MataramNews.co.id – Setiap perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang akan membantu mengelola perusahaan dengan baik. Namun, di perlukan karyawan yang pintar pada bidangnya masing-masing. Selain itu, mencari karyawan perusahaan sendiri bisa kalian lakukan dengan mudah. Misalnya memasang iklan lowongan pekerjaan di internet atau menggunakan cara manual. Maka dari itu, kalian wajib mengetahui bagaimanan cara membuat contoh lowongan pekerjaan.
Jika kalian memahami tentang proses pembuatan lowongan pekerjaan ini, maka kesempatan untuk mencari kandidat karyawan menjadi lebih mudah. Tidak dipungkiri jika banyak calon karyawan yang akan tertarik dan ingin mencoba mendaftarkan diri pada perusahaan tersebut. Sebagai pencari kerja, tentu saja kalian sudah banyak melihat beberapa contoh lowongan kerja.
Informasi lowongan pekerjaan merupakan sebuah pengumuman yang berisi informasi kepada khalayak publik ke jika perusahaan sedang mencari karyawan yang tepat sesuai dengan syarat dan deskripsi yang diberikan. Selain itu, job desk juga akan menjelaskan mengenai perusahaan dan benefit yang didapatkan ketika bekerja di perusahaan tersebut. Maka dari itu, penting untuk kalian membuat lowongan kerja dengan mudah. Dan kami akan berikan beberapa Contoh Lowongan Pekerjaan dibawah ini.
Cara Membuat dan Contoh Lowongan Pekerjaan
Pada umumnya, iklan lowongan pekerjaan ini akan dibagikan ke internet atau dilakukan secara manual. Namun, proses pencarian tenaga kerja melalui internet jauh lebih mudah. Kalian bisa memanfaatkan beberapa media sosial, koran, website, halaman pekerjaan dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun kalian wajib memperhatikan bagaimana Contoh Lowongan Pekerjaan yang menarik. Ketahui beberapa tips yang harus diperhatikan ketika menulis loker tersebut dibawah ini.
Posisi Pekerjaan
Tips pertama adalah tentang posisi pekerjaan yang harus kalian tulis secara detail, akurat, dan jelas. Dan posisi pekerjaan sendiri biasanya di tulis sebagai headline pada iklan loker. Kalian juga bisa membuatnya semenarik mungkin dengan mudah.
Informasi tentang Perusahaan
Kalian wajib mencantumkan informasi tentang perusahaan ketika membuat iklan loker tersebut. Pastikan untuk membuatnya secara singkat dan jelas, jangan menggunakan penulisan informasi yang panjang karena tidak relevan pada iklan lowongan kerja yang akan kalian buat nanti.
Deskripsi Pekerjaan
Hal terpenting lainnya adalah tentang deskripsi pekerjaan yang diberikan pada laman iklan loker tersebut. Hal ini juga akan membantu kandidat agar bisa memahami tugas serta tanggung jawab pada lowongan pekerjaan yang ada.
Kriteria/Syarat Kandidat yang Dicari
Bagian terpenting lainnya adalah dengan memasukkan Kriteria/Syarat Kandidat yang Dicari oleh perusahaan. Hal ini akan memudahkan para pencari kerja untuk mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan tersebut.
Tunjangan yang Diberikan
Bukan hanya gaji saja yang kalian cantumkan didalam iklan loker ini, pasalnya kalian wajib memberikan informasi seputar Tunjangan yang Diberikan oleh perusahaan tersebut. Bukan hanya faktor gaji, tunjangan sendiri menjadi hal yang sangat penting agar bisa mempertimbangkan kandidat untuk mengirimkan CV atau sebaliknya.
Lokasi Bekerja
Lokasi pekerjaan menjadi hal yang sangat penting, karena para kandidat juga akan mempertimbangkannya ketika akan melamar pekerjaan. Kalian bisa mencantumkan Tunjangan yang Diberikan didalam iklan lowongan pekerjaan ini dengan jelas dan akurat. Dan bisa cantumkan system kerja perusahaan misalnya online, hybrid dan sebagainya.
Instruksi untuk Melamar
Dan informasi selanjutnya adalah terkait Instruksi untuk Melamar. Kalian bisa menuliskan langkahnya secara detail, jelas dan to the point. Jadi kalian bisa memudahkan para calon karyawan untuk mengirimkan CV serta dokumen yang dibutuhkan. Dan yang terpenting adalah mencantumkan kontak seperti E-mail, dan nama HRD.
Tips Memasang Iklan Lowongan Pekerjaan
Dan beberapa hal penting lainnya yang harus kalian perhatikan adalah terkait tips memasang iklan lowongan pekerjaan tersebut. Banyak sekali poin-poin didalamnya yang wajib diketahui. Untuk mengetahuinya lebih detail, silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.
Lakukan Penelitian
Langkah pertama yang harus kalian perhatikan ketika membuat iklan loker ini adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan iuntuk melakukan browing dan tulis list pekerjaan yang sama, mengumpulkan review karyawan dan cari profil pada Linked-In. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kalian agar bisa mendapatkan gambaran mengenai posisi yang sedang dicari, jadi kalian dapat menuliskan job desk secara detail dan jelas.
Berdiskusilah dengan karyawan tempatmu bekerja
Jangan lupa untuk melakukan diskusi dengan karyawan satu perusahaan. Kalian bisa mengajukan pertanyaan kepada mereka tentang apa yang mereka sukai pada perusahaan atau kantor tersebut. Selain itu, opini atau masukan ini akan membantu kalian untuk meningkatkan internal operations. Dan akan membantu kalian untuk bisa menampilkan nilai plus dari perusahaan.
Cek dan Baca Kembali
Tips selanjutnya adalah dengan mengecek dan membacanya kembali sebelum kalian memposting iklan lowongan pekerjaan tersebut. Pastikan jika semuanya sudah benar dan hindari typo pada isi iklan loker tersebut. Karena kesalahan iklan pada postingan iklan loker ini akan mempengaruhi kandidat di perusahaan.
Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan
Posisi pekerjaan:
Admin Staff
Informasi tentang perusahaan:
PT Bahari Sidoarja
Berdiri sejak tahun 2015, PT Bahari Sidoarja bergerak di bidang e-commerce dan barang-barang import. Memiliki 20+ cabang di seluruh Indonesia dan 500+ cabang di Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Hongkong. Memiliki lingkungan kantor yang nyaman dengan beragam fasilitas dan budaya kerja yang fast-pace.
Deskripsi pekerjaan:
Mengurus hal-hal administratif seperti membalas telepon dan e-mail.
Menginput data penjualan harian.
Merapikan dokumentasi dan administrasi perusahaan.
Membuat SOP administrasi yang baik dan teratur.
Syarat kandidat yang dicari:
Minimal lulusan D3/S1 (Fresh Graduate are welcome to apply).
Menguasai Microsoft Office: Word dan Excel.
Skill komunikasi dan interpersonal yang baik.
Jujur, disiplin, teliti, dan mampu bekerja sama dalam tim.
Sudah vaksin booster Covid-19.
Menguasai minimal 1 bahasa asing (Inggris/Mandarin/Cantonese) selain bahasa Indonesia.
Tunjangan yang diberi :
Asuransi BPJS
Gaji pokok 4-5 juta
Makan siang gratis di kantor
Lokai bekerja
Wijaya Alam Sutera, Indonesia
Instruksi melamar
Silakan mengirimkan CV, sertifikat vaksin Covid-19, ijazah, dan dokumen pendukung lainnya ke e-mail [email protected], aplikasi ditujukan kepada bapak HRD Sulai.
Contoh Lowongan Pekerjaan
Posisi pekerjaan: Junior Accountant
Informasi tentang perusahaan:
PT CashFlow Indonesia
Kami adalah platform keuangan P2P lending yang berizin dan diawasi oleh OJK. Berdiri sejak tahun 2012 dan telah menjembatani lebih dari 100,000 penerima pinjaman dan pemberi pinjaman dalam 10 tahun terakhir.
Deskripsi pekerjaan:
Pembukuan perusahaan (profit and loss, balance sheet) dan anak buahnya.
Membuat laporan dan pelaporan perpajakan (rekapitulasi pajak, PPn, PPh, dll).
Akan ada perjalanan dinas minimal 1 tahun 1x.
Berkoordinasi dengan user dan bidang marketing untuk menjalankan tugas harian.
Syarat kandidat yang dicari:
Minimal lulusan S1 di bidang akuntansi/keuangan/perbankan, dll.
Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang akuntansi.
Jujur, teliti, dan mampu berkomunikasi/bekerja sama dalam tim.
Diutamakan kandidat yang berumur di bawah 30 tahun.
Bersedia bekerja dibawah tekanan dan bersedia bekerja dengan sistem SHIFT, termasuk weekend.
Menguasai perpajakan dan bisa mengoperasikan Microsoft Excel dengan berbagai rumusan.
Gaji akan disesuaikan dengan pengalaman kerja kandidat.
Tunjangan yang diberi:
Asuransi BPJS.
Jujur, teliti, dan mampu berkomunikasi/bekerja sama dalam tim.
Gaji pokok 5-6 juta (Gaji pokok belum termasuk gaji lembur).
Lokai bekerja
Jl. Bijaksana 25, Surabaya, Indonesia
WFO
Instruksi melamar
Mohon mengirimkan CV, ijazah, sertifikat, dan dokumen lainnya melalui website CakeResume, selambat-lambatnya pada tanggal 25 Agustus 2022.
Contoh Iklan Pekerjaan yang Baik dan Benar
Posisi pekerjaan: Graphic Designer
Informasi tentang perusahaan:
PT Media Digitalmu Indonesia
Bergerak di bidang Media Digital dan telah bekerja sama lebih dari 500,000 klien di Indonesia, Malaysia, Hongkong, dan Singapura. Merupakan perusahaan cabang dari Singapura yang berdiri sejak tahun 2008. Hingga kini, telah ada 60 kantor cabang di seluruh Indonesia.
Deskripsi pekerjaan:
Mendesain halaman website, brosur, majalah, konten promosi, konten media sosial, dan laporan tahunan iklan sesuai instruksi user dan klien.
Memadukan seni visual dan bahasa dalam sebuah desain untuk menyampaikan pesan tertentu.
Menyampaikan pesan secara unik dan kreatif.
Membuat draft untuk dipresentasikan kepada klien dan membuat revisi berdasarkan feedback yang diterima.
Syarat kandidat yang dicari:
Minimal lulusan S1 Jurusan Animasi, Desain Grafis, DKV, dan bidang setara lainnya.
Memiliki skill komunikasi dan kreativitas, serta dapat mempresentasikan hasil dengan baik kepada user maupun klien.
Terlatih untuk mendesain menggunakan aplikasi Adobe Photoshop/Adobe Illustrator.
Memiliki manajemen waktu yang baik dan mampu bekerja sama dalam tim.
Mampu bekerja dibawah tekanan dan deadline.
Tunjangan yang diberi:
Asuransi BPJS
Gaji pokok 7,5 juta (Belum termasuk gaji lembur)
Lokasi bekerja:
Office The Cover, Pluit Utara No. 23, Jakarta Utara
Instruksi melamar:
Silakan mengirimkan CV, ijazah, portofolio desain dan dokumen pendukung lainnya ke website www.mediadigitalmu/careers. Aplikasi ditujukan kepada ibu HRD Wati.
Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Bahasa Inggris
Role: Associate Front End Developer [React]
About us:
James SLC
Founded in 2001, with a presence in over 170 countries, we are one of the biggest technology companies on the planet. James SLC is a company that focus on working on emerging technologies like machine learning, AI, and blockchain to solve critical real-world problems.
Our tech stacks:
React.js, Node.js, Next.js, Webpack, Ruby on Rails, Flutter, PostgreSQL, Heroku
Job Description:
Use coding programs to create and design Media Digital websites.
Creating and testing API.
Work on Media Digital documentation to help track all aspects and improve the quality of the site.
Solving problems that occur after launching the websites.
Ensuring the alignment of user experience and web design requirements
Qualifications:
Bachelor/Master degree in Computer science and related fields.
Maximum 2 years experience in developing front end web applications.
Familiarity with Redux and React
Solid knowledge of JavaScript
Able to communicate in Bahasa and English.
Good interpersonal skills and team-work.
Candidates who can join ASAP will be prioritized.
Benefits:
Health Insurance
Retirement Saving
Family and Medical Leave
Location:
Hero Tower, Jl. Pahlawan No. 37A, Jakarta Selatan
Hybrid working
How to apply:
Apply through LinkedIn or JobStreet.
Penutup
Sekian saja ulasan mengenai Contoh Lowongan Pekerjaan yang bisa kalian buat secara langsung. Jadi kalian bisa melihat semua tips diatas untuk bisa membuatnya dengan mudah. Dan nantikan informasi lainnya dari kami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya, sekian dan terimakasih.