisa digunakan untuk berselancar di internet? Dengan jalan keluar seperti ini, kamu tak perlu panik dan langsung menghubungu Costumer Service serta berlama-lama menunggu teknisi datang ke rumah.

Penyebab IndiHome Lemot

Penyebab IndiHome Lemot

Sebelum mengatasi WiFi IndiHome yang lemot, ada baiknya kamu mengetahui beberapa penyebab mengapa koneksi internet IndiHome menjadi lemot. Untuk kamu yang sudah geram karena leletnya jaringan internet, dibawah ini merupakan alasan WiFi IndiHome lemot.

1. FUP Melewati Batas

Walaupun internet yang kamu pakai dilabeli internet unlimited, namun kebijakan Fair Usage Policy atau biasa yang sering disebut dengan FUP masih digunakan.

Baca Juga :  10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal Terbaru 2022

Apabila pemakaian internet kamu sudah melewati batas FUP yang ditetapkan, maka kecepan jaringan yang dipakai akan dikurangi secara otomatis.

2. Terlalu Banyak User

Memang sudah menjadi kodrat jika WiFi dapat dipakai siapapun, asalkan masih berada dalam jangkauan. Bahkan, WiFi dapat menampung sampai banyak user atau pengguna sekaligus. Hal itu dapat dijadikan menjadi salah satu alasan mengapa WiFi IndiHome jadi lelet.

Terlalu banyak user yang menghubungkan smartphone ke WiFi secara bersama-sama, tak menutup kemungkinan jika kamu bakal merasakan kesulitan untuk menjelelajahi dunia dengan lancar.

3. Kesalahan Saat Menempatkan Router

Salah ketika meletakkan router WiFi juga dapat menjadi penyebab kenapa koneksi WiFi kamu menjadi lelet. Ada sejumlah lokasi yang tidak boleh untuk router yang wajib kamu ketahui. Boleh jadi dikarenakan posisi router terlalu rendah, terlalu tinggi, ada di kamar tertutup, atau diposisikan didekat perangkat elektronik lainnya.

4. Perangkat Rusak atau Error

Faktor yang kerap kali luput dari perhatian mengapa WiFi IndiHome lelet ialah kerusakan di perangkat yang kamu gunakan. Error atau kerusakan di router, kabel optic, WiFi yang dipasang dapat membuat koneksi internet menjadi terganggu serta lebih lelet dari biasanya.

Pastikan kalau tiap perangkat yang kamu pakai bekerja dengan bagus agar bisa menghindari turunnya kecepatan jaringan internet yang kamu pakai.

5. Perbaikan Gangguan Internet atau Maintenance

Penyebab terakhir ini sejatinya tak dapat diakali bagaimanapun caranya. Kemudian kamu hanya dapat menunggu hingga masalah koneksi IndiHome lelet bisa hilang sendirinya.

Agar bisa memastikan jaringan yang ditawarkan selalu berada dalam kondisi baik, kadang maintenance dilakukan pihak IndiHome. Ternyata hall ini dapat mengakibatkan masalah di kecepatan internet.

Beberapa Cara Mengatasi IndiHome Lemot

Beberapa Cara Mengatasi IndiHome Lemot

Kamu sudah yakin jika WiFi Indihome lelet dan itu berbeda daripada biasanya? Jika benar, kini saatnya kamu mengetahui beberapa cara mengatasi IndiHome lemot ketika sedang browsing atau bermain game.

Baca Juga :  5 Cara Membatasi Pengguna Wifi IndiHome Lewat HP Semua Modem

Ada sejumlah cara yang dapat kamu coba supaya dapat mengatasi jaringan internet IndiHome lelet. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Restart Router

Cara ini adalah langkah yang paling sering digunakan Costumer Service IndiHome saat merespon keluhan para pelanggan.

Router adalah perangkat yang kerap menjadi alasan mengapa IndiHome seringkali lelet. Lalu, benda yang bertanggungjawab menjadi perantara perangkat yang kamu pakai dengan internet itu, kadang terjadi error. Hal itu biasanya muncul selepas dipakai cukup lama dan dapat menimbulkan masalah kecepatan internet.

Biasanya cara restart router ini mampu membantu untuk menghilangkan error yang muncul di router yang kamu gunakan. Kemudian, seringkali dapat menjadi pemecah permasalahan untuk koneksi internet yang lelet.

2. Menggunakan Repeater

Cara mengatasi IndiHome lemot yang kedua ialah memakai repeater. Posisi router yang salah umumnya akan membuat sinyal IndiHome menjadi lemot, salah satu opsi jalan keluar ialah kamu dapat memakai perangkat seperti repeater.

Gangguan IndiHome yang lelet biasanya ditemui kepada orang yang punya rumah cukup luas dengan beberapa kamar tapi hanya memakai 1 router.

Repeater disini bekerja agar menangkap sinyal WiFi lalu memancarkannya kembali. Yang pasti membeli repeater adalah salah satu langkah mempercepat jaringan internet IndiHome yang mudah dilakukan.

3. Hapus Cache di Browser

WiFi IndiHome bisa lemot saat digunakan untuk browsing ketika browser yang kamu pakai menyimpan cache yang terlalu banyak. Cache dapat menimbulkan jaringan internet yang digunakan jadi lambat. Pasalnya, cache berisikan seluruh data aktivitas browsing yang kamu pakai sebelumnya.

Terlalu banyak menyimpan data itu dapat membebani kinerja internet browser sekaligus menjadi alasan mengapa IndiHome kamu lelet. Cara mengatasi IndiHome lemot karena kebanyakan cache ialah kamu harus menghapus cache di browser yang digunakan. Hal ini mampu mempercepat jaringan internet ketika browsing menggunakan chrome atau mozilla.

Baca Juga :  6 Cara Mengetahui Password Wi-Fi di Ponsel dan PC Paling Akurat

4. Batasi Pengguna

Apabila kecepatan Indihome kamu 10 Mbps/s, lalu ada smartphone 6 perangkat atau lebih yang tersambung, maka kecepatan yang didapatkan oleh tiap perangkat jadi terlalu kecil. Apalagi kalau salah satu smartphone sedang mendownload sesuatu, koneksi di perangkat lainnya dapat berkurang sangat banyak.

Supaya dapat melihat pengguna, masuk ke menu Admin, kemudian input kata sandi router dan lihat jumlah user yang terhubung. Kalau terlalu banyak, maka batasi pengguna supaya jaringan kamu bisa lancar.

5. Merubah Setingan QoS

Bagi kamu yang menggunakan laptop atau komputer dengan Windows 8 keatas, maka Windows otomatis mengalokasikan 20 persen bandwidth guna keperluan Windows update, serta 80 persen bandwidth yang ada untuk kecepatan internet.

Tips Percepat Indihome

Tips Percepat Indihome

Salah satu tips mempercepat jaringan IndiHome yang dapat kamu pakai ialah merubah lebar pita di internet. Caranya seperti dibawah ini:

  1. Klik Start – Run – input “gpedit.msc” [hilangkan tanda kutip].
  2. Klik Local Computer Policy – Computer Configuration – Administrative Templates.
  3. Klik Network selanjutnya QoS Packet Scheduler.
  4. Double klik di Limit Reservable Bandwidth.
  5. Klik Enable. Setelahnya masukkan angka 0 di bandwidth limit.
  6. Apply.

Penutup

Itulah dia beberapa langkah yang dapat kamu lakukan sebagai cara mengatasi IndiHome lemot. Apabila sudah menerapkan semua cara diatas tapi koneksi internet tetap lemot atau error, mungkin terdapat kerusakan di perangkat WiFi seperti kabel optic atau kabelnya.

Jika sudah demikian, kamu dapat menghubungu Customer Service supaya teknisi IndiHome datang ke rumah guna mengecek perangkat yang kamu gunakan. Hal seperti ini mungkin masih muncul di layanan ISP seperti IndiHome sekalipun. Terima kasih dan selamat mencoba.

error: Content is protected !!