Tips Membuat dan Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan Yang Tepat

MataramNews.co.id – Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan bisa kalian terapkan dengan mudah ketika membuat surat lamaran pekerjaan tersebut. Pasalnya, tips untuk melamar pekerjaan ini tidak hanya berfokus pada Curiculum Vitae (CV), melainkan harus memperhatikan beberapa hal penting lainnya yaitu surat lamaran kerja. Karena, peran surat lamaran pekerjaan ini sangat penting ketika akan melamar pekerjaan.

Keunggulan utama dari surat lamaran kerja ini adalah memudahkan kalian agar tidak perlu datang langsung ke perusahaan. Dengan begitu, pihak HRD juga akan lebih mudah mengetahui kepribadian lewat surat lamaran tersebut. Pastikan untuk membuat surat lamaran ini sebaik mungkin dan hindari penggunaan kalimat yang santai. Bagian terpenting pada surat lamaran ini adalah di kalimat penutup. Dan kalian tidak boleh membuatnya secara asal-asalan.

Pasalnya, terdapat sebuah tips yang harus kalian perhatikan, karena proses pembuatan surat lamaran ini akan mempengaruhi keputusan HRD nanti. Baik dari segi Bahasa, yaitu menggunakan Bahasa sopan, formal, baku dan sesuai dengan PUEBI. Dan semua isi surat dari kata pengantar hingga penutup harus dibuat sebaik mungkin. Agar kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan ini menjadi lebih mudah.

Di akhir kalimat penutup surat lamaran sendiri, sering kali di temukan kalimat yang kurang baik karena sebagian dari HRD akan mengharapkan kalimat penutup sebaik mungkin. Oleh karena itu, di ulasan ini mataramnews.co.id akan membagikan beberapa Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan untuk bisa kalian coba. Simak selengkapnya sebagai berikut.

Komponen Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan

Kalian wajib memperhatikan beberapa kalimat penutup surat lamaran pekerjaan dengan benar. Hal ini akan mempengaruhi kualitas dan menjadi penilaian tersendiri bagi HRD. Dan untuk membuat kalimat penutup yang tepat kalian bisa melihat komponen nya terlebih dahulu yang akan kami berikan dibawah ini.

Baca Juga :  0813 Kartu Telkomsel Apa, Dari Daerah Mana ? Inilah Penjelasan

Mengucapkan Terimakasih

Tentu saja kalian wajib mengucapkan kata terimakasih di penutup surat lamaran pekerjaan tersebut. Kemungkinan besar, para HRD akan meluangkan waktu mereka untuk memeriksa beberapa surat lamaran secara detail dari para kandidat calon pekerja dengan hati-hati. Maka dari itu, kalian tidak boleh melewatkan kalimat ini.

Membuat Kalimat Penutup

Proses pembuatan kalimat penutup sendiri, pastikan untuk berfokus pada apa yang diberikan oleh pihak perusahaan yang kalian lamar. Dan bukan yang perusahaan berikan kepada kalian nanti. Karena hal ini memiliki poin-poin tersendiri, dan kalian wajib memperhatikannya.

Tuliskan Minat

Jangan lupa untuk menuliskan minat pada surat lamaran tersebut mengenai jenis pekerjaan yang kalian lamar tersebut. Dengan begitu, kalian bisa menggambarkan suatu harapan pada pekerjaan tersebut kepada pihak HRD.

Tuliskan Tujuan

Selain minat, kalian bisa menuliskan tujuan dari perusahaan dengan baik dan benar. Kalian bisa menyampaikan sebuah pratinjau rencana masing-masing untuk mencapai tujuan ini. Hal ini juga bisa menarik perhatian HRD, kalian bisa menemukan tujuan bisnis perusahaan yang dilamar dengan melihat job desk nya atau dari situs resmi perusahaan tersebut.

Akhir Kalimat Penutup

Dan di kalimat penutup terakhir surat lamaran kerja ini, kalian wajib memberikan salam hormat dengan Bahasa yang santun namun tetap professional. Misalnya, dengan kata hormat, hormat kami, salam dan lainnya.

Kesalahan Dalam Penulisan Penutup Surat Lamaran Pekerjaan

Ketika menulis surat lamaran pekerjaan, banyak dari kalian yang tidak terlalu memperhatikan komponen didalamnya. Terlebih dari segi Bahasa yang diberikan. Dan untuk fresh graduate yang akan melamar pekerjaan, maka bisa melihat beberapa Kesalahan Dalam Penulisan Penutup Surat Lamaran Pekerjaan yang wajib kalian perhatikan. Dan silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Terlalu Santai

Ketika membuat surat lamaran pekerjaan ini, pastikan untuk memberikan kalimat penutup dengan menggunakan Bahasa yang sopan dan formal. Pastikan jangan terlalu santai, layaknya tengah berkomunikasi dengan kerabat dan lainnya. Dan dibagian salah sendiri kalian bisa menggunakan kata, salam hangat, semoga harimu menyenangkan dan Bahasa sopan lainnya.

Baca Juga :  Kode Bank BRI dan Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain

Tidak di Koreksi Ulang

Kebanyakan dari pihak kandidat terlalu menyepelekan ketika proses pembuatan surat lamaran ini terlebih di kalimat penutup. Sebaiknya untuk mengoreksinya secara berulang untuk menghindari kesalahan baik typo dan sebagainya. Karena satu kesalahan saja kalian akan dianggap tidak teliti ketika menulis surat lamaran pekerjaan.

Terlalu Percaya Diri

Calon pelamar sendiri kerap sekali melakukan kesalahan yang paling umum yakni terlalu percaya diri. Ketika menuliskan kalimati penutup, pastikan untuk tidak menggunakan anda akan menyesal jika tidak menerima saya, tidak ada yang bisa dibandingkan dengan saya? Dan kalimat tidak baik lainnya. Tentu saja kalimat tersebut bentuk kepercayaan diri mereka, namun tahu kah kalian bahwa cara ini akan menghilangkan kesempatan kalian bekerja diperusahaan tersebut.

Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan dengan baik dan benar. Kalian bisa membuatnya dengan mudah, dan perhatikan beberapa contohnya secara lengkap untuk bisa kalian ikuti. Pastikan untuk menerapkan semua tips yang akan kami share dibawah ini.

Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

  • Saya menantikan diskusi dengan Bapak/Ibu untuk menjelaskan kontribusi yang dapat saya berikan bagi perusahaan. Saya percaya visi, nilai, dan pengalaman saya sejalan dengan apa yang Anda cari. Terima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk meninjau surat lamaran kerja ini.
  • Terima kasih telah meluangkan waktu untuk meninjau surat lamaran pekerjaan ini. Saya berharap bisa membawa keahlian dan pengalaman saya ke tempat seperti perusahaan Anda, di mana saya bisa berkontribusi untuk kesuksesan perusahaan. Harap jangan ragu untuk menghubungi saya di (sebutkan email dan nomor kontak) jika Anda memerlukan informasi tambahan.
  • Saya menghargai waktu dan pertimbangan Anda. Semoga keterampilan dan pengalaman saya selaras dengan kebutuhan perusahaan. Saya lampirkan resume sebagai pertimbangan tambahan untuk Anda. Pekerjaan yang (perusahaan) lakukan di bidang (lini pekerjaan) ini sangat menarik dan saya yakin bisa menjadi bagian penting dari tim.
  • Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda. Semoga saya bisa mendapatkan kesempatan menunjukkan bagaimana saya dapat membantu tim untuk mencapai tujuan organisasi. Saya percaya keterampilan dan motivasi saya menjadikan saya aset potensial yang hebat. Apabila Anda memerlukan informasi lain, saya dapat dihubungi di (telepon atau email).
  • Bersama dengan surat lamaran ini, saya sertakan dokumen CV yang bisa memperjelas mengenai latar belakang saya. Demikian surat lamaran ini, besar harapan saya agar lamaran ini dapat diterima. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.
Baca Juga :  3 Cara Cek NISN Dengan Nama Untuk Ketahui Identitas Pelajar

Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan Singkat

  • Demikian surat lamaran kerja yang saya ajukan ini. Semoga bisa menjadi pertimbangan perusahaan untuk meloloskan saya ke tahap berikutnya. Saya dapat dihubungi di (kontak) jika ada informasi yang kurang lengkap. Terima kasih atas kesempatannya.
  • Saya sangat berharap Bapak/Ibu berkenan untuk memberikan saya kesempatan membuktikan diri di perusahaan ini. Semoga kriteria yang saya sertakan dalam CV sesuai dengan harapan Anda.
  • Atas segala perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih. Semoga dalam waktu dekat saya mendapat kabar baik dari Anda.
  • Besar harapan saya untuk bisa mendapatkan kesempatan wawancara sehingga bisa menjelaskan potensi dalam diri saya dengan lebih baik lagi. Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.
  • Semoga surat lamaran kerja ini dapat menjadi pertimbangan untuk meloloskan saya pada tahap wawancara. Atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai Contoh Penutup Surat Lamaran Pekerjaan untuk bisa kalian buat sekarang juga, pastikan untuk menggunakan Bahasa yang sopan. Dan silahkan ikuti semua tips yang telah kami berikan diartikel ini. Semoga bermanfaat untuk semuanya dan nantikan informasi lainnya dari kami. Sekian dan terimakasih.

error: Content is protected !!