Cara Cek Penerima Bansos Kementerian Sosial 2022 Paling Mudah

MataramNews.co.id – Cek Penerima Bansos Kementerian Sosial (Kemensos) 2022 bisa kalian akses dengan mudah melalui link cekbansos.kemensos.go.id untuk bisa kalian coba. Dan untuk mengetahuinya lebih rinci, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Seperti yang kita ketahui, melalui kementerian sosial pemerintah mengadalakn sebuah program bansos atau bantuan sosial selama pandemi covid-19 ini. Oleh karena itu, Kementeria keuangan telah menambah anggaran bansos tunai (BST) sebanyak 6.14 Triliun. Pasalnya, prgram ini sudah ada sejak tahun 2021 silam, dimana kasus virus corona sedang marak-maraknya di negeri ini.

Bantuan akan dibagikan kepada 10 juta keluarga kepada 34 provinsi di Indonesia. Dan untuk perpanjang penyaluran bansos ini, keluarga bisa mendapatkan bantuan 300 ribu setiap bulannya. Tapi, salah satu masalah yang belum banyak diketahui oleh masyarakat di Indonesia adalah tentang cara Cek Penerima Bansos. Mayoritas penduduk Indonesia kalangan orang tua tidak mengerti gadget dan cara penggunaannya.

Membuat mereka sedikit kewalahan untuk mengetahui cara cek penerima bansos tersebut. Sebenarnya, cara untuk mengecek bantuan sosial ini bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Mataramnews.co.id telah merangkum beberapa cara yang bisa kalian ketahui untuk mengecek penerima bansos tersebut. Dan untuk mengetahuinya lebih detail, silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Cek Penerima Bansos

Cek Penerima Bansos

Menteri sosial, Tri Rismaharani menyebutkan bahwa data penerima bansos ini baik yang sudah disalurkan atau masih dalam proses bisa kalian akses dengan mudah di lama http://cekbansos.kemensos.go.id/. Melalui layanan ini, kalian bisa memantaunya secara langsung terkait bantuan sosial program keluarga harapa (PKH), Bantuan Non Tunai (BPNT) serta bantuan sosial tunai (BST).

Baca Juga :  4 Cara Cek Masa Aktif Kartu 3 Paling Mudah, Simpel, Dan Terbaru 2022

Pastikan untuk menyebutkan nama serta desa kelurahan tempat tinggal masing-masing. Tentu saja dengan adanya aplikasi ini mampu memudahkan masyarakat untuk mengetahui bantuan sosial yang mereka terima. Selain itu, layanan ini bisa diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Lantas bagaimana cara Cek Penerima Bansos? Silahkan cek selengkapnya sebagai berikut.

Jenis Bantuan Sosial Pemerintah 2022

Pemerintah indonesia tetap memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak covid-19 ini. Dan bantuan yang diberikan berasal dari APBN 2022 untuk memabntu meringankan kehidupan ekonomi sehari-hari. Dan untuk mendukung pemulihan serta penanganan pandemi, sejumlah bantuan kembali akan diberikan.

Misalnya, adalah bantuan program Pemulihan Ekonomi (PEN) 2022. Pasalnya, ada 3 programyang akan diberikan dalam jangka waktu setahun ke depan yakni di bidang kesehatan sebanyak 117,9 Triliun, Perlindungan masyarakat sebanyak 154,8 Triliun, dan penguatan pemulihan ekonomi sebanyak 114,4 triliun. Dan bantuan ini akan ditujukan untuk kebutuhan perlindungan masyarakat.

Sejumlah bantuan sosial ditahun lalu juga kembali diberikan, dan beberapa jenis bantuan diantaranya sebagai berikut.

  1. Program Keluarga Harapan (PKH)
  2. Kartu Sembako untuk 18,8 juta KPM
  3. Kartu Prakerja untuk 2,9 juta peserta
  4. Dukungan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)
  5. BLT Desa

Cara Cek Penerima Bansos Kemensos 2022

Kalian dapat masuk ke laman http://cekbansos.kemensos.go.id/ melalui web browser dan pastikan untuk mengisi beberapa ketentuan yang telah disiapkan oleh website tersebut. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Masukkan Provinsi, kabupaten, kecamatan serta desa / kelurahan
  • Kemudian, masukkan nama penerima yang disesuaikan dengan KTP
  • Dan masukkan 4 huruf kode yang ada pada kotak kode tersebut
  • Jika kode tidak jelas, kalian bisa klik kotak kode agar bisa mendapatkan kode terbaru
  • Klik Cari

Maka sistem akan mencocokkan nama KPM serta wilayah yang telah di input serta akan membandingkan dengan nama pada database DKTS Kemensos. Selain itu, Kementerian sosial juga telah menonaktifkan 21 juta data ganda penerima bansos ini, setelah proses pemutakhiran lewat data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Jadi, untuk masyarakat yang memiliki dua data maka satu data akan di nonaktifkan secara langsung. Dengan begitu, penerima bantuan sosial ini akan tepat ke sasaran. Selain itu, tips ini akan mempengaruhi kekurangan data di kementerian sosial. Maka dari itu, kemensos sendiri mendorong pemerintah daerah untuk bisa memperbarui data serta melaporkannya secara langsung.

Data sendiri akan dilakuakns ecara berkala setiap bulannya. Selain itu, kementerian sosial juga akan menerapkan ketentuan untuk pemda agar melaporkan pembaharuan data pada pekan pertama dan kedua. Maka dari itu, kalangan masyarakat juga harus memperhatikan hal ini.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai Cek Penerima Bansos untuk bisa kalian coba, silahkan ikuti semua cara yang telah kami bagikan diartikel ini. Dan semoga apa yang disampaikan bisa menjadi pengetahuan bagi semuanya. Nantikan informasi lainnya dari mataramnews.co.id. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga :  5 Cara Memperkecil Ukuran PDF Melalui Aplikasi & Tanpa Aplikasi
error: Content is protected !!