Cara Mengatasi Layar Laptop yang Berkedip di Windows 7,8,10,11

MataramNews.co.id – Gangguan layar monitor yang berkedip bisa muncul di jenis monitor apapun serta versi windows berapapun, mulai dari Windows XP, Windows 7, Windows 8.1, hingga Windows 10.

Ada berbagai penyebab yang mengakibatkan layar laptop berkedip. Kemudian untuk cara mengatasi layar laptop yang berkedip bisa kamu baca sampai tuntas di artikel berikut ini. Saat ini teknologi monitor semakin berkembang, dulunya kita mungkin masih mengenal monitor tabung, tapi kini semakin dimudahkan dengan ketersediannya monitor LED hingga LCD.

Selain berukuran tipis, teknologi monitor sekarang juga datang dengan warna lebih tajam hingga resolusi yang tinggi.

Walau begitu, perkembangan teknologi monitor pun juga tak menutup kemungkinan ada masalah saat digunakan. Beberapa orang yang memakai Windows 10 ada yang bermasalah pada layar laptop berkedip [screen flickering].

Meski masih dapat dipakai untuk beraktivitas, tapi tentunya hal itu akan membuat kamu merasa kurang nyaman. Nah, agar lebih mengetahui lebih jauh gangguan seperti ini, kamu dapat menyimak beberapa faktor dan cara mengatasi layar laptop yang berkedip di bawah ini.

Faktor yang Membuat Layar Laptop/PC Berkedip

Faktor yang Membuat Layar Laptop/PC Berkedip

Gangguan seperti screen flickering bisa terjadi di jenis monitor dan Windows berapapun. Ada berbagai penyebab yang menimbulkan layar laptop berkedip, seperti bugs di sistem operasi, program yang kurang kompatibel, hingga driver bermasalah.

Beberapa penyebab layar laptop berkedip diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  4 Cara Cek Kuota 3 Dan Cara Membeli Kuota Internet Tri Murah

– Bugs di Sistem Operasi Windows 10

Mungkin saja problem seperti ini terjadi lantaran kesalahan pada Windows 10. Kalau dilihat di halaman update Windows 10, seringkali Microsoft melakukan perbaikan pada program yang kurang kompatibel dan juga driver.

– Program Kurang Kompatibel

Kemungkinan lainnya ialah program yang terinstal kurang kompatibel dengan laptop kamu. Biasanya dikarenakan resolusi layar terlalu kecil maupun refresh rate terlalu rendah.

– Ada Gangguan di Driver Tampilan [Display Adapter]

Apabila kamu mengalami gangguan layar berkedip setelah pembaruan di Windows, maka ada kemungkinan muncul konflik di tampilan driver. Kamu dapat memperbaikinya dengan uninstall atau mengupdate driver.

Cara Mengatasi Layar Laptop yang Berkedip

Cara Mengatasi Layar Laptop yang Berkedip

Setelah tahu beberapa faktor layar laptop atau PC berkedip, kini saatnya bagi kamu melakukan langkah-langkah perbaikannya. Cara pertama yang dapat dilakukan ialah dengan memeriksa Task Manager, menghapus aplikasi yang kurang kompatibel, hingga mematikan sejumlah services pada System Configuration. Saat melakukannya, kamu dapat mengikuti berbagai penjelesan dan tips di bawah ini.

1. Buka Task Manager

Cara mengatasi layar laptop yang berkedip pertama ialah memastikan apakah ada aplikasi yang kurang kompatibel atau drivernya bermasalah. Agar mengidentifikasi gangguan, kamu dapat memberiksa dengan buka Task Manager, kemudian ikuti petunjuk berikut:

  1. Tekan kombinasi tombol ESC + Shift + CTRL agar bisa masuk ke Task Manager.
  2. Apabila Task Manager laptop bekedip, mungkin driver tampilan ada masalah. Supaya bisa mengatasinya, kamu dapat memperbaiki driver dengan cara uninstall atau mengupdate driver.
  3. Tapi jika Task Manager tak berkedip, sedangkan situasi dilluar Task Manager berkedip, mungkin terdapat aplikasi yang kurang kompatibel.

2. Mematikan Service System Configuration

Sebelum memerika aplikasi yang tak kompatibel, kamu dapat coba mematikan ‘Windows Error Reporting Service’ dan ‘Problems Reports & Solution Control Panel’. Sejatinya fitur ini berguna melaporkan gangguan eror pada Windows ke Microsoft. Dari sejumlah informasi, cara berikut bisa membantu menangani gangguan layar berkedip:

  1. Tekan Windows + R guna masuk di jendela ‘Run’.
  2. Ketikkan msconfig lalu klik Enter agar dapat masuk ke ‘System Configuration’.
  3. Masuk di tab ‘Services’. Temukan serta hapus centang di services ‘Windows Error Reporting Service’ dan ‘Problem Reports & Solution Control Panel’.
  4. Pilih ‘Ok’ kemudian restart laptop kamu.
  5. Selesai.
Baca Juga :  Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Cepat Dan Halal

3. Memperbaiki Aplikasi yang Kurang Kompatibel

Cara mengatasi layar laptop yang berkedip selanjutnya ialah memperbaiki program yang tak kompatibel. Ada beberapa penyebab yang menimbulkan aplikasi ketika dibuka akan berkedip. Biasanya terjadi lantaran resolusi layar laptop serta refresh rate terlalu rendah, sampai masalah bugs atau error di program tersebut.

Selain itu, boleh jadi program yang diinstall tidak cocok dengan System Requirements serta kamu paksakan menginstallnya sehingga layap laptop akan berkedip.

Agar dapat memperbaiki masalah ini, kamu dapat uninstall atau memperbarui kemudian menggantinya dengan aplikasi yang kompatibel.

4. Memperbarui Aplikasi yang Bermasalah

  1. Buka ‘Microsoft Office’ yang digunakan.
  2. Pilih File > Account, kemudian lihat di ‘Office Updates’.
  3. Pilih Update Options > Update Now.
  4. Tunggu ‘Checking for Updates’ hingga proses pembaruan selesai dilakukan.
  5. Selepas di update, restart laptop.
  6. Selesai.

Selain memperbarui aplikasinya langsung, kamu bisa juga melakukannya lewat Microsoft Store. Petunjuknya adalah sebagai berikut:

  1. Klik Start Menu > temukan lalu pilih ‘Microsoft Store’.
  2. Pilih icon titik tiga yang berada di pojok atas.
  3. Klik ‘Download & Updates’.
  4. Pilih ‘Get Updates’ agar mengupdate aplikasi.
  5. Tunggu hingga proses pembaruan selesai dilakukan.
  6. Done.

Apabila dengan memperbarui aplikasi belum mengatasi gangguan yang muncul, kamu bisa coba uninstall program lalu menggantinya dengan program baru.

5. Mengupdate Windows

Cara mengatasi layar laptop yang berkedip juga dapat dilakukan dengan memperbarui Windows. Masalah mungkin tak hanya terjadi di driver atau aplikasi, tapi juga bisa di sistem Windows. Kalau dilihat di halaman update Windows, maka Microsoft akan selalu meningkatkan performa, fitur, serta perbaikan di driver Windows atau program.

  1. Buka Settings > Update and Security > Windows Update.
  2. Pilih ‘Check for Updates’ agar bisa melihat Windows di versi terbaru.
  3. Kalau ada, silahkan kamu mengupdate hingga selesai.
  4. Setelahnya restart laptop atau komputer kamu.
  5. Selesai.
Baca Juga :  Cara Salin ID FF Untuk H4ck Akun Free Fire Sultan Orang Lain Gratis

6. Memperbaiki Gangguan Driver Tampilan

Langkah berikutnya ialah menghapus atau memperbarui dirver display kemudian mengganti dengan yang baru. Saat mengupdate sistem, maka Windows dengan otomatis bakal mengudpate driver usang atau lama.

Hal itu dilakukan supaya sistem selalu optimal dan stabil saat digunakan. Tapi, beberapa perangkat kadang tak berjalan dengan lancar dan perlu mengupdate driver dengan manual.

Saat ingin menghapus atau update driver, kamu dapat mengikuti tutorial berikut ini:

  1. Klik kanan di Start Menu kemudian klik Device Manager.
  2. Lihat di Display Adapter.
  3. Klik kanan di driver yang harus di uninstall atau update.
  4. Apabila memilih Update Device, maka kamu harus memiliki ‘Search automatically for Drivers.
  5. Kalau memilih uninstall, maka konfirmasi dengan uninstall.
  6. Apabila sudah, kamu dapat memilih ‘Close’.
  7. Done.

Penutup

Selain mengganggu pandangan, layar berkedip bisa juga mengakibatkan mata sakit. Jika dengan seluruh tips diatas tidak menyelesaikan masalah yang ada, mungkin ada kerusakan di monitor, kabel, hingga kartu grafis. Tapi hal itu tentu jelas, kamu dapat melihat di area port VGA yang mungkin kotor atau berdebu.

Apabila memang demikian, coba kamu membersihkan lalu hubungkan lagi. Semoga saja kerusakan tak terjadi di hardware serta layar monitor laptop kamu bisa kembali digunakan secara normal.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi layar laptop yang berkedip yang bisa kamu lakukan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan terima kasih.

error: Content is protected !!