Curug Tilu Leuwi Opat Wisata Bandung, Cek Harga Tiketnya disini

MataramNews.co.id – Bandung menjadi salah satu kota populer yang menawarkan banyak sekali tempat wisata didalamnya. Di kota ini kalian bisa menemukan beragam wisata yang seru dan menarik. Selain kotanya yang sejuk, Bandung menjadi salah satu ikon Jawa Barat sebagai kota yang maju. Membahas tentang wisata di kota bandung, kami rekomendasikan Curug Tilu Leuwi Opat.

Banyaknya curug di kota kembang ini dan salah satu curug yang wajib kalian kunjungi adalah Curug Tilu Leuwi Opat. Tidak berbeda dengan curug-curug yang lainnya, kalian bisa menemukan sungai yang sangat jernih serta area yang bisa digunakan untuk camping. Maka dari itu, kalian bisa memulai rencana bersama teman untuk pergi wisata ke tempat tersebut. Dari segi nama curug ini sangat unik sekali bukan?

Pasalnya, Curug Tilu Leuwi Opat memiliki makna tilu artinya 3 dan terdapat leuwi opat yakni sungai 4. Dan terdapat pula 3 air terjun yakni Curug Tilu, Curug Aseupan, Curug Citulang dan Curug Cilaki. Dan bertepatan disamping curug tilu leuwi opat. Dan makna dari leuwi opat adalah sungai 4. Perlu kalian ketahui, jika wisata ini telah menggabungkan antara curug, sungai dan goa yang tepat berada di atas lahan dengan luas 5 hektar.

Bagi kalian yang hobi wisata dan melakukan camping bersama teman, pastikan jika curug keren ini masuk ke daftar list yang wajib di jelajahi. Terutama bagi kalian yang berasal dari Jawa Barat. Terlebih jika layanan di wisata ini sangat menarik dan pas untuk mengabadikan momen bersama teman. Nah, untuk mengulas lebih lengkap tentang Curug Tilu Leuwi Opat ini silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Tentang Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat adalah sebuah tempat wisata yang ada di Lembang. Pasalnya, tempat wisata ini sangat luas dan menyediakan area outbond, camping, wisata air terjun, sungai dan sebagainya. Perlu kalian ketahui, Curug Tilu Leuwi Opat termasuk populer dan banyak di kunjungi oleh kalangan anak mudah. Selain itu, tempatnya yang bersih membuat para wisatawan semakin betah.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata di Jakarta Paling Hits Dan Instagrammable 2022

Dari segi lokasi Curug Tilu Leuwi Opat ini sebenarnya bersebalahan dengan dusun bambu. Bagi kalian yang pernah ke dusun bambu, tentu bisa mengunjungi lokasi curug tersebut karena tidak terlalu jauh untuk di tempuh. Dan jika kalian naik ke skywalk lutung kasarung atau mendatangi area camping. Tentu saja kalian dapat melihat lembah yang memiliki perbatasan dengan dusun bambu.

Lembah tersebut merupakan area wisata Curug Tilu Leuwi Opat. Pada curug ini, terdapat sebuah sungai yang sangat jernih dan sumbernya berasal dari Situ Lembang. Tentu saja hal ini yang membuat para wisatawan menjadi antusias dan tidak heran jika curug ini banyak di kunjungi oleh berbagai kalangan.

Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat

Bagi kalian yang hobi traveling dan ingin mengunjungi beragam tempat indah di Nusantara. Maka bisa mengunjungi Curug Tilu Leuwi Opat ini. Untuk kalian yang belum tahu lokasi wisata ini, pasalnya Curug Tilu Leuwi Opat berada di dekat Lembang, tepatnya di daerah Ciwangun Parompong. Selain itu, lokasi tersebut tidak jauh dari Curug Cimahi yang hanya berjarak 2 KM saja.

Untuk kalian yang berasal dari Jawa Barat, bukan hal sulit untuk bisa mengunjungi ke tempat tersebut bukan? Karena banyak sekali wisatawan yang datang dari luar provinsi, hanya untuk menatap keindahan alam yang diberikan oleh curug tersebut. Dan tempat ini juga menjadi salah satu rekomendasi sebagai tempat terbaik untuk wisata yang wajib kalian jelajahi.

Rute Menuju Lokasi

Untuk wisatawan yang berasal dari Bandung sendiri tentu tidak sulit untuk mengunjungi tempat tersebut bukan? Lantas bagaimana jika para pengunjung yang berasal dari luar kota yang akan berkunjung ke wisata tersebut? Kalian bisa menerapkan rute nya terlebih dahulu, dengan bantuan Google maps maka perjalanan menjadi lebih mudah lagi.

Baca Juga :  Curug Batu Templek: Sejarah, Lokasi dan Harga Tiket Cek disini

Jika dari arah lembang, masuk lah ke daerah Parompong dan ke arah air terjun pelangi atau dusun bambu. Setelah itu, kalian akan melewati universitas Advent dan jalan akan menurun serta berbelok ke arah kiri. Maka akan terlihat sebuah jembatan, dan disini lah kalian bisa berjalan lurus dan terdapat sebuah tulisan Ciwangun Indah Camp. Kalian bisa menngikuti jalannya hingga 1.5 KM, maka akan menemukan gerbang ke Curug Tilu Leuwi Opat tersebut.

Tiket Masuk Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat juga telah menerapkan harga tiket masuk yang sangat terjangkau dan tidak menguras kantong kalian. Tentu saja, harga yang ditawarkan pun sangat ramah. Kalian tetap bisa merasakan sensasi pemandangan yang menakjubkan dengan harga yang relatif murah. Banyak sekali kegiatan yang bisa kalian lakukan di curug tersebut.

Misalnya Outbond, Trekking, dan masih banyak lagi yang lainnya. Lantas berapa harga tiket masuk ke Curug Tilu Leuwi Opat? Jadi, kalian hanya perlu membayar Rp.10.000 / orang saja untuk bisa menikmati destinasi wisata di curug tersebut. Sangat terjangkau sekali bukan?

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Dan seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, banyak sekali jenis kegiatan yang bisa kalian lakukan didalam curug ini. Para wisatawan bisa menentukannya secara bebas dan bisa kalian abadikan momen tersebut. Berikut beberapa Kegiatan Yang Bisa Dilakukan dibawah ini.

Outbound

Para wisatawan bisa mengikuti kegiatan outbond yang sangat lengkap. Misalnya, Body rafting, flying fox, jembatan dua tali, menangkap ikan, gebuk bantal, high rope,  rakit, shaking bridge, dan lainnya. Tentu saja sangat seru dan bisa kalian coba secara langsung. Untuk menikmati kegiatan outbound ini, kalian bisa menghubungi pihak yang berwenang.

Dan perlu kalian ketahui, jika berkunjung dihari biasa tidak akan menemukan kegiatan outubound seperti ini. Karena, kalian juga tidak menemukan petugas di ara curug. Jadi, kemungkinan besar, outubound di selenggarakan ketika hari libur saja.

Baca Juga :  8 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits Dan Instagramable 2022

Trekking

Selain outbound, kalian bisa melakukan trekking dan salah satu kegiatan yang banyak diminati oleh pengunjung. Kalian bisa masuk ke curug ini dan rute trekking yang disediakan tergolong ringan untuk kalian coba. Seperti datar dan naik turun yang akan menambah keseruan kalian ketika mengunjungi tempat wisata tersebut.

Dan pastikan untuk selalu mengutamakan keselamatan, kalian wajib berhati-hati karena terdapat beberapa tempat yang kurang aman seperti tebing tinggi tanpa menggunakan pengaman dan sebagainya. Beberapa area yang bisa kalian kunjungi seperti sungai, menyebrang jembata kayu atau bambu, naik turun jalan berbatu dan sebagainya. Jadi, pastikan untuk menggunakan sepatu atau sandal yang pas untuk keluar ke tempat seperti ini.

Para pengunjung bisa menuju ke curug dengan mudah, dan kalian hanya perlu menelusuri selokan. Dan ikuti jalan hingga menemukan area camping diatas. Dan di area camping ini akan terdapat jalan yang sangat kecil dan silahkan ikuti jalan tersebut. Tentu saja kalian harus tetap berhati-hati karena jurang diarea ini cukup mengerikan.

Suasana yang sejuk penuh dengan pepohonan membuat aktivitas menjadi lebih seru lagi. Kalian bisa mulai untuk merencanakan liburan ke Curug Tilu Leuwi Opat sekarang juga. Dengan harga yang terjangkau, kalian juga tidak perlu mengeluarkan telalu banyak uang. Namun, untuk wisatawan yang berasal dari luar bandung akan cukup menguras isi dompet. Tapi, dengan fasilitas yang diberikan oleh curug ini akan terlihat sepadan dan kalian bisa mengabadikan momen sepuasnya.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan tentang Curug Tilu Leuwi Opat yang bisa kalian kunjungi, kalian bisa merasakan keseruan berwisata tanpa harus mengeluarkan budget yang mahal. Dan mulai rencanakan liburan bersama teman untuk mendapatkan kegiatan seru di tempat wisata tersebut. Semoga bermanfaat, terimakasih.

error: Content is protected !!