LINGGA PIKIRAN RAKYAT –
Jika lo mengaku pecinta motor dengan performa tinggi, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut.
Ducati Panigale V4
Ini bukan sekadar motor sport biasa. Ini adalah
versi yang layak untuk digunakan di jalan raya
dari teknologi yang digunakan Ducati di MotoGP.
Dengan desain brutal, mesin V4 bertenaga 214 HP, serta sistem aerodinamika aktif, Panigale V4 bukan cuma keren buat dipajang, tapi siap ngasih adrenaline rush di setiap gas.
Harga Rp 100 Juta? Mimpi Indah atau Typo?
Catatan penting:
Harga Rp 100 juta ini kemungkinan besar
bukan harga asli Ducati Panigale V4
, karena pada kenyataannya di pasar global, harga motor ini berada di kisaran
Rp 800 jutaan hingga Rp 1 miliar
tergantung varian dan negara.
Jika memang ada unit seharga Rp 100 juta, bisa dipastikan:
Unitnya second/bekas dengan kondisi khusus
Ada subsidi, lelang, atau promo besar-besaran
Salah tulis atau penawaran tidak valid
Tapi tenang, kita bahas motornya secara keseluruhan karena yang penting:
Ducati Panigale V4 2025 membuat semua orang menoleh.
Mesin V4 1103 cc: Tenaga Brutoal, Suara Bikin Merinding
Ducati memang serius soal mesin:
Konfigurasi
: 1103 cc, V4, 4-silinder, DOHC, EFI
Daya maksimal
: 214 HP
Torsi
: 124 Nm
Transmisi
: 6-percepatan
Dengan performa sebesar itu, Panigale V4 bisa
0–100 km/jam dalam 3 detik-an
. Lo secara harfiah naik misil bertenaga bensin.
Suara mesinnya? Khas V4 Ducati, galak, buas, dan penuh karakter. Bukan cuma cepat, tapi juga nyeni.
Desain Aerodinamis: Dari Sirkuit Turun ke Jalan
Panigale V4 2025 memiliki desain yang sangat agresif, dan bukan hanya untuk tampilan. Ada fungsi di baliknya:
Winglet pada fairing
: kasih
downforce sampai 30 kg
dengan kecepatan 270 km/jam
Kaca depan baru
: lebih tinggi, mengarah ke pengendara
Fairing lebih lebar 38 mm
: mengurangi tekanan udara langsung ke pengendara
Ekor dan lampu LED
: makin tajam dan runcing
Semua jenis motor ini didesain untuk
stabilitas di kecepatan tinggi
. Motor bisa riding 200+ km/jam dan tetap tenang, bukan liar.
Fitur dan Elektronik: Sangat Canggih, Bisa Membuatmu Merasa Seperti Sedang Balapan Benar-Benar
Ducati Panigale V4 2025 bukan sekadar motor bertenaga. Dia punya
teknologi bantuan paling canggih
membuat jalan untuk motor:
Sistem Elektronik:
Pengereman ABS
Kontrol Traction (DTC EVO 2)
Kontrol Wheelie
Kontrol Geser
Kontrol Rem Mesin
Quickshifter (naik-turun tanpa kopling)
Semuanya bisa diatur lewat
layar TFT digital
yang interaktif. Mau riding mode santai? Bisa. Mau jadi mode “race”? Siap-siap mental dan tenaga, bro.
Ergonomi dan Kenyamanan: Tidak Cocok untuk Jalanan Rusak, Tapi Nyaman untuk Ngebut
Ketinggian Jok: 830 mm
Berat: Sekitar 198 kg (kering)
Mesin ini
Tidak cocok untuk pemula
. Posisi duduknya sangat agresif, kaki mundur, badan menunduk, tangan maju. Tapi bagi kamu yang sudah terbiasa dengan sepeda motor sport, posisi ini justru membuat kontrol menjadi lebih mantap, terutama saat sedang melalui tikungan.
Suspensi:
Depan
Showa BPF (Big Piston Fork)
Di belakang
Sachs, dengan swingarm aluminium
Suspensinya sangat responsif, tapi memang keras ketika menghadapi jalan yang rusak atau macet-macetan.
Rem Kelas Dunia: Brembo Stylema, Gak Ada Ampun
Rem depan
cakram ganda Brembo Stylema
+ kaliper radial = cengkeraman brutal.
Diameter cakram: 330 mm (depan)
Belakang: rem cakram 245 mm
Pengereman motor ini terasa seperti menabrak dinding ketika kamu menarik tuasnya. ABS juga canggih, aktif bahkan saat sedang miring (cornering ABS).
Komponen dan Bahan Berkualitas Tinggi
Rangka
: Bingkai Depan Aluminium
Jok
: Single seat seperti motor balap
Velg dan ban
Alloy + ban Pirelli Diablo Supercorsa
Mesin ini dibuat menggunakan komponen yang umumnya digunakan di paddock MotoGP. Bukan mainan.
Kompetisi Langsung Ducati Panigale V4
Di kelas superbike 1000cc ke atas, Panigale V4 bersaing dengan:
Kawasaki Ninja H2
– Supercharged, lebih eksperimental
Kawasaki Z1000
– Motor naked, performa bagus tapi punya karakter yang berbeda
MV Agusta Brutale 1090 RR
– Mewah dan eksotis
Kawasaki Z900
– Mid-naked yang tangguh tapi kalah performa
Panigale V4 tetap unggul di sisi aerodinamika, performa, dan karakter brand Ducati yang eksklusif.
Cocok Buat Siapa?
Mesin ini tidak cocok untuk semua orang.
Cocok buat lo yang:
Milik
pengalaman riding moge
Memiliki akses ke
sirkuit atau jalur cepat
Suka
kecepatan tinggi dan performa teknis
Siap mengeluarkan uang ratusan juta atau bahkan miliaran
Tidak sesuai untuk:
Commuter harian yang sering terjebak kemacetan
Pemula atau baru belajar motor sport
Yang lebih suka kenyamanan
Kelebihan & Kekurangan Ducati Panigale V4 2025
Kelebihan:
Desain aerodinamis ala MotoGP
Mesin 214 HP yang brutal
Fitur elektronik super lengkap
Penanganan presisi, cocok untuk track day
Karakter eksklusif khas Ducati
Kekurangan:
Harga sangat tinggi (jika aslinya Rp 100 juta, itu adalah keajaiban)
Suhu mesin tinggi, apalagi buat kondisi stop-and-go
Posisi riding agresif
Diperlukan rider berpengalaman
Panigale V4 2025, Supersport yang Tidak Untuk Setiap Orang
Ducati Panigale V4 2025
adalah motor yang serius. Desainnya bukan buat lucu-lucuan. Tenaganya gak bisa dimaafkan. Dan fiturnya ditujukan buat orang yang ngerti motor dan punya
respek terhadap kinerja tinggi.
If you’re ready mentally and have the skills, the Panigale V4 can be one of the wildest riding experiences in your life. But if you’re just graduating from a 110 cc scooter, it’s better to think twice.