5 Cara Memperkecil Ukuran PDF Melalui Aplikasi & Tanpa Aplikasi

MataramNews.co.id – Ada kalanya file yang memiliki ukuran besar ingin kita kompres dengan mudah. Maka dari itu, kalian bisa memanfaatkan beberapa aplikasi atau situs untuk memperkecil ukuran suatu file. Misalnya, Cara Memperkecil Ukuran PDF yang masih banyak dicari oleh kalangan warganet. Jadi, kalian bisa menerapkannya secara langsung di perangkat android atau PC yang digunakan.

Namun, masih banyak kalangan pengguna yang belum mengetahui cara tersebut. Karena dengan mengirim file ukuran kecil, membuat proses menjadi lebih mudah dan cepat lagi dari biasanya. Terlebih adanya covid-19 ini seluruh aktivitas di lakukan secara online dari rumah. Termasuk dengan mengirim beberapa file-file penting dalam bentuk PDF. Contohnya, mengirim tugas sekolah, kuliah, mengirim CV untuk kebutuhan melamar pekerjaan dan bisnis lainnya.

Namun, ukuran file pdf yang besar akan menyulitkan kalian nanti terutama ketika mengunggahnya secara langsung. Dikarenakan memiliki batas maksimal yang telah ditentukan seperti file PDF 300kb. Dan untuk mengatasi hal seperti ini, kalian dapat mengompres nya terlebih dahulu diperangkat android atau laptop yang digunakan. Dan mataramnews.co.id akan memberikan ulasan tentang Cara Memperkecil Ukuran PDF secara detail untuk bisa kalian coba. Silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Melalui Adobe Acrobat

Cara Memperkecil Ukuran PDF pertama bisa kalian coba dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat yang mungkin sudah familiar bagi kalian. Cara melakukannya sangat mudah, dan bisa memanfaatkan fitur PDF Optimizer untuk bisa mengompres ukuran pdf tersebut. Untuk mengetahuinya lebih detail, silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, buka file PDF di adobe acrobat
  2. Lalu klik bagian Tools >> Optimize PDF
  3. Kemudian, Reduce Size agar bisa mengurang ukuran file tersebut
  4. Jika sudah, tekan Advanced Optimization untuk mengatur ukuran dokumen dengan cara manual
  5. Tekan Save as dan tentukan nama dokumen tersebut
  6. Klik Save
  7. Selesai
Baca Juga :  Cara Membuat Apk Emoji Buah Durian Bisa Disalin Di Keyboard Untuk WA

Adobe Acrobat sangat mudah digunakan, dan sudah menjadi andalan sebagian pengguna karena mampu memberikan kepuasan tersendiri. Dan terdapat cara lainnya untuk mengecilkan ukuran PDF tersebut dengan mudah pada perangkat android yang digunakan. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Melalui iLovePDF di Android

Cara selanjutnya yang bisa kalian coba adalah dengan memanfaatkan ilovepdf yang sangat populer dan banyak digunakan oleh kalangan pengguna. Pasalnya, cara menggunakannya sangat mudah dan bisa dilakukan secara online dengan terhubung ke jaringan internet terlebih dahulu. Untuk mengetahuinya lebih detail, silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, download aplikasi Ilovepdf terlebih dahulu
  2. Dan buka aplikasinya kemudian tekan menu Kompres PDF
  3. Jika sudah tentukan folder penyimpanan file PDF tersebut yang akan kalian kompres
  4. Lalu tekan ikon plus (+) agar bisa menambahkan file PDF ke aplikasi
  5. Klik pilih file-nya
  6. Setelah itu, lakukan hal serupa jika kalian ingin mengompress semua file dan klik tombol Berikutnya
  7. Pilih opsi kompress yang kalian inginkan, dan klik tombol Kompress
  8. Tunggu hingga proses kompres telah selesai
  9. Dan klik Lihat File
  10. Selesai

Tahukah kalian untuk memperkecil ukuran pdf bisa dilakukan tanpa aplikasi pada perangkat yang kalian gunakan. Karena sudah banyak sekali jenis situs memperkecil ukuran PDF yang bisa diakses dengan mudah. Dan untuk mengetahuinya lebih detail, silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Mengecilkan Ukuran PDF Online Tanpa Aplikasi di HP/Laptop

Bagi pengguna smartphone atau laptop kalian bisa melihat beberapa penjelasannya dibawah ini untuk bisa memperkecil ukuran pdf dengan mudah secara online. Kalian bisa memanfaatkan beberapa situs yang dihadikan sebagai tools untuk file pdf.

Situs yang bisa dimanfaatkan adalah Smallpdf untuk bisa kalian akses diperangkat android atau laptop. Cara menggunakannya sangat mudah, dan silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, silahkan buka tools kompres PDF di situs Smallpdf tersebut atau klik https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf/
  2. Jika sudah, klik Pilih File atau dengan cara drag and drop file PDF ke kotak berwarna merah
  3. Tentukan opsi kompresi yang kalian inginkan, dan kompresi dasar (kompres PDF 45%) hingga kompresi kuat (Kompres PDF 75%)
  4. Silahkan tunggu sampai prosesnya berhasil
  5. Klik download dan file pdf akan tersimpan diperangkat masing-masing
  6. Selesai
Baca Juga :  Cara Menggunakan GB WhatsApp, Pasti Bermanfaat

Cara Memperkecil Ukuran PDF di Laptop Secara Offline

Dan bagi kalian yang tidak memiliki koneksi internet diperangkat yang digunakan, maka kalian bisa mencoba Cara Memperkecil Ukuran PDF secara offline di laptop dengan mudah dan praktis. Kalian bisa memanfaatkan software Miscrosoft Word.

Dan cara ini memang bisa kalian lakukan dengan mudah, seperti untuk melakukan kompres PDF 200kb secara gratis. Ketahui, langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama, masuk ke aplikasi Microsoft Word 2013
  2. Klik File, dan tentukan file pdf >> tekan Open
  3. Simpan lagi file tadi, dengan cara tekan menu File >> Save As
  4. Jika sudah, silahkan ubah format menjadi PDF dibagian Save as Type
  5. Kemudian, tekan opsi Minimum Size (Publishing Online) agar bisa mengecilkan ukuran file tersebut
  6. Lalu tekan Save

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menggunakan Soda PDF

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya bagaimana Cara Memperkecil Ukuran File PDF Menggunakan Soda PDF? Caranya sangat mudah dan bisa kalian coba diperangkat android atau laptop yang kalian gunakan dengan cepat.

Pasalnya, situs ini juga hampir menyerupai dengan ilovepdf hingga smallpdf. Untuk mengetahuinya lebih jelas, maka kalian bisa melihat penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

  1. Silahkan buka situs soda pdf atau klik https://www.sodapdf.com/id/compress-pdf/ di ponsel atau PC
  2. Kemudian, klik tombol Pilih File dan drag and drop file PDF ke area yang diberikan
  3. Setelah itu, tentukan opsi kompresi file yang kalian inginkan
  4. Kualitas Reguler atau kualitas tinggi, dan klik tombol Kompres file
  5. Jika sudah, klik tombol Unduh file
  6. Selesai

Pada dasarnya semua cara yang diberikan tidak jauh berbeda dengan cara-cara diatas. Jadi, kalian juga bisa menentukan sendiri cara untuk memperkecil ukuran PDF secara bebas, baik secara online atau offline sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga :  Login & Cara Daftar Alat Mitra Higgs Domino Boxiangyx Apk

Penutup

Itulah pembahasan mengenai Cara Memperkecil Ukuran PDF yang bisa dilakukan sekarang juga. Jadi, kalian bisa menentukan salah satu termudah dengan mengikuti langkah diatas untuk bisa mengecilkan ukuran pdf dengan cepat. Nantikan informasi lainnya dari mataramnews.co.id. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

error: Content is protected !!