4 Cara Cek Kartu 4G & Upgrade Kartu Telkomsel ke 4G Dengan Mudah

MataramNews.co.id – Cara cek kartu Telkomsel sudah 4G merupakan hal penting yang harus kalian perhatikan. Jika mengetahui cara ini, tentu saja kalian dapat mengggunakan kualitas jaringan internet yang lebih baik dari sebelumnya. Dan jaringan ini juga bisa memperoleh kecepatan yang tinggi, tidak heran jika 4G LTE disebut sebagai jaringan anti lelet. Oleh karena itu, banyak sekali dari provider yang menyediakan layanan ini untuk memberikan kemudahan kepada para penggunanya.

Bukan hanya itu saja, kebijaka yang dibuat untuk menghapus jaringan 3G pun bisa kalian coba. Pasalnya, pihak telkomsel akan menghadirkan eksekusi tersebut. Dan para pengguna tidak secara langsung mengetahui Cara Cek Kartu 4G tersebut. Sehingga kalian tidak bisa menikmati layanan internet didalamnya, terlebih untuk kalangan pengguna simpati lama.

Namun, kalian tidak perlu cemas lagi karena sebagian pengguna telkomsel sudah bisa mengecek kartu 4G Tsel tersebut dengan mudah. Terdapat beberapa cara yang bisa kalian coba, dan dikesempatan kali ini mataramnews.co.id akan memberikan penjelasannya secara detail dan bisa kalian ikuti sekarang juga. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Telkomsel Matikan Jaringan Internet 3G

Cara Cek Kartu 4G

Menurut situs resmi Telkomsel sendiri, Operator jaringan ini secara berkala akan melakukan upgrade jaringan internet 3G ke 4G. Jadi, tidak sekaligus mengubah jaringan tersebut, melainkan dilakukan secara bertahap yaitu dari kota besar, kabupaten, hingga pedesaan. Untuk memperlancar proses ini, pihak telkomsel sendiri akan melakukan sebuah sosialiasi ke seluruh tempat di wilayah Indonesia.

Baca Juga :  3 Cara Memaketkan Pulsa Smartfren Melalui Aplikasi & Tanpa Aplikasi

Bukan hanya itu saja, telkomsel juga sudah memulai beberapa aksi agar memudahkan masyarakat untuk mengakses jaringan 4G LTE yang jauh lebih stabil lagi. Karena layanan ini juga sudah menyediakan paket internet kuota 4G dengan harga yang relative murah.

Cara Cek Kartu Sudah 4G atau Belum

Dan yang menjadi pertanyaan umum yang banyak dilontarkan oleh para pengguna telkomsel adalah mengenai Bagaimana Cara Mengetahui SIM Sudah 4G atau Belum? Pasalnya, caranya sangat mudah, kalian bisa menyelesaikannya dengan cepat dan dilakukan secara mandiri.

Kalian juga tidak perlu untuk meminta bantuan ke orang lain lagi, dan untuk mengetahuinya lebih detail silahkan simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum Melalui SIM Card

Dan cara pertama yang bisa kalian coba untuk Cara Cek Kartu 4G adalah mengetahuinya secara langsung melalui sim card. Karena masing-maisng kartu memiliki label jaringan 4G didalamnya, salah satunya akrtu telkomsel ini. Hal ini juga berlaku untuk operator lainnya seperti XL Axiata, Indosat, Tri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Serta sudah menampilkan 4G dikartu yang mereka ciptakan tersebut. Jadi, kalian hanya perlu membuka hp yang digunakan dan cek apakah ada tulisa n 4G di kartu tersebut atau tidak. Jika ada, maka kalian sudah menggunakan jaringan 4G tersebut. Mudah sekali bukan?

Cara Cek Kartu Telkomsel Apakah Sudah 4G via HP

Kalian juga bisa mengeceknya melalui ponsel dengan mudah, baik android atau Ios sudah bisa kalian ketahui secara detail apakah kartu tersebut sudah mendukung jaringan 4G atau sebaliknya. Dan untuk mengetahuinya lebih detail, simak ulasannya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, masuk ke menu Pengaturan terlebih dahulu
  2. Dan klik bagian Koneksi
  3. Jika sudah, tekan Jaringan Seluler
  4. Masuk ke Mode Jaringan SIM
  5. Selesai
Baca Juga :  Cara Buat Anonymous di IG Menggunakan NGL Link yang Sedang Viral

Jika kalian melihat informasi mengenai jaringan LTE 4G tersebut, pastinya ponsel yang digunakan sudah mendukung jaringan yang ciamik. Tapi, jika tidak ada informasi didalamnya, maka ponsel kalian belum mendukung jaringan tersebut.

Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum Diaktifkan via Dial

Kalian juga bisa mengeceknya dengan mudah melalui dial up, dan cara ini banyak digunakan oleh pengguna telkomsel. Tanpa membutuhkan perangkat lainnya, kalian bisa menerapkannya di hp yang digunakan. Silahkan simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, masuk ke dial up di hp
  2. Jika sudah, masukkan kode USSD *888*47# dan klik Panggil / Call
  3. Silahkan pilih cek kartu
  4. Selesai

Didalamnya akan tertera mengenai jaringan 4G di kartu telkomsel yang kalian gunakan. Pasalnya, system juga akan menampilkan pop up dan memunculkan Kartu Sudah 4G.

Cara Mengetahui Kartu Telkomsel 4G atau 3G via MyTelkomsel

Dan cara terakhir yang bisa kalian coba cara cek kartu 4G LTE melalui aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi ini sudah tersedia di google playstore atau app store dan kalian bisa mengunduhnya secara grtais. Pasalnya, aplikasi ini juga menyediakan layanan telkomsel didalamnya, seperti kuota internet, masa aktif dan sebagainya. Silahkan simak tutorial selengkapnya dibawah ini.

  1. Download dan install MyTelkomsel di ponsel
  2. Dan lakukan registrasi terlebih dahulu, masukkan nomor kartu Tsel yang digunakan
  3. Masukkan password yang berhasil didapatkan melalui SMS
  4. Dihalaman utama, klik symbol 4G Ready
  5. Lalu dilaman selanjutnya, aka nada kesiapan kartu yang menggunakan jaringan 4G LTE tersebut
  6. Selesai

Cara Upgrade Kartu Telkomsel ke 4G dengan Mudah

Setelah melakukan semua cara diatas, dan jika kartu Tsel yang digunakan masih menggunakan layanan 3G. Maka kalian bisa mengupgrade nya dengan mudah, selain itu pihak Telkomsel sendiri sudah menyediakan layanan ini dan akan memudahkan para penggunanya. Jadi, kalian tidak perlu menunggu nanti lagi untuk mengubah jaringan tersebut.

Baca Juga :  Cara Memasukan Kode Undangan Snack Video Jika Gagal Terbaru 2022

Caranya praktis, dan tidak memerlukan biaya sedikitpun. Karena gratis, sebaiknya kalian terapkan sekarang juga dibawah ini.

  1. Pertama, masuk ke dial up dan masukkan *888*46# klik Call
  2. Jika sudah, pilih opsi 1, dan masukkan nomor baru tanpa perlu mematikan ponsel
  3. Klik YA, dan catat token atau PIN yang diberikan
  4. Silahkan keluarkan kartu SIM 3G yang lama, dang anti dengan kartu 4G yang baru
  5. Lalu hubungi lagi *888*46# di dial Up
  6. Klik nomor 2 dan klik YA
  7. Lalu input nomor 3G yang lama, dan masukkan nomor PIN
  8. Dan tekan YA
  9. Selesai

Dan itulah cara termudah yang bisa kalian coba untuk Upgrade Kartu Telkomsel ke 4G dengan cepat. Pasalnya, terdapat beberapa cara lain yang bisa dilakukan, namun cara diatas merupakan salah satu cara paling mudah yang bisa kalian ikuti.

Akhir Kata

Sekian ulasan mengenai Cara Cek Kartu 4G Telkomsel untuk bisa kalian coba sekarang juga, kalian bisa ikuti semua cara-cara diatas untuk mengetahui jaringan 4G di perangkat yang kalian gunakan. Dan nantikan informasi lainnya dari kami. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya, sekian dan terimakasih.

error: Content is protected !!