Standar Ukuran Foto 3R Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

MataramNews.co.id – Foto bisa dicetak dengan berbagai macam ukuran. Salah satunya adalah ukuran foto 3R. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui sebenarnya berapa ukuran dari foto jika dituliskan dalam satuan inci ataupun centimeter. Jelas, ukuran ini dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin mencetak foto miliknya.

Mencetak foto bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya bisa menjadi kenang-kenangan. Foto yang diabadikan dalam kamera, mungkin akan tersimpan secara digital. Namun, foto yang tersimpan secara digital atau hanya berbentuk file saja seperti tidak menampilkan kesan apapun.

Berbeda jika kamu mencetak foto yang ada. Biasanya suasana jadi semakin berkesan. Kebutuhan cetak foto tidak hanya untuk kenang-kenangan saja. Bahkan juga dibutuhkan ketika ingin melamar pekerjaan. Banyak perusahaan yang memberikan syarat melamar pekerjaan yang salah satunya adalah foto cetak.

Ukuran foto bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Setiap kebutuhan mewakili ukuran dari masing-masing foto. Kalau butuh foto yang kecil, maka kamu bisa cetak ukuran foto 3R. Sedangkan jika membutuhkan foto yang lebih besar, kamu bisa menggunakan foto dengan ukuran 30R yang merupakan ukuran foto paling besar.

Penggunaan Ukuran Foto 3R

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, masing-masing ukuran foto memiliki fungsi atau kegunaannya masing-masing. Termasuk juga dengan ukuran foto 3R. Jenis foto satu ini berukuran kecil dan akan sangat mudah ditemukan sebagai foto dalam dompet.

Selain itu, foto dengan ukuran 3R juga terkadang digunakan untuk beberapa hal yang non-formal seperti hanya mengabadikan kenangan bersama dengan orang yang paling disayangi.

Baca Juga :  Standar Ukuran Foto 2R, 3R, 4R, 10R Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

Sangat jarang juga ditemukan ada foto 3R yang menggunakan bingkai. Tentu saja alasannya karena foto ini memang berukuran cukup kecil dan bahkan bisa masuk ke dalam dompet.

Macam-macam Ukuran Cetak Foto

Ada beberapa macam ukuran cetak foto yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah ukuran foto 3R. Setiap ukuran foto biasanya mempunyai fungsi atau kegunaan masing-masing. Perbedaannya tentu pada panjang dan tinggi foto. Berikut rincian lengkap tentang ukurannya:

1. Ukuran Foto 30R

Ukuran foto 30R merupakan ukuran yang paling besar dibandingkan ukuran lainnya. Biasanya, ukuran standar yang ditetapkan adalah 100 cm x 75 cm. Sedangkan dalam satuan inci yakni 40 inci x 30 inci. Jika dikonversikan menjadi milimeter maka ukurannya yakni 762 x 1016 mm.

Ukuran ini biasanya dipakai untuk semacam foto keluarga. Pada umumnya, foto dengan ukuran 30R akan dipajang di ruangan yang terlihat oleh orang lain seperti ruang tamu.

Tidak hanya itu saja. Biasanya ukuran 30R akan digunakan untuk foto pernikahan yang bisa dikenang selamanya, maupun foto panorama yang akan membuat ruangan jadi tampak lebih indah.

Jadi, sebenarnya ukuran foto 30R ini sangat tepat digunakan jika kamu ingin menampilkan suatu kenangan ataupun memperindah ruangan dengan foto-foto yang berkesan.

2. Ukuran Foto 24R dan 20R

Ukuran selanjutnya yang lebih kecil dibandingkan ukuran 30R adalah ukuran foto 24R dan 20R. Mengenai ukuran detailnya, foto 24R menggunakan ukuran 60,9 cm x 80 cm. Dalam milimeter yakni 609 mm x 800 mm.

Selain itu juga ada ukuran 24R+ yang memiliki ukuran 60,9 cm x 90,1 cm atau berbeda sekitar 10 cm untuk tingginyal. Sedangkan untuk foto 20R memiliki ukuran 50,8 cm x 60,96 cm atau setara dengan 20 inci x 24 inci. Dalam satuan milimeter yakni 609 x 901 mm.

Biasanya jika ingin mencetak dengan ukuran ini, kamu diwajibkan menggunakan printer khusus dan bukan seperti printer yang digunakan pada umumnya. Printer yang digunakan biasanya berukuran lebih besar dibandingkan printer biasa.

Baca Juga :  Standar Ukuran Foto 5R Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi Dan Pixel

3. Ukuran Foto 16R

Ada juga ukuran foto 16R yang menggunakan satuan ukuran 40,64 cm x 50,8 cm. Ukuran tersebut setara dengan 16 inci x 20 inci. Jika dibandingkan, ukuran ini dua kali lebih besar dari kertas A4 atau bisa dengan langsung menggunakan kertas ukuran A3. Dalam satuan milimeter yakni 406 x 508 mm.

4. Ukuran Foto 12R

Pun ada foto dengan ukuran 12R yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran foto sebelumnya. Ukuran foto ini adalah 30,48 cm x 39,37 cm atau setara dengan 12 x 15,5 inci. Adapun ukuran dalam milimeter yakni 305 x 381 mm.

Kalau kamu mencetak ukuran foto ini, maka kamu bisa meminta jasa laminating sekaligus. Harganya mungkin tambah mahal tapi laminating akan membuat foto dengan ukuran 12R jadi lebih aman dan bisa disimpan dengan baik.

5. Ukuran Foto 10R

Selanjutnya ada ukuran yang biasanya hanya digunakan untuk satu foto potrait saja. Dengan kata lain, ukuran ini memang biasa digunakan untuk foto individu. Ukurannya adalah 10R.

Dalam foto 10R, ukurannya adalah 25 cm x 30,48 cm atau setara dengan 10 x 20 inci. Guna mencetak foto ini, kamu bisa menggunakan A4 yang memang hanya cukup berisikan satu foto saja. Sedangkan untuk ukuran milimeternya yakni 254 x 305 mm.

Pada umumnya, ukuran foto 10R digunakan untuk cetak foto individu atau pribadi yang dipajang di ruangan kecil atau sempit.

6. Ukuran Foto 8R

Ada juga satuan ukuran foto 8R. Dalam sentimeter, ukurannya lebih kecil dibandingkan 10R yakni 20,32 cm x 25,4 cm atau setara dengan 8 inci x 10 inci. Ukuran ini relatif lebih kecil dan bisa dipesan dengan harga yang cukup murah. Nah, untuk ukurannya dalam satuan milimeter yakni 203 x 254 mm.

7. Ukuran Foto 5R

Selanjutnya ada ukuran foto 5R. Dalam sentimeter ukurannya yakni 12,7 cm x 17,78 cm atau sama dengan 5 inci x 7 inci. Khusus untuk ukuran ini, jika menggunakan kertas A4 maka sudah cukup untuk diisi dengan dua foto di sebelah kanan-kiri. Dalam satuan milimeter ukurannya yakni 127 x 178 mm.

Baca Juga :  Standar Ukuran Foto 2R Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

Hasil foto biasanya lebih bagus. Apalagi jika pihak pencetak foto menggunakan alat pemotong dan bisa menggunakan teknik pemotongan yang tepat.

8. Ukuran Foto 4R

Untuk foto 4R, ukurannya adalah 10,16 cm x 15,24 cm atau sama dengan 3,5 x 5 inci. Ukuran foto ini memang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Pada umumnya dipakai untuk foto pribadi ataupun foto keluarga. Dalam satuan milimeter maka ukurannya yakni 102 x 152 mm.  

Dari satu kertas A4 yang digunakan, biasanya dapat memuat sampai 4 foto sekaligus dengan ukuran yang pas.

9. Ukuran Foto 3R dan 2R

Selanjutnya adalah ukuran foto 3R. Mengenai ukurannya dalam sentimeter yakni 8,9 cm x 12,7 cm. Dalam satuan inci yakni 3,5 x 5 inci. Dalam satuan milimeter maka ukurannya 88,9 x 127 mm. Ukuran ini merupakan terbilang sangat kecil dan bahkan yang paling sering dipakai.

Meskipun ada ukuran 2R yang hanya punya ukuran 6,35 cm x 8,89 cm, adapun dalam satuan milimeter ukurannya yakni 63,5 x 88,9 mm. Biasanya masyarakat sudah menganggap foto dengan ukuran 3R-lah yang paling kecil. Standar ukuran ini banyak digunakan tentu karena beberapa alasan.

Misalnya saja, foto ukuran 3R biasanya dipakai untuk mencetak foto pelajar saat ingin mendaftar ke sekolah. Biasanya juga dengan mudah ditemukan dalam rapor maupun ijazah.

Harga untuk mencetak ukuran foto 3R ini juga sangat murah. Rata-rata per fotonya hanya dikenakan biaya sebesar Rp 500 saja.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai ukuran foto 3R dan juga beberapa satuan ukuran untuk cetak foto lainnya. Sekarang, kamu jelas lebih tahu lebih rinci tentang ukuran masing-masing foto.

error: Content is protected !!