4 Cara Cek Nomor Kartu XL Dan Cara Registrasi Nomor XL 2022

MataramNews.co.id – Cara Cek nomor kartu XL merupakan hal yang harus diketahui oleh seluruh pengguna XL. Pasalnya, banyak dari kamu yang masih lupa dengan nomor pribadi, entah memang lupa menyimpan di kontak ataupun mencatatnya.

Walaupun penting, nyatanya banyak juga pengguna yang belum tahu mengenai cara memeriksa nomor sendiri. Apalagi, tahu nomor sendiri sangat penting sebab kamu perlu melakukan berbagai hal, misalnya membeli paket internet XL atau membeli pulsa.

Hal ini memang wajar jika mereka lupa atau tidak mengingat nomor pribadi. Karena, nomor sendiri terdiri dari 12 angka yang disediakan oleh operator seluler. Hasilnya, kombinasi 12 angka itu sulit diingat oleh beberapa orang.

Kemudian ini jadi hal yang krusial lantaran pemakaian nomor penting sekali untuk keperluan pekerjaan, berbelanja online, hingga menjalankan bisnis.

Untuk mengatasi hal tersebut, cek nomor kartu XL sudah bisa dilakukan banyak orang. XL sebagai provider melihat hal ini kemudian dengan sengaja membuat cara agar memudahkan orang-orang mengingat nomornya sendiri.

XL adalah produk yang dirilis oleh PT Excelcomindo Pratama Tbk, sebelum kemudian berubah nama jadi PT AX Axiata Tbk. Provider ini adalah perusahaan yang bergerak dalam industri operator telekomunikasi seluler Indonesia.

Selain fitur produk XL prabayar yang banyak digunakan masyarakat, XL juga punya 4 jenis produk GSM, yakni Live.On, Axis, XL Prioritas, dan XL Prabayar yang banyak digunakan masyarakat. Tak hanya itu saja, XL juga menawarkan fitur korporasi bernama Internet Service Provider [IS{‘ dan juga VoIP.

Lalu, untuk mengetahui nomor kartu XL pribadi, kamu bisa membaca ulasan di bawah ini dengan seksama.

Cara Cek Nomor Kartu XL

Cara Cek Nomor Kartu XL

Jika sewaktu-waktu kamu lupa dengan nomor XL sendiri, jangan khawatir karena perusahaan memberikan beberapa langkah mudah untuk melihat nomor yang dipakai seluruh pelanggan. Kamu hanya tinggal memilih satu dari beberapa cara paling mudah, sehingga nomor kamu dapat diketahui lebih cepat.

Baca Juga :  6 Cara Mengetahui Password Wi-Fi di Ponsel dan PC Paling Akurat

Lalu, bagaimana cara mengetahui nomor Xl sendiri? Di bawah ini kami bagikan beberapa tutorialnya.

1. Mengetahui Nomor XL Melalui Dial Up

Cek nomor kartu XL pertama ialah memakai fitur dial up yang tersedia di ponsel. Langkah ini mudah digunakan, asalkan kamu punya kartu XL yang dipasangi kartu SIM XL. Tutorialnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan ponsel kamu dalam keadaan menyala.
  2. Buka panggilan, lalu ketik *123# dan klik CALL, YES, atau OK.
  3. Kemudian muncul pemberitahuan di layar, kamu bisa memilih opsi nomor 7.
  4. Kemudian pilih nomor 1 ‘Info Kartu XL-ku’.
  5. Pilih opsi nomor 2 ‘Detail Nomor XL Anda’.
  6. Kemudian muncul status informasi transaksi. Jika mengalaminya, masukkan nomor 97 ‘Next’.
  7. Pilih opsi nomor 1 ‘Cek Profil’.
  8. Kemudian pilih opsi nomor 1 ‘Info Nomor’.
  9. Kemudian akan muncul di layar ponsel mengenai nomor XL yang kamu gunakan.

2. Mengetahui Nomor XL Melalui Operator

Cara berikutnya mungkin sedikit ribet, karena kamu harus menghubungi call center XL yang responnya kurang cepat. Tutorialnya bisa kamu lihat di bawah ini:

  1. Lakukan panggilan ke nomor 818 [bebas pulsa]. Fitur ini menghubungkan kamu dengan mesin penjawab otomatis atau IVR [Interactive Voice Response].
  2. Lakukan panggilan ke 817 [tarif kurang lebih 400 rupiah per satu kali telepon]. Fitur ini menghubungan kamu ke petugas operator XL secara langsung.
  3. Kunjungi situs https://www.xl.co.id lalu akses layanan ‘Live Chat’ yang tersedia di kanan bawah.
  4. Kamu bisa juga mengirim email di alamat ‘customerservice@xl.co.id’ jika punya masalah lain mengenai layanan dari XL.

3. Mengetahui Nomor XL Melalui Aplikasi MyXL

Cara cek nomor kartu XL berikutnya menggunakan aplikasi resmi bernama MyXL. Aplikasi satu ini memiliki banyak manfaat apabila kamu menggunakannya secara maksimal. Tak hanya bisa melihat nomor saja, namun juga dapat membeli paket internet serta mengecekseluruh informasi nomor XL milikmu.

Baca Juga :  Kalkulator TikTok, Cek Penghasilan TikTok Saya Dengan Mudah & Cepat

Yang harus kamu ketahui untuk melihat nomor XL menggunakan aplikasi ini ialah MyXL baru dapat digunakan jika kamu sudah mendaftarkan nomormu disini. Lebih baik setelah membeli nomor XL, kamu perlu mengaktifkan kartu kemudian unduh aplikasi MyXL dan daftarkan nomornya ke aplikasi. Kalau di lain hari kamu lupa nomornya, kamu hanya tinggal membuka aplikasi ini. Untuk penggunaannya bisa kamu lihat di bawah ini:

  1. Pastikan kamu memiliki ponsel.
  2. Unduh lalu install aplikasi MyXL di Google Playstore untuk Android dan pengguna iOS bisa menggunakan App Store.
  3. Kalau sudah diinstall, buka aplikasinya lalu masuk memakai nomor XL kamu.
  4. Seluruh informasi nomor XL akan ditampilkan di beranda utama MyXL.

4. Cek Nomor XL Melalui Telepon atau SMS

Selanjutnya ialah menggunakan cara klasik dan sederhana untuk melihat nomor XL sendiri, yakni melalui SMS atau panggilan ke nomor teman atau saudara. Langkah satu ini bisa dilakukan apabila nomor kamu memiliki pulsa untuk kirim SMS atau panggilan telepon.

Dengan mengirimkan SMS serta panggilan, nantinya nomor kamu akan muncul ke nomor penerima. Kamu dapat meminta teman atau saudara untuk mengcopy nomor tersebut kemudian kamu bisa menyimpannya. Selain itu juga, kamu bisa mengecek nomor XL pribadi melalui aplikasi chatting seperti Whatsapp, pasalnya nomor ponsel kamu bakal tersinkronisasi didalam aplikasi tersebut.

Cara Registrasi Nomor XL

Cara Registrasi Nomor XL

Apabila baru saja membeli nomor XL baru dan ingin registrasi, maka kamu diharuskan untuk melakukan proses registrasi seperti berikut ini.

  1. Buka menu pesan lalu tulis nomor penerima, yakni 4444.
  2. Masukkan pesan dengan format: DAFTAR#NIK#NOMOR KK.
  3. Pilih ‘Kirim’.
  4. Tunggu pesan pemberitahuan yang menyatakan bahwa kamu sudah melakukan registrasi kartu XL.
  5. Apabila kamu menerima pesan yang berbunyi ‘Maaf saat ini permintaan belum bisa diproses’, maka lakukan lagi hal di atas selang beberapa saat.
  6. Atau kalau kamu menerima pesan berbunyi ‘Maaf data Nomor KK yang dimasukkan salah.’ Maka kamu dapat melihat kembali nomor KK yang kamu masukkan. Mungkin ada nomor yang salah.
Baca Juga :  Cara Membuat Channel YouTube HP/PC Menghasilkan Uang Untuk Pemula

Cara Cek Nomor Kartu XL yang Sudah Melakukan Registrasi

Cara Cek Nomor Kartu XL yang Sudah Melakukan Registrasi

Selepas melakukan proses registrasi, kamu dapat melakukan pengecekan nomor yang terdaftar memaka NIK [Nomor Induk Kependudukan] yang ada di KTP. Langkah mengecek nomor XL ini kamu hanya tinggal ketik *123*4444# di menu panggilan kemudian jalankan instruksi berikutnya.

Aktivasi Nomor yang Hilang atau Hangus

Untuk pelanggan XL yang kartunya hilang atau hangus, pihak XL memberikan kemudahan untuk mengaktivasi ulang secara online. Tutorialnya bisa dilihat sebagai berikut:

  1. Buka situs prioritas.xl.co.id/apply/layanan-xl-center.
  2. Klik ‘Layanan Reaktivasi Kartu’.
  3. Masukkan nomor XL.
  4. Pilih ‘Lanjutkan’.
  5. Isi seluruh persyaratan berupa Kartu Keluarga atau KTP.
  6. Siapkan kartu yang akan diaktifkan lagi [apabila kartunya hangus].
  7. Sediakan nomor lain yang masih aktif agar dapat melakukan video call.

Penutup

Itulah beberapa cara cek nomor kartu XL yang bisa dilakukan. Tentu saja kamu tak akan bingung lagi saat lupa dengan nomor sendiri. Pasalnya kamu sudah membaca berbagai cara atau tutorial yang sudah kami bagikan di atas. Terima kasih dan selamat mencoba!

error: Content is protected !!