3 Cara Cek NISN Dengan Nama Untuk Ketahui Identitas Pelajar

MataramNews.co.id – Cek NISN dengan Nama bisa kalian lakukan dengan mudah melalui website resmi Kemdikbudristek. Dan untuk mengetahuinya lebih jelas lagi, kalian bisa menyimak ulasannya sebagai berikut.

kecanggihan teknologi saat ini bukan hanya menyediakan fasilitas untuk hiburan semata, melainkan banyak sekali menciptakan layanan belajar online. Dan mempengaruhi fitur pendidikan lainnya seperti system checking NIS. Pasalnya, pemerintah sendiri merasakan bahwa sitsem online lebih mudah dan efisien ketika digunakan jika dibandingkan dengan system manual yang cukup ketinggalan jaman.

Hal ini akan memudahkan para siswa dan sekolah untuk menemukan Nomor Induk SIswa Nasional (NISN) secara online dan dapat diakses oleh siswa/i melalui website resminya dengan mudah dan praktis. Perlu kalian ketahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan sebuah kombinasi berisi 10 angka unik yang masing-masing diberikan ke setiap sekolah di Indonesia. NISN ini berguna sebagai identitas selama siswa/i belajar di sekolah tersebut.

NISN memang dijadikan kode pengenal yang bisa membedakan satu siswa dengan lainnya di semua nusantara. NISN bersifat permanen namun hanya berlaku di jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK. Dan untuk para peserta didik sendiri yang sudah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan terdaftar di Kemdikbudristek, pasalnya bisa mendapatkan satu NISN. Dan untuk mengecek Cek NISN dengan Nama simak ulasannya berikut ini.

Apa itu NISN?

Cek NISN dengan Nama

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional merupakan sebuah nomor unik yang berguna sebagai identitas siswa/i. Tentu saja smeua siswa memiliki Nomor induk ini yang berbeda dengan siswa lainnya. Jadi, sangat mustahil jika salah satu dari siswa memiliki NISN yang sama persis. NISN sendiri dibuat secara langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Baca Juga :  Username IG Aesthetic Keren Singkat Untuk Girl / Cowok Dan Artinya

Tujuannya untuk mengatur serta mengelola nomor induk siswa di seluruh nusantara. Dan siswa yang menjadi anak didik disuatu sekolah akan mendapatkan NSPN serta sudah di registrasi di Kemendikbud. NISN ini diciptakan untuk kebutuhan UNAS, serta hal yang menyangkut pendidikan dan sebagainya. Misalnya, mendaptakan beasiswa atau calon mahasiswa baru ke suatu perguruan tinggi.

Tidak heran, jika keberadaan Nomor induk ini menjadi hal yang sangat penting. Dan banyak siswa/I yang mencari tahu nomor induk tersebut secara langsung. Benar sekali, jika peserta didik bisa mengeceknya secara langsung dengan mudah melalui website resmi Kemdikbud. Dan untuk mengetahui nya lebih detail tentang bagaimana Cek NISN dengan Nama. Simak ulasannya dibawah ini.

Tujuan & Manfaat NISN

Pasalnya, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari NISN ini seperti mengetahui identitas peserta didik, mendukung program pendidikan dan keperluan pendaftaran lainnya ke jenjang yang lebih tinggi. Dan ketahui beberapa tujuan dan manfaat dari NISN yang wajib kalian ketahui sebagai berikut.

  • Bisa mengidentifikasi masing-masing siswa/i di semua sekolah di Indonesia secara standard an konsisten
  • System pendukung program dapodik, program perencanaan pendidikan, statistic pendidikan serta program pendidikan lainnya di tingkat pusat, kota, provinsi, kabupaten dan sekolah. Seperti halnya BOS / Bantuan Operasional Sekolah, Ujian Nasional (UN), PIP, serta SNMPTN.
  • Dijadikan sebagai pusat layanan system pengelolaan nomor induk siswa online untuk unit kerja Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah, hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu, dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini

Cara Cek NISN dengan Nama

NISN sendiri bisa dikelola secara nasional di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Maka dari itu, untuk mengetahui NISN ini bisa kalian akses secara langsung melalui situs resmi Kemdikbudristek atau di nisn.data.kemdikbud.go.id.

Baca Juga :  Tdomino Boxiangyx Com Login Apk Daftar Agen Alat Mitra Higgs Domino

Sebenarnya, caranya pun sangat mudah dan kalian bisa mengetahuinya melalui nama. Untuk mengetahuinya lebih jelas, silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, masuk ke nisn.data.kemdikbud.go.id terlebih dahulu di ponsel
  2. Setelah itu, klik menu Pencarian Nama dibagian atas kanan
  3. Lalu masukkan nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir serta nama wali (nama ibu)
  4. Dan centang dibagian I’m not Robot
  5. Selanjutnya, tekan Cari Data
  6. Kalian hanya perlu mengikuti langkah diatas, setelah itu akan muncul informasi mengenai NISN
  7. Selesai

Cara Cek Identitas dengan NISN

Dan untuk kalian yang telah mengetahui NISN tersebut, maka bisa mengecek kembali identitas yang berhasil di daftarkan pada pangkalan data miliki Kemdikbudristek. Dan jika kalian mais belum paham bagaimana cek NISN Online, kami akan memberikan beberapa penjelasannya untuk kalian ikuti sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, masuk ke nisn.data.kemdikbud.go.id
  2. Dan masukkan NISN serta nama ibu kandung
  3. Silahkan centang di bagian Saya Bukan Robot
  4. Klik Cari Data
  5. Selesai

Setelah data yang diberikan sudah benar dan sesuai dengan identitas peserta didik yang didaftarkan. Maka kalian bisa mendapatkan informasi lainnya seperti nama, tempat lahir, jenis kelamin hingga tanggal lahir.

Cara Cek NISN Siswa dengan Cepat

Jika kalian masuk ke dalam website kemendikbud, serta melakukan pencarian dan tetap tidak bisa menemukan data kalian. Maka bisa melakukan cara lainnya yang sangat efektif untuk kalian coba, dan silahkan simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Kalian bisa berkunjung ke kantornya di alamat nya yakni Gedung C lantai 1, komplek Kemdikbud Senayan, Jakarta 10270 dan berbicara secara langsung mengenai masalah tersebut
  2. Silahkan hubungi call center di 117, Telp: (021) 5703303 Fax: (021) 5733125, SMS : 0811976929
  3. Atau hubungi melalui email di pengaduan@kemdikbud.go.id
Baca Juga :  Kumpulan Alarm MP3 TikTok Sahur Ramadhan 2022, Download Sekarang

Akhir Kata

Sekian ulasan tentang Cek NISN dengan Nama untuk bisa kalian coba, dan kalian bisa mencoba untuk mengaksesnya secara langsung melalui cara yang telah kami share diatas. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Jangan lupa untuk nantiikan informasi terbaru dari mataramnews.co.id. sekian dan terimakasih.

error: Content is protected !!