Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube Youtube Pada Mozilla & Chrome

MataramNews.co.id – Pengguna Internet Download Manager (IDM) pasti pernah merasakan tombol yang tidak muncul di bagian atas video YouTube. Pada umumnya, hal ini terjadi karena tidak menggunakan IDM versi resmi. Tapi tenang saja. Masih ada cara mengatasi IDM tidak muncul di YouTube yang bisa kamu lakukan.

IDM memang memberikan banyak keuntungan bagi pengguna laptop dan komputer. Berbagai video yang tersebar di internet jadi bisa didownload dengan mudah. Hanya dengan klik tombol IDM yang tersedia, pilih tempat file disimpan, kemudian proses unduhan akan langsung berjalan.

Adanya kemudahan tentu tidak menjadi alasan agar semua baik-baik saja. Metode download menggunakan IDM juga punya kelemahan. Biasanya, tombol IDM yang ada di atas tampilan video tiba-tiba saja hilang. Hal ini tentu membuat sebagian bahkan semua pengguna kerepotan.

Dari yang awalnya bisa mendownload dengan lancar, malah tidak bisa mendownload sama sekali. Hal ini tentu membuat kamu cukup kesal. Awalnya lancar, sekarang malah tidak bisa. Jika mengalaminya, mungkin artikel ini bisa sedikit membantumu. Cek lengkapnya di bagian ini, ya. 

Apa Itu IDM dan Fungsinya?

Bagi yang belum tahu, IDM merupakan suatu software yang dapat dimanfaatkan untuk mendownload berbagai video di internet dengan mudah. IDM juga merupakan singkatan dari Internet Download Manager.

Software untuk pengunduhan video ini, dibuat oleh Tonec Inc. yang merupakan perusahaan teknologi dengan markas di New York, Amerika Serikat. Internet Download Manager menjadi salah satu software yang dikhususkan bagi setiap pengguna Windows.

Baca Juga :  Cara Ganti Emoji GB WhatsApp Andorid ke Emoji iPhone

Hal yang dibantu adalah proses pengunduhan. Sebelum IDM populer, ada banyak orang yang kesusahan mendownload berbagai tayangan video. Namun, semenjak adanya IDM proses download jadi lebih gampang dan cepat.

IDM juga memiliki cukup banyak keunggulan dibandingkan software download video di Windows lainnya. Salah satunya menawarkan user interface yang sederhana. Hal tersebut memang menjadikan IDM lebih gampang atau mudah digunakan.

Instruksi yang diberikan di dalamnya juga sederhana. Inilah yang membuat IDM cukup banyak digunakan oleh pengguna Windows yang ada di dunia. Cara kerja dari IDM pun sangat mudah dipahami.

Cara kerjanya yakni dengan membagi data unduhan sampai maksimal jadi enam belas bagian. Pembagian tersebut akan terus dilakukan selama proses unduhan berlangsung. Kemudian, IDM akan membagi kecepatan agar masing-masing bagian mendapatkan kecepatan download yang sama.

Saat terdapat satu bagian yang terhambat atau mengalami drop ketika proses pengunduhan, biasanya kecepatan pada bagian lain akan langsung dibagi untuk meningkatkan kecepatan download bagian yang drop.

Alhasil, penggunaan IDM terbilang lebih cepat saat digunakan untuk mendownload file dengan size besar. Ini juga menjadi poin keunggulan IDM dibandingkan platform download lainnya.

Kenapa Tombol IDM Tidak Muncul di YouTube?

Sebelum tahu tentang bagaimana cara mengatasi IDM tidak muncul di YouTube, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui lebih dulu. Hal tersebut adalah alasan mengapa tombol IDM tidak muncul di YouTube.

Biasanya setiap kasus memiliki penyebab tersendiri. Namun, alasan yang mendasarinya bisa dibagi menjadi beberapa kategori umum. Misalnya saja, IDM tidak muncul gara-gara penyebab berikut:

1. Ekstensi IDM Belum Dipasang Secara Benar

Penyebab pertamanya adalah kamu belum memasang ekstensi IDM dengan cara yang benar. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu mengetahui metode yang tepat untuk memasang sesuai dengan instruksi.

Baca Juga :  Cara Download Lagu Mp3 dari Youtube Dengan & Tanpa Aplikasi

Saat pemasangan dilakukan tidak sesuai instruksi, akan ada beberapa masalah yang terjadi. Salah satu masalahnya adalah logo atau tombol IDM tidak akan muncul di YouTube. Kamu pun jadi tidak bisa menggunakannya untuk download.

2. PC atau Laptop Tidak Support

Hal lain yang bisa membuat IDM tidak muncul di YouTube salah satunya PC atau laptop masih belum support IDM. Hal ini mungkin terjadi karena IDM pasti melakukan update di dalamnya.

Laptop atau PC yang tidak support tentu tidak bisa menggunakan IDM. Maka dari itu tak heran jika IDM tidak muncul di YouTube.

3. IDM Belum Diaktivasi

Ini menjadi masalah yang paling sering terjadi. IDM yang kamu gunakan belum diaktivasi. Biasanya, aktivasi dilakukan dengan memasukkan kode tertentu yang bisa didapatkan dengan membeli atau berlangganan.

Nah, ada banyak orang yang tidak ingin berlangganan namun tetap ingin menggunakan IDM. Alhasil, mereka memilih memasukkan crack code ke IDM. Memasukkan crack kode ke IDM bisa saja membuat proses atau layanan yang disediakan jadi error.

Dengan hal tersebut, mungkin kamu tidak perlu heran lagi saat mengetahui tombol IDM secara tiba-tiba tidak muncul.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube

Nah, sekarang baru waktunya kamu mengetahui bagaimana metode yang tepat mengatasi IDM tidak muncul di YouTube. Ada sejumlah langkah efektif yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa langkahnya:

1. Install Ulang IDM Extensions di Browser

Cara pertama bisa dengan melakukan install ulang IDM di browser. Cara ini wajib dilakukan jika penyebabnya melakukan penginstalan IDM tidak dengan benar. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka Browser yang digunakan. Jika pakai Google Chrome, pilih Extension dengan klik tiga titik menu.
  • Kemudian pilih More Tools.
  • Pilih Extensions.
  • Di bagian IDM Intergration Module, pilih Remove. Setelah itu akan muncul lagi pop-up untuk melakukan konfirmasi.
  • Klik Remove lagi.
  • Di Windows Explorer, pilih Computer.
  • Pilih Local Disk C.
  • Pilih Program File (x86).
  • Klik Internet Download Manager.
  • Carilah file ‘IDMGCExt.crx).
  • Klik lalu drag pada laman extensions Google Chrome.
  • Kemudian kamu akan ditampilkan pop-up baru sebelum melakukan install ulang IDM Integration Module.
  • Klik Add Extensions.
  • Setelah itu kamu akan mendapatkan notifikasi keberhasilan penginstalan Extensions di Google Chrome.
  • Jangan lupa untuk restart laptop lalu buka Google Chrome dan YouTube kembali.
  • Setelah melakukan cara ini, biasanya tombol IDM akan muncul lagi di YouTube.
Baca Juga :  5 Cara Memperkecil Ukuran PDF Melalui Aplikasi & Tanpa Aplikasi

2. Install Software IDM Lagi

Kalau install Extensions Google Chrome masih belum berhasil, kamu masih bisa melakukan cara lain. Cara tersebut adalah dengan menginstal software IDM sekali lagi. Bedanya, cara install ini bukan melalui ekstensi Google. Melainkan langsung menginstal file-nya. Berikut ini langkahnya:

  • Pertama, silakan download dulu IDM versi paling barunya.
  • Setelah itu, klik file Installer IDM yang ada.
  • Kemudian akan ada jendela installer yang muncul.
  • Klik Next sampai proses instalasi bisa dilakukan.
  • Biasanya kamu perlu klik Next beberapa kali.
  • Setelah itu akan muncul tombol Install. Klik tombol tersebut.
  • Nah, setelah memilih tombol Install, proses penginstalan IDM terbaru akan dimulai.
  • Pada tahap ini kamu bisa menunggu sampai prosesnya selesai.
  • Jika sudah selesai, sudah waktunya restart laptop ataupun PC.
  • Buka lagi browser dan cek apakah tombol download IDM sudah ada di YouTube atau tidak.

Penutup

Itulah cara mengatasi IDM tidak muncul di YouTube yang bisa kamu lakukan. Sekarang, tombol IDM akan muncul dan kamu bisa mendownload berbagai video YouTube sesuai keinginan.

error: Content is protected !!