Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Ada Kepentingan Atau Sakit

MataramNews.co.id – Karyawan perusahaan sendiri memiliki jam kerja yang sudah ditentukan sebelumnya oleh pihak perusahaan. Dan hal ini telah di atur oleh semua jenis perusahaan di Indonesia. Salah satu kendala yang terjadi di luar kontrol kita yakni tidak masuk kerja. Pasalnya, hal ini juga menjadi hal umum dan sebelum memutuskan untuk libur bekerja, sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai contoh surat izin tidak masuk kerja.

Jika kalian tidak bisa hadir ke kantor, tentu saja kalian bisa membuat surat izin tidak masuk kerja dengan mudah. Dalam menulis surat ini, kalian wajib mengetahui beberapa etika dan tips untuk membuat surat izin tersebut terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kalian dapat izin dari perusahaan. Di internet sendiri sudah banyak beberapa contoh Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang bisa kalian coba secara langsung.

Pasalnya, kebijakan tentang cuti karyawan bisa kalian ajukan dengan mudah dan tertulis di UU Nomor 13 Tahun 2013 mengenai ketenagakerjaan. Dan jika kalian yang sedang berhalangan tidak hadir kerja, maka bisa membuat surat izin tidak masuk kerja yang bisa dibuat dengan mudah. Untuk mengetahuinya lebih detail, simak penjelasannya sebagai berikut.

Komponen Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Tentu saja terdapat etika ketika menulis surat izin tidak masuk kerja ini mengenai bentuk dan cara membuatnya. Pasalnya, tidak ada peraturan resmi lainnya tapi kalian wajib memperhatikan peraturan umum yang banyak digunakan. Misalnya, pembuka, isi, serta penutup. Dan silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga :  Mobileworkslx Xyz Apk Login, Aplikasi Penghasil Uang Terbaru 2022

Pembuka Surat

Dibagian pembuka surat terdapat beberapa komponen yang harus kalian cantumkan, misalnya tempat dan tanggal dibuatnya surat, perusahaan yang kalian tuju dan salam pembuka. Selain itu, kalian bisa menuliskan tempat dan tanggal, dan ditujukan kepada siapa dibuatnya surat izin ini. Jangan lupa untuk menuliskannya dengan jelas dan lengkap, serta berdasarkan jabatan orang yang kalian tuju.

Isi Surat

Bagian isi surat meliputi identitas diri kalian, alasan tidak masuk kerja, dan izin waktu yang kalian minta. Pasalnya, identitas diri ini merupakan hal yang sangat penting dan bisa ditulis setelah salam pembukan. Kalian bisa menuliskan nama, jabatan, nomor identitas perusahaan yang dibutuhkan dan tunjukkan bahwa surat ini dibuat untuk diri sendiri.

Jangan lupa untuk mengatur kalimat yang sopan dan buat alasan terkait ketidakhadiran tersebut menggunakan Bahasa yang mudah dipahami dan tidak bertele-tele. Kalian bisa menuliskan berapa lama waktu yang dimintai untuk tidak masuk kerja.

Penutup Surat

Dibagian penutup surat ini kalian hanya perlu menuliskan salam penutup saja, dan pastikan untuk mengucapkan kata terimakasih terkait izin yang diberikan. Kalian bisa membuatnya secara singkat tanpa berbelit-belit lagi.

Alasan Menulis Surat Izin Tidak Masuk Kerja?

Tentu saja banyak sekali alasan kenapa tidak masuk kerja, dan kalian bisa menuliskan sebuah surat sebaik mungkin. Pastikan untuk memperhatikan etika didalamnya dan menggunakan Bahasa yang baku, formal atau menurut PUEBI. Beberapa alasan tidak masuk kerja diantaranya, sebagai berikut.

  • Sakit
  • Urusan keluarga
  • Menstruasi
  • Mengikuti Seminar
  • Urusan mendadak lainnya
  • DLL

Acuan Menulis Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Menulis surat izin tidak masuk kerja sendiri terdapat beberapa komponen yang dapat kalian jadikan acuan didalamnya. Tentu saja meliputi ketidakhadiran, lama meminta izin, kejelasan identitas diri, serta beberapa dokumen yang diberikan. Untuk mengetahuinya lebih jelas, silahkan simak ulasan berikut.

Baca Juga :  Kode Bank BRI dan Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain

Jelaskan Alasan Ketidakhadiran

Kalian wajib menjelaskan alasan ketidakhadiran kerja tersebut. Dan semua struktur surat izin akan memberikan pertimbangan mengena alasan yang diberikan sangat jelas dan tidak bisa di tunda. Tapi semua kembali lagi ke pihak perusahaan apakah mereka akan memberikan izin atau sebaliknya.

Sertakan Lama Waktu Meminta Izin

Seperti yang sudah dijelaskan, kalian juga bisa menyertakan lama waktu meminta izin tersebut. Biasanya pihak perusahaan sendiri akan menjelaskan awal mengenai peraturan izin yang berlaku didalam perusahaan tersebut terkait berapa lama ketidakhadiran yang diperlukan.

Berikan Identitas Diri yang Jelas

Dan pastinya kalian wajib mencantumkan identitas diri dengan jelas, jika tidak maka izin tidak akan diberikan. Hal ini sebabkan banyaknya karyawan di kantor dan membuat atasan perusahaan menjadi bingung siapa yang mengirimkan surat izin tersebut. Silahkan Berikan identitas diri yang jelas terkait nama lengkap dan nomor pegawai serta jabatan dikantor.

Melampirkan Dokumen Tambahan

Ada kalanya kalian juga bisa Melampirkan dokumen tambahan untuk bisa memperkuat alasan misalnya memberikan surat keterangan dokter karena sakit dan sebagainya. Dengan begitu, pihak perusahaan akan mempertimbangkannya dan akan memberikan izin kepada kalian nanti.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Setelah memahami semua tips penulisan surat izin tidak masuk kerja, maka kalian bisa melihat beberapa Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja agar kalian dapat membuatnya lebih mudah dan cepat. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Jakarta, 10 Agustus 2022

Kepada yang terhormat

Pimpinan ……

PT. ……

Jakarta

Dengan hormat,

yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : ……

Alamat : ……

Jabatan : ……

Divisi : ……

Memohon izin untuk tidak bisa masuk kerja pada tanggal 10 Agustus 2022 dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik. Saya memohon kepada Bapak/Ibu untuk berkenan memberikan izin tidak masuk kerja pada hari ini.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Tebak Kata Shopee Level 131-140 Terupdate 2022

Apabila esok hari kondisi kesehatan saya belum juga membaik, saya akan melampirkan surat keterangan hasil pemeriksaan dokter dan akan saya sampaikan ketika mulai masuk kembali ke kantor.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk kerja ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(…….)

Penutup

Sekian ulasan mengenai Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang dapat kalian buat secara langsung. Kalian bisa mencobanya sekarang juga, dan terapkan beberapa etika pembuatan surat izin tidak masuk kerja tersebut sesuai yang telah tertulis di artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya, sekian dan terimakasih.

error: Content is protected !!