Cara Logout Wifi ID di HP Dan Laptop Dengan Mudah Terbaru 2022

MataramNews.co.id – Apakah kamu termasuk orang yang suka berburu WiFi gratis dan murah? Tentunya kamu tak asing dengan WiFi ID, agar bisa mengakses koneksi tersebut kamu diwajibkan punya username.

Kemudian, apakah kamu juga tahu bagaimana cara logout Wifi.id kalau ingin berganti perangkat serta bagaimana kalau proses logout itu menemui kegagalan? Karena voucher Wifi ID hanya bisa dipakai di satu perangkat seluler atau laptop saja.

Jadi, jika kamu terhubung dengan satu device, Wifi ID tak bisa dipakai lagi di device lain. Walau kamu bisa melihat tulisan ‘Logout’ di halaman utama Wifi ID. Tapi, dalam kebanyakan kasus tombol itu gagal lalu menunjukkan tulisan ‘logout failed’.

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana caranya untuk logout Wifi ID supaya bisa digunakan lagi di smartphone lain.

Penjelasan Singkat Mengenai Wifi ID

Penjelasan Singkat Mengenai Wifi ID

Sebelumnya untuk kamu yang belum mengenai layanan ini, tak ada salahnya mengetahui lebih dulu apa itu Wifi ID.

Wifi ID merupakan layanan yang disediakan Telkom guna menikmati jaringan internet. Hingga sekarang fitur Wifi ID masih jadi alternatif untuk beberapa orang lantaran mahalnya beli paket internet yang ditawarkan provider. Selain itu, Wifi ID juga tersebar luas di semua kota besar Indonesia, khususnya di kantor Telkom dan universitas ternama.

Jika di daerahmu berada dekat dengan Telkom, kamu tak akan kesulitan untuk mencari area Wifi ID. Lalu, biaya yang ditawarkan fitur ini cukup murah, yakni sekitar Rp 5000 untuk membeli voucher internet unlimited dengan durasi 2 hingga 6 jam.

Baca Juga :  Cara Ganti Password Wifi indihome Lewat Hp Dan Laptop Terbaru 2022

Wifi ID sangat mudah dipakai, kamu hanya perlu melakukan proses login saja. Kalau berhasil kamu dapat browsing sesuka hari. Namun user Wifi ID dapat dipakai hanya di satu device.

Setelah seleasi menggunakannya, biasanya pengguna harus bisa keluar. Namun faktanya masih ada yang belum tahu caranya. Di tampilan situs Wifi ID memang ada opsi logout, namun device seperti Android sering menemui masalah ketika akan logout dari Wifi ID.

Cara Logout Wifi.id di PC atau Laptop

Cara Logout Wifi.id di PC atau Laptop

Bagaimana langkah untuk logout Wifi ID di PC atau laptop? Garis besarnya tak jauh beda dengan menggunakan smartphone. Untuk yang masih bingung, disini kita akan menjelaskannya seperti dibawah ini.

1. Menggunakan Browser

Kamu hanya perlu memakai web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, ataupun Opera supaya bisa logout dari Wifi ID.

Umumnya, kamu sudah dapat logout dari Wifi ID, tapi kalau gagal kamu masih bisa melakukan pada cara selanjutnya.

2. Gunakan CMD

Cara logout Wifi.id berikutnya ialah memakai CMD. Kamu bisa mengeluarkan akun tersebut lewat IP Address serta dengan bantuan Command Prompt atau CMD.

  • Tekan Windows+tombol R
  • Masukkan CMD lalu klik enter guna membuka command prompt
  • Input ip confiq di CMD kemudian klik enter
  • Copy IP yang ada di kolom Ipv4 Address
  • Masuk ke https://landing2.wifi.id/authnew/logout/logout.php?ipc=IP
  • Ubah IP dengan IP milik kamu melalui CMD
  • Kamu akan diarahkan ke situs logout Wifi ID
Baca Juga :  4 Cara Cek Kuota Telkomsel Lewat Dial Up, SMS, dan Aplikasi 2022

Jika sudah kamu enter, nantinya bakal diarahkan ke landing page baru, yakni page untuk logout dari Wifi ID. Sampai tahapan ini, sebenarnya proses udah berhasil. Kamu hanya perlu memeriksa apakah jaringannya masih terhubung atau tidak.

3. Menggunakan Forget Network pada Windows

Layanan Forget Network pada Windows bisa digunakan saat kamu ingin melakukan proses logout dari Wifi ID seamless melalui laptop atau PC.

  • Arahkan mouse ke sisi bawah kanan taskbar
  • Klik ikon Wifi di taskbar
  • Kamu bisa memilih Wifi ID yang tengah terhubung
  • Selanjutnya pilih Disconnect guna memutus koneksi dari Wifi ID.

Cara Logout Wifi.id dari Smartphone

Cara Logout Wifi.id dari Smartphone

Cara ini dikhususkan bagi kamu yang memakai Wifi ID melalui smartphone. Garis besarnya ada 4 cara yang dapat kamu lakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lewat Browser

Apabila kamu tak ingin menginstal aplikasi lagi, kamu tetap bisa keluar dari akun Wifi ID. Caranya ialah dengan lewat Chrome yang tersedia di smartphone.

Kini coba kamu buka tab baru kemudian browsing. Harusnya smartphone kamu sudah bisa keluar dari akun Wifi ID. Jika belum berhasil, kamu bisa mematikan smartphone guna menguji apakah akun Wifi ID kamu sudah betul-betul logout atau belum.

Silahkan kamu mencoba login memakai smartphone teman dengan usernam serta kata sandi yang sama. Kalau sudah dapat terkoneksi, maka logout sudah sukses.

2. Memakai aplikasi Wifi.id Go

Cara logout Wifi.id yang kedua ialah memakai aplikasi resmi dari Wifi ID, yakni Wifi.id GO. Apabila belum memilikinya, kamu bisa mengunduh dan menginstal lebih dulu.

  • Buka aplikasi Wifi.id GO
  • Selanjutnya geser tombol di Connection hingga posisi menjadi Off
  • Kalau warna berubah jadi abu-abu, smartphone kamu dipastikan sudah keluar dari akun Wifi ID
Baca Juga :  4 Cara Repost Postingan Instagram (IG) Menggunakan Aplikasi

3. Hapus Cache di Penyimpanan

Ada sejumlah kasus dimana Wifi ID masih bisa terhubung padahal statusnya disconnect. Umumnya masalah seperti ini dikarenakan smartphone yang dipakai menyimpan cache Wifi ID. Agar bisa mengatasinya, kami wajib membersihkan cache yang berada dalam penyimpanan.

  • Buka pengaturan di Hp
  • Skrol ke bawag kemudian buka penyimpanan
  • Silahkan kamu pilih Hapus Data
  • Kalau sudah, restart smartphone

4. Fitur Forget Wifi

Cara terakhir ini tidak membutuhkan aplikasi apapun, sebab hanya mengandalkan layanan bawaan smartphone itu sendiri, yakni forget Wifi. Cara semacam ini juga dapat dikatakan cara paling ampuh lantaran kinerjanya ialah dengan ‘melupakan’ jaringan Wifi ID dari smartphone kamu.

  • Buka pengaturan
  • Berikutnya buka Wifi
  • Tekan jaringan Wifi.id yang terhubung
  • Pilih ‘Lupakan Jaringan’ agar bisa logout dari koneksi Wifi ID
  • Matikan lalu nyalakan kembali Wifi di smartphone kamu

Kalau sudah bisa logout, kini kamu dapat berganti device lagi guna memakai Wifi ID yang tadinya sudah kamu keluarkan.

Di beberapa kasus, ada user Wifi ID yang mengeluh tentang akun mereka selepas logout. Proses saat logout memang sudah berhasil tapi ketika kembali login mereka justru menemukan pesan ‘user sedang aktif’.

Apabila kamu menemui masalah seperti ini, maka kamu biarkan lebih dulu sekitar 30 menit hingga 1 jam. Biasanya pesan ini akan hilang sendirinya.

Penutup

Itu saja beberapa cara logout Wifi.id yang bisa kamu lakukan, baik melalui perangkat PC/laptop atau smartphone. Cara-cara di atas dapat menjadi solusi bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana caranya untuk mengeluarkan jaringan Wifi ID.

error: Content is protected !!