Curug Batu Templek: Sejarah, Lokasi dan Harga Tiket Cek disini

MataramNews.co.id – Di bandung, banyak sekali tempat wisata yang bisa kalian jelajahi salah satunya adalah air terjun. Bandung sendiri memiliki banyak sekali jenis curug yang bisa di kunjungi. Baik berbayar atau gratis kalian bisa mengunjunginya dengan mudah. Biasanya tarif masuk ke curug di bandung sangat murah dimulai dari Rp.10.000/orang. Salah satu curug menarik yang bisa kalian kunjungi adalah Curug Batu Templek.

Curug Batu Templek sendiri termasuk air terjun yang banyak di kunjungi. Beberapa curug favorit yang ada di Bandung di antaranya Curug Dago, Curug Tilu Leuwi Opat dan sebagainya. Dan curug batu templek ini bisa kalian kunjungi secara langsung melalui beberapa rute. Selain itu, bandung sendiri begitu bangga untuk mempromosikan wisata alam Curug Batu Templek tersebut.

Pada curug ini, terdapat sebuah kawah putih ciwide, Tangkuban Perahu, pemandian air panas, dan air terjun. Pasalnya, curug batu templek ini juga tidak terlalu jauh dari kota sehingga sangat mudah untuk di kunjungi. Tidak sedikit dari para wisatawan yang tertipu mengenai asal muasal batu di air terjun tersebut. Faktanya susunan batu pada kawasan air terjun merupakan buatan alam dan bukan karya manusia.

Banyak sekali fasilitas yang bisa kalian temukan didalam curug ini. Dan kalian akan dibuat terkejut dengan beberapa hal yang ada di Curug Batu Templek. Pada saat musim panas, maka air tidak bisa mengalir sama sekali atau alirannya sangat kecil. Dan untuk musim hujan, maka batu yang tersusun di rapih tersebut layaknya roti coklat yang disiram dengan susu. Namun, tidak sedikit membuat wisatawan merasa tertarik untuk mengunjunginya secara langsung.

Tentang Sejarah Curug Batu Templek

Curug Batu Templek

Curug Batu Templek merupakan salah satu tempat wisata alam air terjun yang berlokasi di bandung timur. Banyaknya wisata air terjun di kota ini, Curug Batu Templek menjadi salah satu pilihan yang banyak di kunjungi. Pemandangan alam yang dihadirkan sangat menakjubkan dan dipenuhi dengan bebatuan cadas.

Baca Juga :  5 Tempat Wisata Di Bali Paling Terbaik Wajib untuk Dikunjungi

Curug Batu Templek ini juga memiliki sejarah singkat, pasalnya curug ini berawal dari sebuah tempat penambangan batu jaman dulu. Dan didalamnya terdapat aliran air terjun, dan aliran air ini berasal dari sungai pada atas tebing. Sehingga tempat ini di abadikan dan bernama Curug Batu Templek. Sampai saat ini, curug tersebut masih ramai dan banyak di kunjungi oleh para wisatawan baik dari kota bandung atau luar kota.

Dan bagi kalian yang ingin merasakan sensasi keseruan main di air terjun. Maka bisa merencanakan liburan dan mengunjungi tempat wisata tersebut. Keindahan dari curug ini juga tak jauh berbeda dengan curug-curug lainnya yang ada di bandung. Jadi, kalian bisa datang dan nikmati pemandangan alam yang sudah disajikan ditempat tersebut. Tebing di curug ini sendiri memiliki tinggi 50 meter dan panjang 300 meter lebih.

Di lengkapi dengan keindahan batu tersebut, menjadi tingkat kelebihan dan sangat pas untuk mengabadikan momen di air terjun batu templek. Selain itu, banyak sekali spot menarik serta beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Lantas dimana lokasi Curug Batu Templek ini? Untuk mengetahui jawabannya silahkan simak ulasna berikut ini.

Lokasi dan Rute Curug Batu Templek

Ketika kalian berkunjung ke curug ini, maka bisa merasakan sensasi alam yang menakjubkan dan mampu memanjakan mata. Dari segi fasilitas sendiri tergoling lengkap dan mampu menunjang kebutuhan pengunjung. Terdapat ebebrapa warung penjual makanan yang bisa dijadikan untuk tempat istirahat. Dan terdapat pula lahan parkir yang cukup luas, dan dilengkapi dengan taman kecil disertai tulisan nama lokasi yang bisa kalian manfaatkan untuk berfoto-foto.

Terdapat pula latar belakang bunga matahari dan air terjun yang aesthetic sehingga menambah daya Tarik dari tempat wisata tersebut. Dan menariknya lagi jika tempat ini pernah menjadi sebuah lokasi  Bandung International Art Festival 2016 yang banyak di kunjungi para pengunjung. Dan lokasi dari curug ini adalah:

  • Kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.
Baca Juga :  Pasir Berbisik Gunung Bromo, Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi & Rute

Pasalnya lokasi ini tak jauh dari kota, dan jaraknya hanya 11 KM saja dari Kota Bandung. Kalian bisa menemukan banyak rute untuk bisa ke tempat curug tersebut. jika dari stasiun bandung, masuk ke stasiun timur dan lanjutkan ke jalan perintis kemerdekaan. Jadi, ikuti lurus jalan hingga menemukan pertigaan dan belok ke kiri sampai menemukan jalan Wastukancana.

Dan ada perempatan jalan aceh, kalian bisa belok ke kanan dan lurus. Kemudian ikuti jalan aceh ini hingga sampai di jalan taman pramuka. Dan terdapat pertigaan lagi yang merupakan rumah makan ayamn tangkap makmur, silahkan belok kiri dan kalian sudah dekat dengan lokasi air terjun tersebut. lanjut dengan melewat jalan jenderal ahmad yani ke jalan A.H Nasution.

Dari sini kalian bisa melanjutkan ke jalan pasir impugn. Dan jika kalian ragu maka bisa bertanya dengan warga setempat akses wisata air terjun tersebut agar tidak salah jalan. Karena Curug Batu Templek ini cukup populer dan banyak dikunjungi oleh kalangan pengunjung.

Tarif Masuk Curug Batu Templek

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa tarif masuk ke curug wilayah kota bandung sendiri tergolong murah. Begitu pun dengan kawasan wisata air terjun batu templek ini. Kalian bisa menyiapkan uang Rp. 5.000 – 10.000/orang. Pasalnya, tarif ini berlaku pada hari biasa dan sekaligus dengan biaya parkir. Sedangkan untuk akhir pecan sendiri akan dikenakan tariff ganda, tiket masuk + biaya parkir.

Wisata air terjun batu templek ini dibuka pada jam 05:00 hingga jam 18:00 sore. Jadi kalian bisa menikmati pandangan air terjun sepuasnya. Dan temukan banyak sekali spot menarik yang bisa kalian abadikan. Maka dari itu, bagi kalian yang tertarik dan ingin mengunjungi salah satu tempat wisata air terjun. Pastikan untuk datang ke Curug Batu Templek.

Baca Juga :  Gembok Cinta Probolinggo, Tiket Masuk, Rute + Lokasi & Fasilitas

Fasilitas Curug Batu Templek

Perlu kalian ketahui jika kawasan wisata air terjun ini tergolong baru, dan beberapa wisata yang diberikan pun belum terlalu lengkap. Namun, kalian bisa menemukan warung makanan dan minuman yang bisa di santap sembari bersantai menikmati pemandangan. Selain itu, terdapat area parkir yang luas dan murah. Seperti yang sudah kami jelaskan, banyak sekali spot foto yang bisa kalian abadikan. Misalnya tempat dengan tulisan nama lokasi, latar belakang bunga matahari, dan keindahan air terjun yang sangat menawan.

Kalian juga bisa menikmati tebing wisata yang dipenuhi dengan bebatuan cadas. Dan sekedar tips berlibur di air terjun ini kalian bisa mengunjungi tempat pada saat aliran air tidak terlalu deras. Karena hal ini akan sangat membahayakan para pengunjung terlebih setelah hujan berlangsung. Dan yang terpenting adalah kalian wajib menjaga kebersihan ditempat ini, dengan begitu pariwisata ini bisa tetap bertahan dengan warna air nya yang sangat eksotis.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai Curug Batu Templek yang bisa kalian kunjungi untuk mendapatkan sensasi pemandangan yang menakjubkan dan luar biasa. Kalian bisa segera mengunjungi lokasinya sekarang juga dengan tarif yang sangat terjangkau. Semoga bermanfaat untuk para pembaca, sekian dan terimakasih.

error: Content is protected !!