Kunci Jawaban PPG 2025: Makna yang Paling Menggambarkan Pembelajaran Berbasis Pendekatan TaRL


Mataramnews.co.id

Salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2024 adalah pemahaman terhadap pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL).

Approach ini menekankan pentingnya menyelaraskan pembelajaran dengan kemampuan aktual peserta didik, bukan sekadar berdasarkan tingkat kelas atau usia.

Dalam Modul 1 Topik 3, peserta PPG Guru Tertentu maupun PPG Dalam Jabatan akan menemukan sebuah soal yang cukup mendasar namun krusial.

Berikut ini disajikan kunci jawaban dari pertanyaan tersebut sebagai referensi belajar mandiri.

Harapannya, jawaban ini dapat membantu para guru dalam memantapkan pemahaman terhadap materi sekaligus menjadi bekal reflektif untuk praktik di kelas.

Soal berbentuk pilihan ganda dan Bapak/Ibu Guru diminta untuk memilih satu jawaban yang paling tepat.

Berikut selengkapnya soal dan kunci jawaban PPG Daljab 2024.

Question

Arti yang paling menggambarkan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah…..

  • Pembelajaran disesuaikan dengan tingkat kelas peserta didik
  • Pembelajaran disesuaikan dengan usia peserta didik
  • Pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam
  • Pembelajaran disesuaikan dengan latar belakang budaya peserta didik
  • Pembelajaran disesuaikan dengan kepribadian peserta didik

Answer:

  • Pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam

PEMBAHASAN:

Arti yang paling mencerminkan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan awal peserta didik yang beragam.

Approach ini memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan mereka, fokus pada pengembangan keterampilan dasar, dan menggunakan asesmen untuk menentukan tingkat kemampuan siswa.

BACA JUGA:  Download Codashop Pro Mod Apk FF & ML Gratis Tanpa Password

Dengan fleksibilitas dan responsivitas dalam pengajaran, TaRL membantu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efektif.

== Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 3 Teaching At The Righ Level (TaRL) ==

Soal 2


Tujuan dilakukannya asesmen awal pada pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah untuk menentukan tingkat kemampuan membaca siswa dan mengidentifikasi area yang memerlukan intervensi atau dukungan tambahan.

  • Mendapatkan data kepribadian peserta didik
  • Mendapatkan data kemampuan awal peserta didik
  • Mendapatkan data keluarga peserta didik
  • Mendapatkan data minat dan bakat peserta didik
  • Mendapatkan data prestasi peserta didik

Answer:

  • Mendapatkan data kemampuan awal peserta didik

Soal 3


Hal-hal yang perlu dipertimbangkan oleh guru ketika merancang aktivitas pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah….

  • Kegiatan dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan terbatas.
  • Kegiatan dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan rata-rata
  • Kegiatan dirancang dengan mempertimbangkan peserta didik yang memiliki kemampuan cepat
  • Kegiatan dirancang dengan mempertimbangkan kemampuan peserta didik yang beragam.
  • Aktivitas dapat dirancang tanpa mempertimbangkan kemampuan peserta didik

Answer:

  • Kegiatan dirancang dengan mempertimbangkan kemampuan peserta didik yang beragam

Soal 4


Berikut ini merupakan hal yang perlu dilakukan guru pada persiapan rencana asesmen awal, kecuali…

  • Melakukan identifikasi karakteristik peserta didik
  • Melakukan identifikasi latar belakang keluarga peserta didik
  • Perencanaan bentuk asesmen yang akan diberikan
  • Merencanakan jadwal lokasi dan waktu asemen
  • Merancang instrumen penilaian sesuai dengan capaian pembelajaran

Answer:

  • Melakukan identifikasi latar belakang keluarga peserta didik

Soal 5


Saat merancang pembelajaran, guru dapat melakukan diferensiasi pada proses, konten, dan produk. Diferensiasi yang dipilih pada penerapan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL adalah….

  • Diferensiasi proses saja, diferensiasi konten, dan diferensiasi produk tidak mungkin digunakan
  • Diferensiasi konten saja, diferensiasi proses dan diferensiasi produk tidak mungkin digunakan
  • Diferensiasi produk saja, diferensiasi proses dan diferensiasi konten tidak mungkin digunakan
  • Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan tapi tidak dapat digunakan semua dalam satu pembelajaran
  • Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan, akan tetapi pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan.
BACA JUGA:  Calon Rektor UT Prof Udan Bicara Pentingnya Transformasi Digital dan Internasionalisasi TridharmaTranslation:Prof Udan, Calon Rektor UT, Menyampaikan Pentingnya Transformasi Digital dan Internasionalisasi Tridharma

Answer:

  • Semua jenis diferensiasi pembelajaran dapat digunakan, akan tetapi pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan.

Soal 6


Hasil asesmen kognitif awal dapat digunakan guru untuk hal-hal berikut ini, kecuali….

  • Menentukan tujuan pembelajaran
  • Menentukan pengelompokkan peserta didik
  • Menentukan kegiatan pembelajaran
  • Menentukan media pembelajaran
  • Menentukan sumber belajar

Answer:

  • Menentukan tujuan pembelajaran

Soal 7


Pak Panji akan mengajarkan sebuah topik baru kepada peserta didiknya, tetapi ia belum mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai materi prasyaratnya.


Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum oleh pojoksatu.id, tekanan pertanyaannya adalah: Hal yang perlu dilakukan oleh Pak Panji adalah…

  • Melakukan wawancara pada beberapa peserta didik terkait pengalaman belajar terkait topik prasyarat ini
  • Perencanaan pelaksanaan asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
  • Meminta data pada pihak sekolah terkait minat dan bakat peserta didik
  • Menyiapkan kegiatan pembelajaran sambil mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
  • Mengajar langsung dan melakukan improvisasi di tempat ketika menemukan adanya perbedaan kemampuan peserta didik

Answer:

  • Perencanaan pelaksanaan asesmen awal untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik

Soal 8


Sebagai seorang guru, Ibu Dewi menyadari bahwa peserta didiknya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ia mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kemampuannya.


Namun dalam pelaksanaannya, ia mengalami kesulitan karena begitu banyak pertanyaan yang muncul dari setiap kelompok. Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum oleh pojoksatu.id, tekanan pertanyaannya yaitu: Hal yang perlu dilakukan Ibu Dewi adalah..

  • Memberikan bantuan pada setiap peserta didik secara bergiliran dan meminta peserta didik untuk saling menunggu giliran
  • Memfasilitasi peserta didik agar dapat saling berkolaborasi dan bertukar pengetahuan sehingga mereka dapat saling membantu dan mengonfirmasi pemahaman mereka kepada guru.
  • Meminta peserta didik untuk bekerja sebisanya terlebih dahulu baru nanti dijelaskan secara umum
  • Semua benar
  • Semua salah
BACA JUGA:  Diluncurkan Resmi,Tampilan dan Fitur Baru di Android 16

Answer:

  • Memberikan bantuan pada setiap peserta didik secara bergiliran dan meminta peserta didik untuk saling menunggu giliran

Soal 9


Diberikan langkah-langkah berikut ini:


Menentukan tujuan pembelajaran


Melakukan asesmen awal kemampuan awal


Melakukan asesmen sumatif


Merancang kegiatan pembelajaran


Menyiapkan sistem pendukung pembelajaran


Alur/tahapan yang perlu dilakukan oleh guru untuk merencanakan pembelajaran berbasis TaRL adalah…

  • 1-2-4
  • 1-3-5
  • 4-3-2
  • 1-2-3
  • 3-4-5

Answer:

  • 1-2-4

Soal 10


Ibu Diaz melaksanakan pembelajaran pada topik perkalian. Dia mendapati bahwa sebagian peserta didik kesulitan mengikuti pembelajaran karena kurang menguasai materi prasyaratnya. Sebaliknya, sebagian peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan mudah.


Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum oleh pojoksatu.id, tekanan pertanyaannya adalah: Berikut ini langkah yang perlu dilakukan Ibu Diaz pada pembelajaran berikutnya untuk mengatasi masalah tersebut, kecuali…

  • Mengembangkan diferensiasi konten
  • Mendesain diferensiasi kegiatan pembelajaran
  • Menerapkan penilaian awal kognitif
  • Merumuskan diferensiasi asesmen formatif
  • Mengembangkan diferensiasi produk/proyek

Answer:

  • Menerapkan penilaian awal kognitif

===


*) Penafian:

Kunci jawaban di atas hanya digunakan sebagai panduan bagi Guru Penggerak. Soal bersifat terbuka sehingga memungkinkan ada jawaban lainnya.

Demikian artikel Makna yang Paling Menggambarkan Pembelajaran Berbasis Pendekatan TaRL, Kunci Jawaban PPG Daljab 2025.



(Mataramnews.co.id/TribunSumsel.com)

Tinggalkan komentar