5 Cara Membatasi Pengguna Wifi IndiHome Lewat HP Semua Modem

MataramNews.co.idCara membatasi pengguna wifi IndiHome penting sekali untuk kamu pelajari. Kamu dapat coba menggunakan cara itu agar bisa mencegah pengguna yang tak diinginkan untuk terconnect wifi di rumah.

Hal itu nyatanya bisa mempengaruhi kecepatan jaringan internet atau bahkan mengganggu pekerjaan. Supaya lebih jelas, simak penjelasan cara membatasi user wifi IndiHome di bawah ini.

Memiliki koneksi wifi di rumah adalah hal penting, terutama bagi kamu yang tidak sering keluar rumah. Tapi, kadang banyak juga tetangga yang usil memakai wifi tanpa izin dan akhirnya membuat koneksinya lemot. Maka dari itu, kamu perlu mencegahnya dengan membatas pengguna wifi tersebut.

Kalau kamu memiliki bisnis usaha yang menawarkan fitur wifi gratis, pastinya tak ingin koneksi wifi lemot, bukan? Mengatur pengguna wifi IndiHome tidak membutuhkan software atau aplikasi tambahan. Kamu bisa langsung mengaturnya melalui smartphoe atau PC.

Kenapa Harus Membatasi Pengguna?

Memasang koneksi internet di rumah merupakan hal menyenangkan. Kamu dapat memakai internet itu untuk bermain game, bekerja, sampai menikmati streaming gratis.

Pernahkah kamu merasa jaringan internet di rumah mendadak jadi lelet? Hal itu dapat terjadi lantaran pengguna wifi di rumah kamu terlalu banyak. Atau bisa jadi mereka secara sembarangan seperti mendownload film dengan ukuran besar.

Tiap modem bawaan yang dipinjamkan ISP punya kapasitas bandwith masing-masing. Semakin banyak user yang terconnect di satu router, maka itu akan membuat bandwith jadi teerbagi dan sesuai dengan jumlah penggunanya.

Baca Juga :  Cara Setting APN Telkomsel 4G LTE Tercepat di Android & iOS 2022

Jika ada sejumlah pengguna yang ketahuan streaming film dengan kualitas HD, otomatis kecepatan wifi bakal lemot dan dapat mengganggu pengguna lain.

Nah, agar bisa mencegah terjadinya sesuatu yang tak diinginkan, kamu wajib tahu cara membatasi pengguna wifi IndiHome berikut.

Cara Membatasi Pengguna Wifi IndiHome yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Keuntungan yang dapat diperoleh ketika membatasi user wifi adalah dapat mengontrol siapapun yang masuk ke jaringan wifi di rumah. Selain itu juga, kamu bisa membatasi jam akses, memblokir situs web, serta memblokir akses jahat seperti peretasan ke smartphone.

Membatasi pemakaian data pada aplikasi tertentu akan membantu untuk menghemat data jangka panjang. Hal ini melibatkan penonakifan layanan yang membungkinkan aplikasi memakai data ketika smartphone terkunci, walaupun kamu tidak sedang membuka aplikasi tersebut.

Berikut adalah beberapa cara untuk membatasi user wifi IndiHome yang bisa dilakukan dari rumah.

1. Menggunakan Aplikasi Netcut

Aplikasi yang dikembangan Arcai Networking satu ini sifatnya freeware dan kamu tak harus mengeluarkan dana guna mengatur semua fitur yang tersedia di aplikasi Netcut. Cara membatasi user wifi adalah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Netcut di situs resminya http://arcai.com.
  2. Selepas proses pengunduhan selesai, buka aplikasi di laptop atau PC.
  3. Netcut akan melakukan searching pengguna yang terhubung di satu koneksi internet.
  4. Selepas pengguna keluar, kamu dapat membatasi kecepatan tiap pengguna atau bahkan memblokirnya. Hal ini dilakukan agar pengguna tak bisa terhubung ke jaringan internet kamu.
  5. Harus diperhatikan kalau di aplikasi ini hanya hanya akan mendapat 10x pengaturan user wifi di setiap hari. Kemudian kamu dapat berlangganan untuk memperoleh fitur premium dengan membelinya dengan harga Rp 14.00 per bulan.

2. Melalui Pengaturan Modem

Cara membatasi pengguna wifi IndiHome selanjutnya ialah lewat pengaturan modem. Modem yang dipinjamkan provider internet punya pengaturan yang dapat diakses secara langsung lewat browser yang ada di laptop maupun PC.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Cepat Dan Halal

Kamu dapat menggunakan pengaturan modem ini sebagai langkah membatasi pengguna wifi supaya tidak terlalu banyak. Tutorial penggunaannya bisa kamu lihat dibawah ini:

  1. Kamu harus mengetahui lebih dulu merek modem yang digunakan di rumah. Misalnya, modem Huawei punya situs pengaturan yang dapat diakses dengan cara mengetik 192.168.8.1 di pencarian bar web browser yang kamu pakai.
  2. Selepas situs pengaturan itu terbuka, kamu harus mengetikkan username dan kata sandi bawaan modem. Misalnya username dan kata sandi bawaan yang biasanya dipakai ialah ‘admin’ dan ‘password’.
  3. Saat halaman utama terbuka, kamu bisa memilih Setting dan ketuk 2 kali.
  4. Di bagian Network, pilih tombol SSID Setting lalu bakal terbuka pengaturan pembatasan wifi IndiHome yang dapat terconnect ke modem.
  5. Pilih jumlah user yang sesuai dengan batasan yang diinginkan. Pada modem bawaan, pastikan jumlah itu tak melebihi 15 orang guna terhindari dari bottleneck di koneksi internet.
  6. Pilih Save agar bisa menyimpan pengaturan modem.

3. Melalui Aplikasi P2Pover

Selain menggunakan Netcut, kamu bisa coba membatasi user wifi dengan memakai P2Pover. Aplikasi ini dibuat di Cina dan punya pengaturan yang mudah dilakukan siapa saja. Dibawah ini adalah cara membatasi pengguna wifi IndiHome memakai P2Pover.

  1. Pakai VPN lebih dulu saat mendownload aplikasi P2Pover.
  2. Buka lalu jalankan aplikasi tersebut, kemudian ubah oengaturan bahasa ke bahasa Inggris.
  3. Klik System Setting agar masuk ke tab.
  4. Di tab tersebut, pilih Network Adaptor kemudian pilih sesuai adaptor yang dipasang di PC.
  5. Di tab Schedule Setting, klik New.
  6. Klik tab Control All, kemudian klik kanan di tombol Start, selanjutnya pilih Apply Rule to Host Selected.
  7. Pilih pengguna yang akan kamu blokir dan pencet tombol blokir.
  8. Selesai.
Baca Juga :  5 Cara Transfer Pulsa XL ke Sesama Dan Operator Lain Terbaru 2022

4. Menggunakan Aplikasi Netlimiter

Netlimiter adalah satu dari beberapa aplikasi Speed Limiter yang memiliki pengaturan sederhana serta mudah dijalankan. Berikut adalah cara membatasi user wifi melalui aplikasi Netlimiter:

  1. Unduh Netlimiter apk.
  2. Buka aplikasi kemudian buka menu setting.
  3. Pada Activity View, kamu akan melihat lalu memilih membatasi user wifi yang dapat terhubung dengan jaringan internet.
  4. Kemudian kamu bisa membatasi speed atau kecepatan masing-masing user wifi sehingga tak ada yang akan membebani bandwith yang ada.

5. Menggunakan Wifi Blocker

Untuk yang menggunakan iPhone, kamu dapat menjalankan aplikasi Wifi Blocker sebagai langkah membatasi user wifi. Berikut adalah tutorialnya:

  1. Download aplikasi Wifi Blocker di Google Play Store.
  2. Jalankan aplikasi dan otomatis aplikasi tersebut akan mencari user wifi yang terconnect di jaringan yang sama di perangkat kamu.
  3. Setiap user yang terconnect umumnya mempunyai nama perangkat yang beda. Kamu dapat membatasi user wifi dengan meng-klik nama yang muncul di aplikasi.
  4. Perangkat yang telah dibatasi tersebut tak akan dapat terconnect dengan jaringan internet hingga kamu meng-klik tombol ‘Continue’ di aplikasinya.

Keunggulan Wifi Blocker ialah kamu dapat mengatur jadwal dari tiap perangkat guna membatasi pemakaian internet. Aplikasi seperti ini penting sekali khususnya untuk orang tua yang membatasi waktu anaknya bermain internet.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara membatasi pengguna wifi IndiHome yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Pastikan kamu tak membatasi jaringan wifi di perangkat sendiri agar dapat selalu terhubung dengan koneksi internet. Selain itu, pastikan kamu menggunakannya dengan bijak. Selamat mencoba!

error: Content is protected !!