Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

MataramNews.co.id – Ada banyak ukuran kertas yang bisa didapatkan di beberapa tempat fotokopian dan sejenisnya. Salah satunya adalah kertas A4. Jenis kertas ini memiliki ukuran dan fungsinya sendiri. Jika ingin tahu lebih lanjut tentang ukuran kertas A4 dan fungsinya, kamu bisa cek sedikit rangkuman yang sudah kami sediakan di artikel ini.

Kertas memang sangat dibutuhkan untuk banyak hal. Apalagi bagi kamu yang sekolah dan bekerja, keberadaan kertas tentu sangat penting. Selain untuk menulis, kertas juga biasanya dimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan banyak informasi. Kertas pun bisa disusun sedemikian rupa agar informasi di dalamnya jadi lebih lengkap.

Salah satu jenis kertas yang banyak digunakan adalah kertas dengan ukuran A4. Sepertinya, jenis kertas ini memiliki fungsi dan juga kegunaan yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan jenis ataupun ukuran kertas lainnya. Kertas memang terdiri dari berbagai jenis.

Tapi, salah satu yang paling sering digunakan adalah jenis kertas dengan ukuran A4. Ada alasan tersendiri mengapa kertas dengan ukuran A4 merupakan yang paling banyak dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Ketahui penjelasannya lewat uraian kami di sini.

Ketahui Tentang Ukuran Kertas A4

Ketahui Tentang Ukuran Kertas A4

Ukuran kertas pada umumnya memakai huruf kapital dan biasanya diikuti dengan angka. Pada umumnya, kertas yang cukup banyak dimanfaatkan adalah kertas dari jenis A, B, dan juga F.

Adanya perbedaan pada kode huruf ini, biasanya digunakan untuk membedakan ukuran. Selain itu juga agar lebih memudahkan klasifikasi kertas yang akan digunakan. Masing-masing ukuran memang mewakili fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Baca Juga :  Standar Ukuran Foto 5R Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi Dan Pixel

Pada jenis kertas dengan kode A, kamu bisa tahu beberapa jenis kertas seperti A4, A3, A6, A5, dan lainnya. Sekadar informasi, angka yang ada setelah klasifikasi huruf merupakan petunjuk perbedaan ukuran dari setiap kertas tersebut.

Aturannya adalah semakin kecil angka yang ada pada jenis kertas, maka akan semakin lebar dan juga semakin besar permukaan dari kertas terkait. Misalnya saja, kertas dengan ukuran A3 ukurannya lebih besar dan lebar ukuran kertas A2.

Secara sederhana, angka yang ada di belakang huruf tersebut juga merupakan informasi berapa kali kertas dari ukuran A0 dilipat. Misalnya saja A2. Kertas dengan ukuran A2 merupakan kertas A0 yang dilipat sebanyak dua kali.

Sedangkan untuk ukuran kertas A4 merupakan ukuran kertas A0 yang dilipat sebanyak empat kali.

Dalam dunia kertas, jenis yang ada tidak hanya kertas A saja. Melainkan ada jenis kertas lain seperti kertas B dan juga F. Tapi yang memang pada umumnya dipakai adalah kertas dengan jenis A. Terlebih kertas A4.

Kertas dengan jenis B biasanya digunakan untuk keperluan cetak poster, foto, lukisan, dan lain sejenisnya. Jadi, kalau kamu memang sedang ingin mencetak poster ada baiknya untuk menggunakan jenis kertas B.

Ukurannya pun bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan untuk jenis kertas F, biasanya banyak digunakan untuk kebutuhan perkantoran. Kertas F ini merupakan jenis yang paling sering atau paling banyak ditemukan di tempat fotokopi. Adapun jenis yang paling sering dipakai adalah kertas F4 atau biasa disebut folio.

Ukuran Kertas A4

Ukuran Kertas A4

Setelah membahas kertas secara umum, sekarang waktunya kamu tahu kertas A4 secara khusus. Sekarang kami akan membahas tentang ukuran kertas A4 itu sendiri. Masyarakat memilih kertas ini tentu dengan beragam alasan.

Baca Juga :  Standar Ukuran Foto 3R Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

Selain karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan, kertas A4 memiliki beberapa keunggulannya tersendiri. Nah, agar lebih jelas mungkin kamu bisa langsung cek spesifikasi dari kertasnya di sini:

  • Ukuran kertas A4 yang banyak tersedia di pasaran biasanya disesuaikan dengan standar ISO. Adapun ukurannya yakni 21 cm x 29.7 cm atau setara dengan 8,27 inci x 11,69 inci.
  • Gramasi atau berat kertas dari A4 yang hadir di pasaran bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ada A4 dengan gramasi 60 GSM atau 60 gram hingga A4 80 GSM atau 80 gram.
  • Jenis kertas untuk ukuran A4 dibagi menjadi dua yakni HVS yang warnanya putih bersih dan kertas buram yang cenderung berwarna abu-abu.
  • Warna abu-abu kertas A4 biasanya banyak digunakan oleh tempat fotokopi walaupun saat ini sudah banyak yang beralih ke A4 jenis HVS.
  • Jika dilihat dari segi warna, kertas A4 pada umumnya berwarna putih. Namun, masih ada beberapa warna lain seperti hijau, merah, kuning, dan biru.
  • Harga kertas A4 yang berwarna memang lebih murah dibandingkan kertas A4 berwarna putih.

Fungsi dan Kegunaan Kertas A4

Fungsi dan Kegunaan Kertas A4

Nah setelah tahu lebih detail tentang ukuran dari kertas A4 sekaligus karakteristiknya, mungkin kamu juga perlu menilik jenis kertas satu ini dari fungsi maupun kegunaannya. Kamu bisa cek uraian ini kalau ingin mengetahuinya:

1. Digunakan untuk Lingkungan Kantor

Penggunaan dari jenis kertas A4 itu sendiri memang sangat cocok digunakan untuk berbagai kegiatan cetak di lingkungan kantor. Kertas ini punya spesifikasi yang cocok bagi semua jenis printer yang digunakan di kantor.

Tidak hanya itu saja. Ukuran dari kertas A4 memang pas dan tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil. Selain itu ukurannya juga tidak terlalu panjang. Karakter dari jenis kertas A4 tersebut akan membuatnya jauh lebih mudah diarsipkan.

Baca Juga :  Ukuran Kertas Seri A, B, C, F Dan R Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

Pengguna kertas A4 di lingkungan kantor bisa mengarsipkannya dalam folder ataupun bisa sekadar disimpan di map penyimpanan. Mengetahuinya mungkin tidak mengherankan apabila kertas ini cukup banyak digunakan untuk mencetak dokumen kantor.

Mulai dari surat khusus internal perusahaan, pihak eksternal, laporan harian, bulanan, memo, dan masih banyak lagi.

2. Kertas A4 Digunakan untuk Bisnis Fotokopi

Tidak hanya di lingkungan kantor saja. Kertas A4 ini juga cukup marak digunakan di bisnis fotokopi. Hampir semua bisnis atau tempat fotokopi akan menyediakan dan menawarkan kertas A4 sebagai pilihan.

Mau pakai putih ataupun buram, semuanya ada dan tinggal pilih saja. Selain karena kertas tersebut sangat cocok untuk berbagai macam jenis printer, kertas A4 juga cocok untuk semua jenis mesin fotokopi.

Biasanya kertas ini digunakan karena minim menyebabkan masalah seperti kertas macet, tinta tidak terserap, dan lain sejenisnya.

3. Cocok untuk Pembuatan Makalah atau Laporan

Mahasiswa atau para pelajar mungkin sudah sangat akrab dengan pembuatan makalah ataupun laporan. Ya. Biasanya kertas yang digunakan untuk pembuatan makalah ataupun laporan akan menggunakan jenis kertas A4.

Biasanya para guru akan menyeragamkan permintaan untuk mencetak makalah maupun laporan dengan jenis kertas satu ini. Selain karena pas di meja, ukuran dari kertas ini memang tidak terlalu berlebihan dan memudahkannya untuk dibawa bersamaan dengan yang lain.

Jadi, saat ada tugas untuk mengubah file dari softcopy dan disuruh mengumpulkan dalam hard copy, jelas saja jenis kertas A4 menjadi pilihan.

Penutup

Itulah penjelasan kami mengenai fungsi atau penggunaan, karakteristik, sekaligus ukuran kertas A4 yang bisa kamu ketahui. Kamu pun bisa lebih tahu detail dari jenis kertas satu ini.

error: Content is protected !!