Ukuran Kertas A5 (MM, CM, Inci dan Pixel) Dalam Microsoft Word

Anna Widiastuti October 1, 2023

MataramNews.co.id – Ukuran Kertas A5 menjadi salah satu topik ulasan menarik yang akan kami bagikan diartikel terbaru kami kali ini. Jadi buat kamu yang ingin tahu lebih jelas terkait ukuran kertas A5. Baca selengkapnya berikut ini.

Salah satu benda yang paling sering kita jumpai adalah Kertas. Pasalnya, kertas memiliki peran yang sangat penting untuk semua orang dalam bidang pekerjaan.

Terutama bagi kalian seorang pegawai kantoran tentu sering menemukan kertas dalam berbagai bentuk. Seperti yang kita ketahui, jika kertas memiliki beragam ukuran yang bisa digunakan.

Ukuran kertas adalah panjang serta lebar dari kertas tersebut, biasanya menggunakan beberapa satuan seperti Milimeter. Dan kalian juga bisa mengkonversikannya dalam bentuk Centimeter atau Inchi.

Namun, ukuran bentuk Internasional memiliki ukuran yang sangat bervariasi seperti Kertas seri A, B, C, D, E, F serta R.

Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui jenis kertas dengan standar International for Standarization atau ISO.

Tentu saja panjang dan lebar sangat berbeda, serta tingkat ketebalannya juga bervariasi. Dimulai dari yang tipis dan tebal dengan lebar yang lumayan kecil dan sebagainya.

Dan salah satu ukuran kertas yang biasa kita temukan adalah Kerta A5. Yang bisa kalian ketahui berapa panjang dan lebar ukuran kertas tersebut. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Tabel Ukuran Kertas A5 (MM, CM, Inci dan Pixel)

Tabel Ukuran Kertas A5 (MM, CM, Inci dan Pixel)

Ukuran Kertas A5 merupakan sebuah kertas yang memiliki panjang serta lebar yang telah disesuaikan dengan ISO.

Biasanya dalam bentuk mm, dan bisa kalian konversikan kedalam berbagai bentuk sekaligus misalnya centimeter dan Inchi. Dan untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Ukuran KertasSatuan MMSatuan CMSatuan Inchi
A5148 x 210 mm14.8 x 21.0 cm5.83 x 8.27 in

Ukuran Kertas A5

Perlu diketahui, jika kertas A5 yang sudah disesuaikan oleh International Organization fot Standarization atau ISO 216 yaitu setengah ukuran kertas dari ukuran A4 yang bisa kalian jumpai.

Maka dari itu, untuk mengetahui lebih detailnya, kalian bisa menyimak ukuran kertas A5 berdasarkan Milimiter, Centimeter, Inci, dan Pixel sebagai berikut.

Ukuran Kertas A5 MM

Ukuran kertas A5 sendiri bisa kalian hitung dari lebar dan panjang kertas tersebut. Dan untuk satuan milimeter (mm) sendiri silahkan lihat dibawah ini.

Ukuran kertas A5 satuan MM yaitu 148 x 210 mm

Ukuran Kertas A5 CM

Untuk ukuran kertas A5 dalam satuan centimeter (Cm), dan dihitung berdasarkan panjang dan lebar kertas tersebut. Silahkan lihat dibawah ini.

Ukuran Kertas A5 satuan cm yaitu 14.8 x 21.0 cm

Ukuran Kertas A5 Inci

Berapa ukuran kertas A5 satuan Inci? Dan ukuran kertas A 5 dalam satuan Inci bisa kalian hitung berdasarkan lebar dan panjang. Lihat ulasan dibawah ini.

Ukuran kertas A5 satuan Inci yaitu 5.83 x 8.27 inci

Ukuran Kertas A5 Pixel

Dan untuk ukuran kertas A5 dalam satuan pixel sendiri bisa kalian sesuaikan dengan konfigurasi jumlah titik warna masing-masing inchi, atau yang disebut dengan DPI atau Dots Per In.

Pada ilmu grafis komputer sendiri, dots merupakan titik warna atau bisa dikatakan dengan Pixel. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat rincian dibawah ini.

  1. Ukuran kertas A5 pixel 72 DPI = 420 x 595 pixel
  2. Ukuran kertas A5 pixel 96 DPI = 559 x 794 pixel
  3. Ukuran kertas A5 pixel 150 DPI = 874 x 1240 pixel
  4. Ukuran kertas A5 pixel 300 DPI = 1748 x 2480 pixel

Dan perlu kalian ketahui, pada sejarah eropa sendiri ukuran kertas untuk seri A sendiri telah di putuskan sebagai standar ukuran kertas yang resmi pada jaman abad ke-20 pertengahan.

Hingga akhirnya tersebar ke seluruh dunia dan telah digunakan hingga saat ini, dan termasuk salah satu ukuran kertas dengan standar internasional berdasarkan ISO 216.

Penutup

Sekian saja penjelasan singkat mengenai Ukuran Kertas A5 yang bisa kalian gunakan dalam satuan MM, CM, Inchi dan Pixel.

Dan jangan lupa untuk nantikan informasi menarik lainnya dari kami, dan semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuuk kalian semua. Sekian dan terimakasih.