Ukuran ID Card Untuk Karyawan Atau Panitia Sesuai Dengan Standar

MataramNews.co.id – Kini penggunaan ID card sudah menjadi hal yang lumrah di berbagai tempat. ID card bisa berisikan tanda pengenal seperti KTP, SIM, atau bahkan juga menjadi penunjuk posisi maupun jabatan yang ada dalam perusahaan. Ukuran ID card pun berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Perbedaan ukuran biasanya dibedakan berdasarkan jenis kertas yang digunakan. Selain itu, biasanya juga dibedakan berdasarkan fungsi dari ID card itu sendiri. Misalnya saja, untuk ID card kartu panitia harus menggunakan ukuran standar 10.5 x 7.4 cm.

Berbeda dengan ukuran ID card yang digunakan untuk tanda pengenal seperti KTP, ATM, Kartu Debit, Kartu Pengenal PNS, dan juga ukuran untuk kartu pelajar, kartu tanda mahasiswa, dan lainnya. Maka dari itu, kamu wajib mengetahui ukuran masing-masing agar tidak salah ketika membuatnya.

Dari segi fungsi, tentu saja ID card memiliki peranan yang sangat penting. Pembuatannya tentu saja tidak boleh dilakukan sembarangan. Nah, bagi kamu yang ingin tahu secara lengkap tentang ukuran dari ID card maupun dari segi fungsinya, bisa langsung simak uraian yang sudah kami sediakan dalam artikel ini.

Fungsi ID Card

Sebelum memahami lebih jauh tentang ukuran ID card yang akan kamu pilih, kamu wajib tahu dulu apa saja fungsi dari ID Card itu sendiri. Sekarang, ID Card tidak hanya digunakan sebagai tanda pengenal saja, loh. Melainkan juga memiliki fungsi berikut ini:

Baca Juga :  Ukuran Kertas Seri A, B, C, F Dan R Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

1. Menampilkan Kesan Formal

Fungsi pertama dari ID card adalah menampilkan kesan formal bagi siapa saja yang menggunakannya. Biasanya ID card akan digunakan ketika seseorang pergi ke suatu kegiatan, rapat, pertemuan dengan klien, atau lainnya.

ID card akan membuat suasana jadi lebih resmi dan lebih formal. Memang, tidak semua menggunakan ID card untuk menampilkan kesan formal. Namun, banyak yang menggunakannya agar setiap orang yang ada di sekitarnya tahu posisi ataupun jabatan dari ID Card yang digunakan.

2. Presensi Pegawai

Dulu ID Card cuma digunakan untuk tanda pengenal belaka. Tapi sekarang sudah banyak yang memanfaatkannya untuk presensi dari pegawai. Nantinya, ID card yang digunakan wajib di tap lebih dulu ke mesin absensi.

Nantinya, mesin presensi atau absensi tersebut akan melakukan deteksi terhadap ID Card. Di sini, tentu saja fungsi dari ID card jadi sangat penting. Jika suatu saat ada yang tidak membawanya, maka si pegawai akan dinilai absen atau tidak masuk bekerja.

3. Lebih Fashionable

Sudah tahu dengan tren mbak-mbak SCBD yang dulu sempat viral di media sosial, kan? Jika iya, mungkin kamu akan memiliki anggapan yang sama. Anggapan bahwa orang yang menggunakan ID card akan tampak lebih fashionable.

Ini bukan tanpa alasan. Apalagi sekarang sudah banyak produsen lanyard yang membuatnya lebih premium dan bikin lebih cocok di mix and match. Tanpa disadari, sekarang ID card memiliki fungsi tambahan sebagai pemanis dalam mix and match pakaian.

Standar Ukuran ID Card

Standar Ukuran ID Card

Setelah mengetahui berbagai macam fungsi dari ID card, sekarang sudah waktunya kamu tahu bagaimana standar dari ukuran ID card itu sendiri. Seperti yang telah dijelaskan di awal, ID card memiliki standar ukuran masing-masing untuk fungsinya yang berbeda. Berikut uraiannya:

Baca Juga :  Standar Ukuran Foto 2R, 3R, 4R, 10R Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

1. Kertas ID Card B1

Ukuran ID card yang paling kecil di antara yang lain adalah kertas B1. Jenis kertas B1 biasanya digunakan dalam suatu event. Karakteristik dari kertas itu sendiri yakni memiliki desain yang simpel dan juga ringan. Lantaran fungsinya yang sederhana, pada umumnya name tag dan kartu panitia menggunakan kertas ID Card B1.

Nah, untuk ukurannya sendiri tentu saja menggunakan ukuran 10.5 x 7.4 cm atau dalam satuan milimeter yakni 105 x 74 mm. Memang, ukurannya lebih lebar dibandingkan ID card dengan kertas atau kebutuhan lainnya.

2. Kertas ID Card B2

Selanjutnya ada ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan B1. ID card dengan ukuran ini pada umumnya digunakan untuk kartu peserta suatu kegiatan. Misalnya ada kegiatan latihan kepemimpinan, tes untuk masuk kerja, dan lain sejenisnya.

Pada umumnya, ID card yang menggunakan kertas B2 memiliki gambar dan juga tulisan yang detail di dalamnya. Dengan kata lain setiap informasi yang ada dalam kertas ini dibuat lebih jelas dan cukup lengkap. Adapun ukurannya yakni 12.6 x 7.9 cm.

3. Kertas ID Card B3

Tidak hanya dua ukuran di atas saja. Masih ada ukuran untuk ID Card lainnya yang cukup banyak digunakan. Salah satunya menggunakan kertas ID Card B3. Penggunaan ID card sudah diketahui yakni untuk suatu acara atau fungsi tertentu.

Nah, untuk kertas ID card B3, pada umumnya digunakan ketika ada acara seminar ataupun event perusahaan yang sifatnya formal atau resmi. Kertas ID Card B3 memang jarang digunakan untuk acara maupun situasi santai.

Pada umumnya ukuran dari kertas ID Card B3 yakni yakni 12.4 x 9.5 cm atau 124 x 95 mm.

4. Kertas ID Card B4

Selanjutnya adalah kertas ID card B4. Ukurannya jelas lebih besar dibandingkan tiga ukuran sebelumnya. Pada umumnya, kertas ID Card B4 ini digunakan untuk name tag dari beberapa perusahaan besar atau perusahaan start-up.

Baca Juga :  Standar Ukuran Kartu Nama di Photoshop, Word, Dan Pixel

Adapun ukuran ID Card dengan kertas B4 yakni 13.5 x 9.5 cm. Biasanya, penggunaan ID card dengan kertas B4 mendapatkan tambahan berupa plastik yang digunakan untuk melindungi ID card tersebut.

Plastik yang ada akan membuat ID card jadi lebih aman dari cipratan air dan membuatnya tidak gampang rusak.

5. Kertas ID Card A1

Kertas ID Card A1 juga rata-rata digunakan oleh para pegawai dalam suatu perusahaan. ID Card ini digunakan umumnya untuk memberikan kesan lebih formal kepada pegawai yang mengenakannya.

Di luar kertas tersebut juga biasanya ditambahkan plastik agar tidak gampang rusak. Karakteristik dari kertas A1 ini sendiri yakni memberikan hasil cetak tulisan dan warna yang lebih baik dibandingkan keempat kertas di atas.

Mengenai ukuran ID card yang menggunakan kertas A1 yakni 8.5 x 5.3 cm. Memang ukurannya lebih kecil dibandingkan yang lain. Namun, yang paling diunggulkan dari pemilihan ID card jenis kertas ini adalah kesan ekslusif dan menarik bagi para karyawan.

6. Kertas ID Card A2

Ada juga ukuran ID card dengan kertas A2. Biasanya ukuran ini digunakan untuk kartu nama. Pasalnya, informasi yang ada dalam kertas A2 bisa dituliskan dengan jauh lebih detail.

Tidak hanya bagi para pekerja kantoran saja. Ada banyak pekerjaan lain yang mengharuskan anggota perusahaan menggunakan ID card dengan ukuran ini. Adapun ukuran yang digunakan yakni 10.6 x 8.2 cm.

Penutup

Itulah beberapa rincian ukuran ID card yang bisa kamu ketahui. Sekarang, kamu harus menentukan untuk menggunakan ukuran yang mana. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

error: Content is protected !!