Chord Lagu Viral di Tiktok yang Mudah Dipelajari

Yodik Prsty September 13, 2023

MataramNews.co.id – Kamu suka main gitar? Main Tiktok cocok untuk kamu, nih. Wah kenapa bisa cocok? Karena sekarang di Tiktok sudah banyak orang-orang kreatif.

Bukan hanya untuk menghibur diri. Sekarang Tiktok bisa dijadikan sarana untuk belajar. Beberapa orang membagikan ilmunya yang bermanfaat secara gratis melalui video Tiktok. Salah satunya belajar chord lagu viral di Tiktok.

Biasanya jika kita kursus gitar atau sekolah musik akan memerlukan biaya sangat mahal. Namun sekarang bisa kita akses gratis hanya melalui media sosial.

Mungkin belajar melalui video Tiktok tidak akan sedetail jika kita kursus atau bersekolah. Namun jika tekun, tidak ada yang tidak mungkin. Semua akan membuahkan hasil jika kita berusaha.

Kali ini kita akan membahas tentang beberapa lagu Indonesia yang sering menjadi sound di Tiktok. For Your Page (FYP) sebutan untuk beranda Tiktok. Melalui FYP lagu-lagu Indonesia baru atau lama bisa dengan mudahnya viral.

Nah untuk kamu yang suka bermain gitar, jangan lewatkan bahasan satu ini!

Bongkar Chord Lagu Viral Di Tiktok 

Kalau kamu salah satu pengguna Tiktok, tentunya sudah tidak asing dengan lagu indie ini. Asmaralibrasi dari Soegi Bornean. Lagu ini sangat nyaman didengar karena suara penyanyinya yang sangat merdu.

Lagu indie satu ini memang mencuri banyak perhatian orang karena keindahan katanya. Khas dari lagu indie, lirik yang dibawakan memang berupa kata kiasan. Sehingga terkesan puitis dan sangat romantis apabila kita memahaminya.

Asmalibrasi rilis pada tahun 2019 di kanal Youtube Soegi Bornean. Meskipun sudah lama rilis, ternyata lagu ini baru viral di pertengahan tahun ini hingga sekarang. Hal ini bisa terjadi juga berkat beranda Tiktok.

Asmalibrasi-Soegi Bornean

Nama Soegi Bornean membuat kita berpikir band ini berasal dari Kalimantan. Namun ternyata band ini berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Pemakaian nama Soegi Bornean ternyata adalah identitas musik mereka yang menggabungkan etnik Jawa dengan Kalimantan.

Membahas tentang chord lagu viral di Tiktok, kali ini kita akan membahas soal chord lagu Asmalibrasi. Jika kamu suka bermain gitar, tidak lengkap rasanya jika tidak belajar chord lagu viral Tiktok satu ini.

Sebagai salah satu lagu indie yang terkenal, ternyata Asmalibrasi mudah dipelajari. Hal ini dikarenakan lagu ini memiliki chord yang cukup mudah dipelajari. Karena jika membaca dari beberapa sumber, chord dasarpun sudah bisa digunakan.

Intro atau awalan lagu ini menggunakan chord yang sangat mudah

C Am C Am

C Am C Am

C Am C Am C Am

C Am C

Pastikan kamu sudah memakai capo pada fret 4 untuk mempelajari chord lagu viral Tiktok satu ini, ya. Selanjutnya dibagian verse lagu, hingga reff juga menggunakan chord dasar yang mudah.

C Am

Em Dm

C Am

Em Dm

(Chorus)

Dm G

Em Am

Dm G C

(ulangi hingga 2x)

Chord dasar yang mudah dikenali ini tentunya akan membuat kamu lebih cepat belajar. Jadi sekarang kamu tidak hanya menyanyikan saja. Kamu juga bisa merasakan arti sesungguhnya dari lagu ini lewat petikan gitarnya juga.

Dunia Tipu tipu- Yura Yunita

Selain lagu Asmalibrasi dari Soegi Bornean, ada lagu dari Yura Yunita yang bikin baper. Judul lagunya Dunia Tipu-Tipu. Rilis pada bulan Juli 2022.

Menceritakan tentang orang-orang terdekat kita yang selalu membuat kita kuat. Namun walaupun peran orang ini sangat penting, kita malah jarang berkomunikasi dengannya. Lagu ini membuat kita sadar akan komunikasi dengan orang-orang kesayangan kita.

Sejak awal perilisannya, lagu ini sudah mendapat prestasi yang sangat baik. Pada tanggal perilisannya yaitu 27 Juli 2022, lagu ini sudah ditonton 3,7kali di Youtube. Bulan Oktober ini, akhirnya Yura Yunita meraih penghargaan AMI Awards berkat lagu ini.

Lagu Yura Yunita kali ini juga bisa dikatakan lagu indie yang mudah dipelajari. Chord lagu viral di Tiktok satu ini juga perlu kita bahas. Kenapa sih akhirnya bisa menjadi salah satu chord lagu viral di Tiktok?

Alasannya sama dengan lagu Asmalibrasi milik Soegi Bornean. Meskipun lagunya terdengar sangat mewah dan elegan, ternyata chord lagu ini mudah dipelajari. Wah, siap-siap jadi penghibur di tongkrongan bersama teman-teman nih.

Lagu dunia tipu-tipu terdiri dari satu verse, dan 3x chorus. Ternyata sepanjang lagu Dunia Tipu-tipu ini hanya memakai 5 kunci dasar. Selain itu lagu ini hanya memiliki 1 verse dan chorus yang diulang-ulang.

(Verse 1)

C

F

C

F

Dm Em F

Dm Em F

(Chorus)

C

F

C

F

C

Berikutnya adalah verse 2 dan chorus dengan chord yang sama. Lagu ini juga sangat mudah untuk dipelajari. Kata-kata yang bikin baper, dan diiringi petikan dari gitar kamu pasti bikin orang di sekeliling kamu meleleh.

Salah-Potret

Selanjutnya ada lagu yang sangat lama dan kembali viral berkat FYP Tiktok. Baru-baru ini Tiktok viral dengan sound lagu Salah dari Potret. Lagu ini populer di tahun 90-an.

Band Potret adalah band yang digawangi oleh Melly Goeslaw, Anto Hoed dan Aksan Sjuman. Lagu Salah sangat easy listening. Selain musiknya yang ringan, liriknya juga sangat menggemaskan.

Bercerita tentang kisah cinta yang penuh dengan perselingkuhan. Bukannya sedih diselingkuhin sang kekasih, ternyata si perempuan juga berselingkuh. Namun ini hanya sebuah lagu ya teman-teman, jangan terlalu diambil hati, hehe.

Lagu ini sangat populer pada eranya. Karena musik-musik Potret yang ringan dan ceria banyak anak muda pada saat itu menggemari lagu ini. Band Potret mengusung genre pop rock sehingga bisa dikatakan chord lagunya juga mudah.

Walaupun chord gitarnya merupakan chord dasar, namun warna musik yang ceria menjadi kelebihannya. Nah, lagu satu ini bisa kamu pelajari untuk menambah pengetahuan musik kamu juga. Lagu lama juga bagus-bagus loh.

Karena lagunya yang easylistening, lagu ini hanya menggunakan 6 chord dasar. Selain itu lagu ini terdiri dari 2 verse dan 3x chorus yang diulang-ulang. Sehingga sangat mudah di pelajari.

(Verse 1)

C F

Dm E

C F

Dm E

(Pre-chorus)

F Em

Dm E

F Em

Dm E C

(Chorus)

Dm G

C Am

Dm G C Am

Dm G

E Am

Dm G Am

Melody: C F Dm E 2x

Lagu ini hanya mengulang bagian pre-chorus dan chorus setelahnya. Sehingga hanya perlu mempelajari bagian intinya saja.

Akhir Kata

Jaman sudah semakin canggih saja ya. Untuk mempelajari chord lagu viral di Tiktok kita sudah tidak perlu pusing mencari guru. Kita hanya perlu mencari video tutorial yang tepat dan mengikutinya.

Karena sarana belajar sudah semakin mudah, apa kamu yakin mau diem aja? Mempunyai banyak pengetahuan itu harus, jadi gitaris handal itu bonus.