Kode Bank BRI dan Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain

MataramNews.co.id – Kode Bank BRI menjadi hal yang sangat penting dan harus kalian perhatikan untuk memudahkan proses transfer antarbank dengan mudah. Dan untuk mengetahuinya lebih detail, simak ulasannya dibawah ini.

 Sebagai nasabah suatu lokal di Indonesia, kebutuhan transfer uang merupakan hal umum dan sangat penting dilakukan. Selain itu, penggunaannya semakin meningkat baru-baru ini, terlebih banyaknya aplikasi e-commerce yang mendukung layanan transfer melalui bank. Bukan hanya transfer uang ke sesama saja, melainkan bisa transfer ke antar bank dengan mudah.

Namun, untuk transfer ke antar bank ini diperlukan kode bank nya terlebih dahulu. Seperti halnya bank BRI yang banyak digunakan oleh para nasabah. Tidak sedikit dari nasabah yang belum mengetahui kode bank BRI tersebut. Pasalnya, dengan adanya kode ini membuat aktivitas transfer menjadi lebih mudah lagi untuk diselesaikan. Hal ini juga berlaku untuk semua jenis bank di seluruh dunia, namun proses transfer antar bank ini akan dikenakan biaya admin.

Kode bank adalah sebuah identitas bank tertesebut yang berisi 3 digit angka. Pasalnya, pengiriman uang antarbank ini bisa dilakukan dengan cepat dan menimalisir resiko terjadinya salah kirim dan sebagainya. Sehingga pihak yang bersangkutan akan mengatasi masalah tersebut dengan cepat. Lantas berapa kode bank BRI ini? Jika kalian salah satu nasabah bank tersebut, silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Tentang Bank BRI

Bank Rakyat Indonesia berdiri di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja (De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden). Dan jika diartikan berarti Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto. Merupakan sebuah lembaga keuangan yang bertujuan untuk melayani masyarakat di Indonesia. Dan lembaga ini berdiri pada tanggal 16 Desember 1895, dan menjadi hari kelahiran bank rakyat Indonesia.

Baca Juga :  Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik/Perusahaan Swasta

Dan BRI menjadi salah satu bank pertama di Indonesia, dan termasuk bank tertua. Sampai sekarang banyak sekali nasabah bank BRI yang menggunakan layanan didalamnya. Tentu saja, bank ini pun menawarkan banyak program kepada para nasabah. Dan BRI sendiri memiliki banyak sekali jenis simpanan tabungan bank, diantaranya sebagai berikut.

  • Tabungan BRI Simpedes
  • Tabungan BritAma
  • BritAma Bisnis
  • Simpedes TKI
  • Tabungan BRI Junio
  • Britama X atau Britama Muda
  • TabunganKu
  • BRI Link
  • Tabungan BRI Simpel (Simpanan Pelajar)
  • Tabungan Haji
  • BritAma Rencana
  • BritAma Valas

Beberapa anak perusahaan bank BRI adalah Permodalan Nasional Madani Pegadaian, Bank Raya Indonesia, Bank Syariah Indonesia, BRI Insurance, BRI Life, BRI Remittance BRI Danareksa Sekuritas, BRI Ventures, dan BRI Finance. Saat ini, kantor bank BRI berpusat di Jakarta. Sebagai salah satu nasabah BRI, ketahui kode bank tersebut dan simak ulasannya sebagai berikut.

Berapa Kode Bank BRI?

Kode Bank BRI

Semua bank memiliki kode unik masing-masing, termasuk bank BRI dan jika kalian bertanya-tanya berapa kode bank BRI tersebut? Maka jawabannya adalah 002. Jadi, sebelum melakukan transfer antar bank, kalian wajib memasukkan kode bank terlebih dahulu dan masukkan nomor rekening target yang akan dikirimkan uang tersebut.

Pada dasarnya, proses transfer bank juga bisa dilakukan melalui teller bank. Namun, hal ini akan memakan banyak waktu. Karena kalian harus mengantri terlebih dahulu. Maka dari itu, pihak bank sendiri memudahkan para pengguna untuk bisa transfer uang dengan mudah melalui ATM BRI atau M-banking/Internet Banking melalui smartphone.

Cara transfer uang ke antarbank BRI bisa kalian lakuakn dengan mudah, bahkan orang awam pun sudah bisa melakukannya dengan mudah. Pasalnya, BRI menyediakan mesin ATM yang mudah dipahami oleh kalangan nasabah. Dan pilihan menu yang diberikan tidaklah rumit, kalian hanya perlu tekan menu transfer bank dan ikuti semua petunjuk yang diberikan oleh layar ATM tersebut.

Baca Juga :  Kode Bank BNI dan Manfaat Kode Bank Untuk Kebutuhan Transfer

Kode Bank BRI: 002

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain

Sebagai nasabah baru di BRI, mungkin masih kesulitan tentang bagaimana melakukan Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain. Pasalnya, caranya sangat mudah dan berikut ini kami akan berikan penjelasannya sebagai berikut.

  1. Kunjungi ATM BRI terdekat
  2. Dan masukkan kartu ATM tersebut ke dalam mesin
  3. Klik Bahasa Indonesia
  4. Masukkan PIN ATM
  5. Pilih Menu Transfer
  6. Dan pilih Transfer ke bank lain
  7. Masukkan nomor rekening dan Tekan benar
  8. Lalu masukkan jumlah uang yang akan dikirimkan
  9. Maka, layar akan memunculkan nama pemilik rekening tujuan, nomor rekening tujuan, dan nominal yang dikirimkan
  10. Cek kembali dan pastikan data yang di input sudah benar
  11. Lalu tekan Benar dan tunggu konfirmasi transaksi
  12. Setelah berhasil, maka layar atm akan menampilkan Transaksi berhasil di proses
  13. Selesai

Manfaat Kode Bank BRI

Pihak bank sendiri tidak serta merta untuk membuat kode bank tersebut, melainkan banyak sekali manfaat yang bisa kalian temukan didalamnya. Tentu saja, kode semua bank di Indonesia memiliki manfaat yang sama. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kalangan nasabah untuk memenuhi kebutuhan transaksi satu sama lain. Silahkan cek manfaat kode bank BRI sebagai berikut.

  • Memudahkan untuk proses transaksi antarbank karena akan mudah dibaca oleh mesin ATM tentang bank yang kalian tuju
  • Resiko untuk kesalahan tujuan bank sangat minil, dan jika menggunakan kode bank yang disediakan serta sesuai dengan bank rekening tujuan
  • Bersifat sebagai identifikasi bank
  • Memudahkan pihak bank yang bersangkutan untuk mengatasi masalah jika terjadi kesalahan ketika proses transfer berlangsung

Setidaknya kode bank lainnya juga memiliki manfaat serupa, dan seperti yang telah kami jelaskan bahwa untuk transfer uang antarbank BRI sendiri akan dibebankan dengan biaya admin. Oleh karena itu, saldo dalam bank pun akan terpotong secara otomatis. Dengan jumlah biaya admin yang telah ditentukan oleh pihak bank tersebut. Tentu saja, untuk melakukan transfer sesama bank bisa dilakukan secara gratis tanpa biaya admin.

Baca Juga :  Username IG Aesthetic Keren Singkat Untuk Girl / Cowok Dan Artinya

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai Kode Bank BRI yang bisa digunakan, untuk mempermudah aktivitas transfer antarbank BRI. Caranya sangat mudah dan simple, kalian bisa mengikuti semua cara yang telah kami berikan diartikel ini. Semoga bermanfaat untuk semuanya, sekian dan terimakasih.

error: Content is protected !!