Cara Setting APN Telkomsel 4G LTE Tercepat di Android & iOS 2023

Anna Widiastuti September 20, 2023

MataramNews.co.id – APN Telkomsel bisa kalian setting dengan mudah, dan termasuk salah satu cara paling efektif yang wajib kalian coba sebagai pengguna setia Telkomsel. Dan cara ini kami sarankan untuk kalian yang merasa sinyal internet lemot atau tidak berjalan dengan stabil. Dan salah satu penyebabnya adalah Settingan APN Telkomsel yang bermasalah sehingga menimbulkan jaringan menjadi tidak normal.

Terlebih jika ponsel yang kalian gunakan telah mendukung jaringan 4G LTE, dan pastinya ingin memiliki akses internet dengan cepat. Oleh karena itu, kalian wajib mencoba untuk menyetting APN telkomsel yang akan kami bahas dikesempatan kali ini. Dengan begitu, jaringan internet yang digunakan menjadi normal kembali dan stabil, dan membuat aktivitas streaming menjadi lebih seru lagi.

Sebagai pengguna Telkomsel, belum banyak yang mengetahui bagaimana langkah setting APN Telkomsel tersebut. Pasalnya, caranya sangat mudah dan praktis. Dan di penjelasan kali ini, mataramnews.co.id akan memberikan penjelasannya secara rinci dan dapat kalian ikuti untuk bisa mendapatkan internet yang stabil. Nah, untuk mengetahuinya lebih jelas, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu APN dibawah ini.

Apa itu APN?

APN Telkomsel

APN atau Access Point Name merupakan sebuah teknologi jalur koneksi (gateaway) yang mampu menghubungkan smartphone android dengan internet. Oleh karena itu, APN sendiri menjadi hal yang sangat penting, terutama di era digital saat ini internet menjadi suatu kebutuhan utama yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan di seluruh dunia.

Jadi, penting untuk kalian ketahui tentang cara setting Apn berdasarkan jenis provoder yang kalian gunakan. Misalnya, GSM, 3G, 4G dan lainnya. Ketahui beberapa manfaat APN sebagai berikut.

  1. Salah satu pencari / penentu APN Default dari operator yang kalian gunakan
  2. Pemeriksa status jaringan
  3. Pengaturan favorit dari aplikasi, contohnya game mobile online
  4. Pencarian otomatis untuk APN
  5. Pelapor setting APN terbaru
  6. DLL

Dan untuk kalian yang memasang apn dan tidak cocok dengan jaringan internet hp atau jenis operator lainnya serta koneksi jaringan internet yang lemot atau bermasalah maka termasuk pada setting APN Indosat, XL dan operator lainnya. Dan setiap operator sendiri memiliki pengaturan APN berbeda-beda. Dan untuk pengguna telkomsel, kalian dapat melihat detailnya sebagai berikut.

Cara Setting APN Telkomsel di Android

Pengguna telkomsel di smartphone nadroid, untuk bisa menyetting APN telkomsel ini bisa kalian lakukan dengan mudah dan praktis. Nah, untuk mengetahuinya lebih detail silahkan simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama, masuk ke menu Settings >> Network & Internet >> Mobile Network
  2. Lalu klik menu Advanced >> Acces Point Names
  3. Dihalaman APNs ini, klik tanda + agar bisa menambahkan setting apn tsel tersebut
  4. Silahkan atur Apn secara bebas dengan mendaftar settingan yang kalian tentukan
  5. Klik ikon tiga titik yang ada disebelah atas, dan klik Save
  6. Selesai

Setting apn akan tersimpan didalamnya secara otomatis. Dan kalian bisa menentukan nya sendiri jika ingin menggunakannya secara langsung. Dan untuk para pengguna iphone sendiri, kalian bisa melihat langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Setting APN Telkomsel di iPhone

Tentu saja cara menyetting APN di android atau iPhone sangat berbeda, dan caranya sangat mudah untuk kalian pengguna iOS. Jadi, untuk mengetahuinya lebih detail silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Pertama, masuk ke Settings di iphone, dan klik opsi Cellular
  2. Setelah itu, klik opsi Cellular Data Network untuk bisa mengatur Setting APN di iPhone tersebut
  3. Silahkan klik APN Tsel yang hendak kalian gunakan
  4. Lalu klik Save agar bisa menyimpan Setting Apn yang baru
  5. Selesai

Cara Setting APN Telkomsel di Modem

Untuk para pengguna Tsel yang menggunakan ponsel sendiri, cara ini kemungkinan besar sudah tidak berlaku lagi. Namun, jika kalian menggunakan modem kartu telkomsel maka bisa mengaturnya dengan mudah dan setting sendiri jaringan internet didalamnya. Jika masih belum paham, silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, hubungkan modem dengan PC
  2. Lalu, buka / install apk modem yang digunakan
  3. Jika sudah, masuk ke menu Tools / Settings
  4. Silahkan tekan Options
  5. Dan carilah menu Profile Management
  6. Masukkan Apn tsel yang di inginkan
  7. Jangan lupa isi nama sesuai dengan apn yang digunakan
  8. Isi APN Mode Statik yakni : Internet
  9. Masukkan *99# di Acess Number
  10. Silahkan isi Username serta Password namun bisa kalian kosongkan
  11. Lalu tekan Advanced >> Authentication Protocol Settings: CHAP
  12. Klik OK >> Save
  13. Selesai

Tentu saja masing-masing modem memiliki perbedaan didalamnya baik dalam menu Setting dan lainnya. Namun, pastinya cara yang diberikan tidak memiliki perbedaan yang mencolok, jadi kalian tetap bisa menyelesaikannya dengan baik.

Cara Setting APN di HP Android LTE Semua Merk

Perlu kalian ketahui, bahwa layanan 4G LTE memudahkan para pengguna untuk bis amendapatkan jaringan internet yang stabil. Maka dari itu, kalian bisa mengaktifkan jaringan tersebut dengan mudah, dan silahkan simak langkah-langkahnya sebagaui berikut.

  1. Masuk ke menu Settings di Android
  2. Setelah itu, tekan Mobile Settings
  3. Dan klik Preferred Network
  4. Terakhir, tekan Prefer LTE
  5. Selesai

Namun, perlu kalian perhatikan jika penyebutan LTE ini setiap ponsel memiliki perbedaan. Jadi, kalian bisa menyesuaikannya sendiri sesuai dengan perangkat android yang digunakan. Oleh karena itu, cara setting apn tsel ini bisa kalian coba dengan memperhatikan beberapa langkah yakni pastikan APN telah terkonfiguasi dengan baik / benar. Dan kalian bisa melihat tabel kode setting APN internet semua operator di Indoseia.

OperatorFormat
TelkomselAPN: telkomsel atau internet

Username: wap

Password: wap123
XLAPN: www.xlgprs.net

Username: xlgprs

Password: proxl
Three / 3APN: 3gprs

Username: 3gprs

Password : 3gprs
Indosat (IM3 dan Mentari)APN: indosatgprs

Username: indosat

Password: indosat
AxisAPN: AXIS

Username: AXIS

Password: 123456
SmartfrenAPN: #999

Dial number: #777

User name: M8

Password: M8

Daftar Setting APN Telkomsel Terlengkap 2022

Bukan hanya berlangganan paket internet Tsel saja, jadi kalian wajib mengetahui langkah setting APN Tsel tersebut dengan tiga jenis koneksi yang beragam yaitu 3G, 4G hingga MMS. Dan kami akan bagikan cara alternatif APN Tsel setting gratis yang bisa kalian coba, dan silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Setting APN Telkomsel Default

Kalian bisa mencoba untuk Setting APN Telkomsel Default yang bisa dilakukan dengan mudah, jadi kalian bisa kembali lagi pengaturan awal. Dan silahkan cek detailnya sebagai berikut.

FormatSetting APN Telkomsel Default
Nameinternet
APNinternet
ProxyNot Set
ProxyNot Set
PortNot Set
UsernameNot Set
PasswordNot Set
Server Not SetNot Set
MMSCNot Set
MMS ProxyNot Set
MMS PortNot Set
MCC510
MNC10
Authentication TypeNot Set
APN Typedefault
APN ProtocolIpv4
APN Roaming ProtocolIpv4
Enable/Disable APNAPN Enable
BearerUnspecified
MVNO TypeNone

Setting APN Telkomsel 4G Tercepat

Bagi kalian pengguna tsel yang tinggal diperkotaan, maka jaringan internet yang didapatkana dalah 4G LTE. Tentu saja aksesnya sangat cepat dan memberikan hasil yang sangat memuaskan. Dan silahkan ikuti langkah Setting APN Telkomsel 4G Tercepat sebagai berikut,

FormatSetting APN Telkomsel 4G
NameTelkomsel 4G
APNinternet
ProxyNot Set
PortNot Set
UsernameNot Set
PasswordNot Set
ServerNot Set
MMSCNot Set
MMS ProxyNot Set
MMS PortNot Set
MCC510
MNC10
Authentication TypeNot Set
APN typedefault
APN protocolIpv4
APN roaming protocolIpv4
Enable/disable APNAPN Enabled
BearerUnspecified
MVNO typeNone
MVNO value
Not Set

Penutup

Kalian bisa mengikuti langkah diatas untuk bisa Setting APN Telkomsel dengan mudah, tentu saja caranya sangat simpel dan bisa disesuaikan dengan jenis perangkat yang kalian miliki. Nantikan informasi lainnya dari kami, dan semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk kalian semuanya. Sekian dan terimakasih.