Standar Ukuran Kartu Nama di Photoshop, Word, Dan Pixel

MataramNews.co.id – Peran media sosial tentu tidak sepenuhnya menggantikan peran kartu nama sebagai pengenal. Kartu nama masih menjadi salah satu barang esensial yang sangat dibutuhkan entah itu untuk pekerjaan maupun kebutuhan lainnya. Sangat penting bagi kamu mengetahui ukuran kartu nama yang digunakan di berbagai negara.

Masing-masing negara memiliki ketentuan masing-masing atas ukuran dari kartu nama yang digunakan. Standar dari ukuran tersebut memang wajib diketahui apalagi jika kamu ingin melakukan networking ke berbagai negara. Meskipun saat ini sudah banyak aspek yang berpindah ke ranah digital, kartu nama masih memiliki fungsi penting.

Contohnya saja, kamu mungkin sudah bisa berkenalan melalui media sosial masing-masing orang. Tapi, fungsi dari kartu nama ini bisa saja masih tidak tergantikan. Apalagi kalau kamu berada dalam pertemuan formal untuk keperluan bisnis maupun pekerjaan. Kartu nama jadi satu barang wajib yang mestinya dipersiapkan.

Kelihatannya sepele, tapi urusan kartu nama jangan sampai dikesampingkan. Memang ada standar tertentu yang diterapkan di beberapa negara untuk pembuatan kartu nama. Nah, bagi kamu yang sering melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri, baiknya ketahui beberapa ukuran kartu nama berikut ini.

Ukuran Kartu Nama di Berbagai Negara

Pada umumnya ukuran dari kartu nama di setiap negara itu berbeda-beda. Memang terdapat sejumlah standardisasi yang diterapkan untuk masing-masing negara. Saat kamu mengunjungi negara tertentu, baiknya sesuaikan kartu nama dengan size standar dari mereka:

Baca Juga :  Standar Ukuran Foto 5R Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi Dan Pixel

1. Standar Nasional Indonesia (SNI)

Nah, untuk ukuran kartu nama di negara Indonesia, biasanya menggunakan ukuran 90 x 55 mm atau 9,5 x 5,5 cm. Ukuran ini hampir sama dengan beberapa negara lain seperti Denmark, Australia, Taiwan, dan juga New Zealand.

Jika memang sedang berada di Indonesia dan beberapa negara di atas, kartu nama dengan size tersebut akan diakui keberadaannya. Dengan kata lain kamu bisa membagikan kartu nama tersebut ke warga negara yang telah disebutkan.

Sedangkan jika kamu tidak menggunakan ukuran kartu nama ini atau tidak sesuai standar, mungkin tidak akan diterima dengan baik meskipun ketika awal memberikannya mereka akan menerimanya dengan senyuman.

2. Standar Jepang

Negeri Sakura ini juga memiliki standar ukuran kartu nama sendiri. Tidak hanya kuat dari segi kultur, hal sepele seperti kartu nama yang wajib digunakan oleh setiap warganya dan siapapun yang datang ke negaranya juga harus disesuaikan dengan aturan.

Ukuran standar dari kartu nama yang ada di Jepang, hanya berbeda lebar 1 mm saja dengan standar yang diterapkan di Indonesia. Adapun standar ukurannya yakni 91 x 55 cm atau 9,1 cm x 5,5 cm.

Saat dicetak memang perbedaannya tidak akan terlalu signifikan dengan kartu nama Indonesia. Namun, selisih tetaplah selisih. Jika sedang ingin berkunjung ke Negara Matahari Terbit ini, pastikan ukuran kartu namamu sudah sesuai standar, ya!

3. Standar Asia

Nah, kalau standar yang satu ini berlaku untuk beberapa negara di Asia kecuali Indonesia. Indonesia masih menetapkan ukuran kartu namanya sendiri. Namun, masih ada perbedaan kecil antara ukuran kartu nama yang digunakan.

Ukurannya lebih pendek 1 mm dibandingkan dengan standar ukuran dari Indonesia yakni 90 x 54 mm atau sekitar 9 cm x 5.4 cm. Meskipun berbeda, tentu kamu masih wajib menyesuaikan size masing-masing kartu nama yang digunakan.

Baca Juga :  Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

Meskipun perbedaannya tidak terlalu kentara, tidak ada salahnya untuk mencetak kartu nama dengan standar ukuran yang sudah ditetapkan di Asia. Dengan begitu, perjalanan bisnismu tidak akan mengalami gangguan sedikitpun.

4. Standar Negara-negara Eropa

Khusus untuk negara-negara Eropa, tentu saja jauh lebih mudah. Masing-masing negara di Eropa tidak ada yang menetapkan ukuran kartu nama sendiri. Melainkan mereka sudah mengikuti ukuran dari kartu nama yang disepakati oleh semua negara-negara di Eropa.

Biasanya, size dari kartu nama yang ada di Eropa hampir sama dengan ukuran kartu kredit, yakni sekitar 85 mm x 55 mm atau 8.5 cm x 5.5 cm. Sekadar informasi, standar pembuatan kartu kredit internasional biasanya membentuk sudut melingkar dan dengan tingkat ketebalan tertentu.

Kartu nama yang standar ukurannya ditetapkan ini biasanya dipakai di beberapa negara Eropa seperti United Kingdom, Belanda, Belgia, Swiss, Portugal, Italia, Turki, Spanyol, dan beberapa negara Eropa lainnya.

5. Standar Amerika

Sebagai negara adidaya, Amerika juga menerapkan aturan tersendiri mengenai kartu nama yang digunakan oleh masing-masing warganya. Amerika menetapkan standar ukuran kartu nama sendiri.

Tidak hanya itu. Ukuran dari kartu nama yang ditetapkan di Amerika juga berlaku untuk beberapa negara seperti Republik Ceko, Sri Lanka, Mexico, Bulgaria, Finlandia, Korea Selatan, Rusia, dan beberapa negara lainnya.

Adapun size yang ditetapkan untuk kartu nama di Amerika yakni 51 x 89 mm atau setara 2 x 3.5 inci.

Ukuran Kartu Nama Paling Banyak Digunakan

Setelah tahu sejumlah rincian dari kartu nama beberapa negara, mungkin kamu juga butuh informasi tentang size dari kartu nama yang pada umumnya digunakan. Nah, jika ingin tahu informasi tentang ukuran yang banyak digunakan langsung saja cek di sini:

1. Ukuran 5 cm x 8.8 cm

Ukuran yang satu ini sebenarnya cukup populer digunakan di Amerika. Besaran standar satu ini dibuat oleh perancang atau desainer kartu nama yang cukup populer. Kalau kamu bekerja di perusahaan dengan budaya organisasi tradisional, kamu bisa menggunakan ukuran satu ini.

Baca Juga :  Standar Ukuran Foto 2R Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

Ukuran dari kartu nama ini memang umumnya dipakai oleh para pekerja profesional di bidang industri.

2. Ukuran 5 cm x 5 cm

Mengenai ukuran satu ini, panjang dan lebarnya sama persis yakni 5 x 5 cm. Kartu nama dengan size ini biasanya cukup banyak digunakan untuk keperluan bisnis. Kamu juga bisa menggunakannya agar lebih menarik di mata orang lain.

Kartu nama dengan size ini sangat tepat dipakai oleh pekerja di bidang seni, fotografi, dunia kreatif, film, butik, desainer grafis, dan lain sejenisnya. Bentuknya yang simetris menjadi bentuk kreativitas dari pekerja di bidang tersebut.

3. Ukuran 5.5 cm x 8.5 cm

Selanjutnya ukuran kartu nama satu ini memang cukup populer di Eropa. Ukuran satu ini sangat tepat dipakai oleh kamu yang seringkali melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri.

Jika ingin lebih menarik, coba tambahkan sentuhan kreatif dalam kartu nama tersebut. Kamu juga bisa melakukan pemilihan bahan dasar kertas yang memiliki tekstur ketika disentuh.

4. Ukuran 8.8 cm x 10.1 cm

Ukuran kartu nama satu ini pada umumnya dipakai untuk menjadi pengingat. Biasanya orang dengan profesi dokter hewan, dokter gigi, dokter kecantikan akan menggunakan ukuran satu ini. Pasalnya bisa ditambahkan kalender untuk janji temu karena ada space yang cukup besar dalam kartu nama ini.

Penutup

Itulah beberapa standar ukuran kartu nama yang ditetapkan di beberapa negara termasuk Indonesia. Ketentuan tersebut memang wajib diikuti oleh setiap warga negara atau siapapun yang ingin berkunjung ke negaranya. Jangan sampai salah ukuran, ya!

error: Content is protected !!