10 Cara Mengatasi IndiHome Lemot Secara Mandiri Paling Efektif

MataramNews.co.id – Cara Mengatasi IndiHome Lemot bisa kalian ketahui dengan mudah melalui beberapa tips yang bisa di coba. Indihome lemot sendiri sudah menjadi hal umum yang banyak dialami oleh hampir semua pengguna. Tidak heran, karena indihome menjadi salah satu layanan wi-fi rumahan terbesar yang banyak digunakan. Oleh karena itu, bukan hal aneh jika layanan wi-fi ini sering mengalami gangguan.

Salah satunya, kecepatan indihome yang lemot dan membuat para pengguna menjadi terganggu. Masalah ini juga kerap diunggah di media sosial Twitter dan menjadi trending, biasanya masalah yang terjadi bukan pada sistem wi-fi yang dipasang. Tidak sedikit dari kalangan pengguna yang mengeluh terhadap jaringan wi-fi indihome 10 Mbps yang sangat lemot.

Namun, tak perlu cemas karena kalian dapat mengatasinya dengan mudah dan praktis. Berikut ini kami berikan beberapa Cara Mengatasi IndiHome Lemot yang bisa dicoba untuk mendapatkan kecepatan ketika menggunakan indihome. Cara yang kami berikan terbukti work, dan langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Kecepatan IndiHome Lemot Dengan Mudah

Cara Mengatasi IndiHome Lemot

Cara Mengatasi IndiHome Lemot dapat kalian lakukan dengan mudah, dan terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan kecepatan internet yang stabil. Dengan begitu kalian dapat bermain game atau berselancar di internet secara bebas.

Perlu kalian ketahui, bahwa cara yang akan kami berikan sangat beragam untuk bisa kalian tentukan secara bebas. Maka dari itu, langsung saja simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

1. Restart Router yang Digunakan

Cara pertama yang bisa kalian coba adalah Restart Router yang Digunakan. Bagi yang belum tahu router merupakan sebuah perangkat yang kerap mengalami masalah dan penyebab internet menjadi lemot. Mengalami error bukan suatu masalah yang besar, karena kalian dapat mengatasinya dengan mudah.

Baca Juga :  6 Cara Mengetahui Password Wi-Fi di Ponsel dan PC Paling Akurat

Untuk melakukan restart router ini sangat efektif dan bisa kalian terapkan dengan mudah. Setelah router di restart, biasanya kalian akan mendapatkan kestabilan internet indihome tersebut dengan cepat. Jadi, kalian tidak perlu cemas ketika mengalami kendala jaringan indihome yang kalian punya.

2. Batasi Jumlah Pengguna

Salah satu penyebab internet indihome menjadi lemot adalah terlalu banyaknya pengguna yang terhubung ke jaringan internet. Bukan hal aneh, jika internet menjadi tidak stabil. Terlebih untuk kecepatan indiHome hanya 10Mbps/s, maka tidak lebih dari 5 pengguna saja untuk bisa terhubung ke jaringan tersebut.

Jika lebih dari 5 perangkat, maka speed internet akan berkurang dan membuat lemot. Di tambah, jika salah satu pengguna tengah melakukan proses download yang membuat koneksi berkurang dengan cepat. Maka dari itu, kalian wajib memperhatikan hal ini untuk mendapatkan internet yang stabil pada jaringan indiHome tersebut.

3. Hapus Cache pada Browser

Pasalnya, terjadi masalah pada suatu jaringan yang lemot bukan hal yang besar. Salah satu penyebabnya adalah cache yang menumpuk pada browser, kalian bisa menghapus semua cache didalamnya agar bisa mengembalikan koneksi internet tersebut. Pasalnya, cache berisi sebuah data dari hasil kegiatan browsing di internet yang kalian lakukan.

Banyaknya cache membuat jaringan akan lemot ketika kalian melakukan browsing di internet. Maka dari itu, kalian bisa menghapus cache tersebut dan dapatkan kecepatan yang stabil seperti semula. Jadi, kalian bisa beraktivitas seperti biasa tanpa ada gangguan.

4. Gunakan Repeater

Solusi selanjutnya yang bisa kalian coba adalah dengan menggunakan repeater, jika kalian memiliki satu modem didalam rumah yang sangat luas. Tidak heran jika tidak semua area mendapatkan jaringan wi-fi tersebut. Maka dari itu, kalian dapat mengganti lokasi penempatan router, atau memanfaatkan repeater untuk mendapatkan jaringan internet yang lebih kencang.

Semakin bagus sebuah jaringan, tentu saja kalian bisa mendapatkan kecepatan internet yang stabil. Repeater memang berfungsi untuk menangkap sinyal Wi-Fi dengan baik. Jadi, kalian bisa membeli sebuah repeater untuk mendapatkan jaringan wifi yang stabil. Harganya pun cukup terjangkau untuk kalian coba.

Baca Juga :  Cara Setting APN Telkomsel 4G LTE Tercepat di Android & iOS 2022

5. Upgrade Kecepatan yang Digunakan

Untuk mengatasi indihome lemot selanjutnya adalah kalian bisa mengupgrade Kecepatan yang Digunakan. Karena penyebab utama pada internet lemot kemungkinan besar adalah pola penggunaan internet yang memerlukan koneksi lebih cepat. Jadi, kalian bisa menyesuaikan paket indihome untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan meningkatkan kecepatan wi-fi indihome yang digunakan, maka kalian bisa mendapatkan kemudahan untuk berselancar di internet. Meskipun kalian harus menambah biaya yang lumayan besar untuk berlangganan internet tersebut.

6. Perhatikan Lokasi Router

Perlu kalian ketahui, jika tidak semua lokasi bisa mendapatkan sinyal indihome yang digunakan. Terlebih jika bangunan tersebut luas dan besar, membuat sedikit kendala seperti wi-fi lemot dan sebagainya. Maka dari itu, kalian wajib memperhatikan lokasi router yang dipasang.

Jika router di letakkan terlalu rendah, tinggi hingga terhalang suatu benda dalam rumah. Maka pindahkan segera ke tempat yang lebih luas dan lapang agar bisa mendapatkan jaringan internet yang stabil. Dan jangan pula meletakkan router ini dekat dengan barang elektronik lainnya atau posisi yang sangat terhalang dengan benda keras, baik tembok atau besi.

7. Gunakan Fungsi CMD

Cara Mengatasi IndiHome Lemot selanjutnya adalah bisa menggunakan Command Prompt atau CMD. Caranya mudah dan praktis, dan tips ini terbukti efektif untuk mengembalikan jaringan internet yang stabil. Silahkan simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Masuk ke Command Prompt di PC / laptop yang telah terhubung ke wifi
  2. Dan masukkan kata ipconfig pada laman CMD agar bisa mengetahui alamat IP
  3. Ketik ping I (jumlah request bandwidth) (IP Address)

Atau kalian bisa menggunakan cara selanjutnya dibawah ini masih sama dengan menggunakan Command Prompt.

  1. Masuk ke CMD
  2. Dan ketika **cd C:**
  3. Ketik lagi netsh interface tcp set global autotuning=disabled, maka jendela Command Prompt akan berganti tampilan
  4. Silahkan gunakan internet biasa
  5. Dan ketik lagi netsh interface tcp set global autotuning=normal untuk mendapatkan kondisi yang normal lagi
  6. Selesai

8. Ubah Setting QoS

OS Windows 8 atau yang terbaru akan mengalkasikan 20% bandwidth untuk memudahkan update, dan 80% lainnya akan di alokasikan pada jaringan internet pegguna. Kalian bisa mengatur bandwidth tersebut dengan mudah agar bisa mendapatkan koneksi internet yang stabil. Simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Silahkan klik Start >> Run
  2. Ketik gpedit.msc tanpa perlu tanda kutip
  3. Dan klik bagian Local Computer Policy >> Computer Configuration >> Administrative Templates
  4. Klik Network >> QoS Packet Scheduler
  5. Lalu double klik dibagian Limit Reservable Bandwith
  6. Dan klik Enable, masukkan nilai 0 di bandwith limit
  7. Klik Apply
  8. Selesai
Baca Juga :  5 Cara Membatasi Pengguna Wifi IndiHome Lewat HP Semua Modem

9. Mengatur IRPStackSize Menjadi Lebih Tinggi

Jika kalian masih belum paham apa itu IRPStackSize? IRPStackSize merupakan sbeuah parameter yang mengatur jumlah lokasi stack yang digunakan pada semua sistem operasi. Pasalnya, IRPStackSize memiliki nilai 15 dan untuk mendapatkan jaringan internet yang stabil kalian wajib menambahkannya sampai mencapai 50. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama, klik Start >> Run
  2. Buka bagian  Registry Editor, dan ketika Regedit
  3. Lalu tekan opsi HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters
  4. Kemudian, klik kana di bagian file DWORD yakni IRPStackSize
  5. Klik bagian Modify, kemudian ganti nilai menjadi 50
  6. Butlah file DWORD terbaru jika filenya tidak ditemukan
  7. Untuk membuat file sendiri silahkan klik kanan dan klik New, di opsi DWORD Value
  8. Selanjutnya, buatlah nama IRPStackSize dan masukkan value 50
  9. Klik OK, silahkan tutup Registry Editor
  10. Lalu restart perangkat kalian masing-masing
  11. Selesai

10. Taruh Modem di Tempat yang Mudah Dijangkau

Dan cara terakhir yang bisa kalian coba untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil adalah dengan menaruh Modem di Tempat yang Mudah Dijangkau. Seperti yang sudah dijelaskan, taruhlah pada tempat yang lapang dan mudah untuk dijangkau banyak orang.

Hal ini untuk menghindari terjadinya modem yang bermasalah dan kalian bisa menanganinya dengan mudah. Maka dari itu, kalian dapat menaruh modem wifi pada ruangan tengah atau di dekat meja kerja. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan jaringan indihome yang stabil.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Mengatasi IndiHome Lemot yang bisa kalian terapkan sekarang juga. Pasalnya semua cara yang telah kami share diatas terbukti efektif dan mampu mengembalikan kecepatan internet yang stabil. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.

error: Content is protected !!