Tempat Rekreasi Alun Alun Probolinggo Lokasi, Fasilitas dan Harga

MataramNews.co.id – Jika kalian mengunjungi kota Probolinggo, mungkin masih bingung ingin merencanakan liburan kemana bukan? Pasalnya, di kota ini terdapat banyak sekali tempat wisata yang bisa kalian kunjungi. Probolinggo sendiri memiliki pantai yang indah, salah satu nya Pantai Dago yang telah kami bahas beberapa waktu lalu. Dan tempat wisata lainnya yang bisa kalian kunjungi di kota probolinggo adalah Alun Alun Probolinggo.

Warga sekitar sendiri menganggap alun-alun kota ini sebagai tempat favorit yang bisa kalian coba, tempat ini sangat cocok untuk berekreasi baik bersama teman, sahabat, kerabat dan lainnya. Letak alun-alun ini berada di pusat kota Probolinggo dan lokasinya memang tak jauh dengan stasiun serta pelabuhan. Selain itu, Alun Alun Probolinggo juga berdekatan dengan Masjid Agung Probolinggo. Kalian bisa menghabiskan waktu ditempat ini untuk menghilangkan rasa bosan dan sebagainya.

Pada dasarnya, setiap kota di Indonesia sendiri memiliki alun-alun dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, untuk kalian yang berasal dari Jawa Timur dan hanya sekedar jalan-jalan ke kota probolinggo. Maka bisa kunjungi Alun Alun tersebut. Tempatnya sangat nyaman, dan kalian bisa menemukan banyak keseruan disana. Nah, untuk menyimak lebih tentang alun-alun tersebut simak penjelasannya dibawah ini.

Tentang Alun Alun Probolinggo

Alun Alun Probolinggo

Wisata Alun Alun Probolinggo menjadi salah satu tempat wisata yang banyak di kunjungi, pasalnya warga lokal sendiri kerap menghabiskan waktu bersantai nya di tempat ini. Lokasi alun-alun tepatnya di Kecamatan Mayangan dan alun-alun ini sangat ramai di kunjungi oleh berbagai wisatawan dari banyak daerah. Tempatnya pun sangat indah, dan mampu memberikan sensasi kepada para pengunjung.

Alun Alun Probolinggo memiliki pesona keindahan yang tiada duanya, dan pastinya sangat menarik untuk kalian kunjungi. Dan untuk kalian yang dekat dengan wilayah probolinggo tersebut maka bisa mengunjungi alun-alun ini karena kalian dapat menemukan beragam keseruan disana. Wisata ini sangat cocok untuk mengisi waktu santai atau kalian yang tengah berlibur.

Baca Juga :  Curug Batu Templek: Sejarah, Lokasi dan Harga Tiket Cek disini

Jadi, tanpa perlu mengeluarkan budget yang mahal kalian bisa mendapatkan keseruan dan mencoba aneka kuliner yang tersedia di alun-alun tersebut. Siapa saja bisa datang ke tempat rekreasi ini untuk mendapatkan keseruan dan fasilitas yang diberikan oleh Alun Alun Probolinggo tersebut. jadi, bagi kalian yang penasaran dan ingin mengunjungi tempat ini. Simak selengkapnya sebagai berikut.

Lokasi Alun Alun Probolinggo

Perlu kalian ketahui bahwa Alun Alun Probolinggo ini berlokasi di Daerah Mangunharjo, Sukabumi, kecamatan mayangan , Kabupaten probolinggo , Provinsi jawa timur. Dan banyak sekali rute yang bisa kalian tempuh untuk bisa sampai ke tempat tersebut. Dan pastinya kalian bisa menggunakan aplikasi Google maps agar tak salah jalan.

Lokasinya sendiri berada di pusat kota, jadi kalian tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat tersebut. patokannya adalah area alun-alun yang berdekatan dengan pelabuhan dan stasiun. Terlihat juga Masjid Agung yang megah menjadi salah satu symbol dari kota Probolinggo. Kalian bisa mengendarai kendaraan pribadi atau umum untuk bisa sampai ke lokasi.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Tentu saja untuk bisa masuk ke alun-alun ini tidak akan menguras isi dompet kalian. Pasalnya, kalian bisa masuk secara gratis tanpa di pungut biaya sepeserpun. Banyak sekali fasilitas yang bisa kalian temukan didalam alun-alun ini yang membuat aktivitas jauh lebih seru lagi. Kalian hanya perlu menyiapkan uang untuk mencoba beberapa kuliner yang tersedia di tempat tersebut.

Dan jam operasional alun-alun problinggo ini adalah 24 jam full tanpa libur. jadi kalian bisa mengunjunginya kapan saja dan jam berapa saja. Tapi, suasana alun-alun ketika ramai berada di jam 6 sampai 9 pagi karena banyak orang yang tengah jogging atau olahraga. Pastikan untuk datang ketika cuaca nya sedang cerah, dengan begitu kalian bisa mencicipi semua aneka kuliner di tempat tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Probolinggo

Kalian yang ingin berkunjung ke Alun Alun Probolinggo ini, pastikan untuk mengetahui daya Tarik apa saja yang tersedia di alun-alun tersebut. Dan untuk mengetahuinya lebih detail silahkan simak ulasan berikut ini.

Baca Juga :  Keindahan Curug Dago Bandung, Air Terjun & Prasasti Raja Thailand

1. Letaknya yang Berada di Pusat Kota

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa alun-alun ini berada di pusat kota, jadi kalian bisa menemukan banyak orang yang berlalu lalang dan menambah keseruan ketika berkunjung ke tempat tersebut. Tempat ini memang sangat cocok untuk melepas lelah dan kalian bisa melihat pemandangan alam berupa pepohonan yang rindang dan berwarna hijau pekat.

Tidak heran jika alun-alun ini juga dijadikan sebagai tempat healing terbaik warga setempat. Karena banyak juga beberapa aneka kuliner yang bisa kalian cicipi. Namun, untuk pelancong dari luar kota pun bisa mengunjungi tempat rekreasi ini sekarang juga.

2. Alun-Alun yang Menawarkan Edukasi Fauna

Daya Tarik dari alun alun ini adalah menawarkan edukasi fauna dan cocok sekali bagi kalian yang membawa balita untuk bisa belajar mengenal dunia fauna secara gratis. kalian bisa menikmatinya bersama teman dan banyak seka;li jenis fauna yang bisa di temukan. Dengan begitu, membuat aktivitas menjadi lebih seru lagi ketika berkunjung ke tempat tersebut.

Salah satu fauna yang tersedia di tempat tersebut adalah burung merpati, dan membuat keseruan tersendiri karena kalian bisa memberikannya makan secara langsung, memegangnya hingga memfoto nya secara bebas.

3. Area Car Free Day

Alun-alun probolinggo juga sangat cocok di kunjungi ketika hari minggu. Pasalnya, tempat ini akan ramai dengan pedangan yang menjajakan beragam macam kuliner yang menggugah selera. Selain itu, di hari ini banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk datang ke tempat tersebut hanya sekedar duduk, jajan dan sebagainya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman Alun-Alun Probolinggo

Sebenarnya untuk bisa sampai ke lokasi ini sangat mudah, dikarenakan alun-alun ini berada di pusat kota dan pastinya tidak akan menyulitkan banyak pengunjun. Kalian bisa menentukan rute terdekat untuk bisa sampai ke tempat tersebut. Jika telah sampai ke alun-alun, maka kalian bisa mencoba semua aktivitas yang telah disediakan.

Para pengunjung yang datang ke alun-alun ini juga bisa mencoba beragam kegiatan dengan fasilitas yang telah diberikan oleh tempat tersebut. Tentu saja kalian bisa mencobanya secara langsung dan silahkan simak ulasannya sebagai berikut.

  • Gazebo
  • Bangku Taman
  • Ayunan
  • Perosotan
  • Aneka pedagang
  • Toilte
  • Masijd
  • Mushola
  • DLL
Baca Juga :  Wisata Pantai Parangendog, Harga Tiket Masuk, Fasilitas & Lokasi

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Alun-Alun Probolinggo

Berbagai aktivitas menarik bisa kalian temukan didalam alun-alun menarik ini. Dan tak jauh berbeda dengan kebanyakan alun-alun di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut.

Olahraga

Dan aktivitas yang bisa kalian coba adalah berolahraga sembari menikmati pemandangan sekitar yang penuh keramaian hiruk pikuk perkotaan. Kalian bisa berjalan santai saja, dan kalian bisa menggunakan jalan setapak yang biasa digunakan pengguna jalan untuk berolahraga. Letak trek di tempat ini juga sangat bagus dan akan memberikan kenyamanan kepada para pengunjung.

Jadi bagi kalian yang gemar olahraga maka bisa mencobanya di lokasi ini, dan menariknya lagi kalian bisa menemukan banyak pedangan kaki lima yang berjejer. Jika lelah, setidaknya kalian bisa membeli beberapa minuman dengan harga yang terjangkau. Terdapat pula lapangan yang biasa digunakan untuk bermain sepakbola, voli dan sepedaan.

Berfoto

Di tempat ini juga kalian bisa menemukan banyak sekali spot foto, jika berkunjung ke temapt ini pastikan untuk mengabadikan momen dan potret semua keindahan yang tersedia di alun-alun probolinggo tersebut. Selain itu, background foto tempat ini juga sangat menarik, dimana terdapat tembok yang di ukir dan menceritakan tentang sejarah Indonesia.

Terdapat pula patung angsa yang membuat aktivitas menjadi lebih seru lagi dari sebelumnya. Kalian bisa memfoto semuanya secara bebas tanpa ada larangan apa pun. Selain itu, kalian bisa menemukan monument patung garuda. Maka dari itu, tempat ini juga sangat menarik sebagai tempat untuk berfoto-foto.

Wisata Kuliner

Dan seperti yang telah kami jelaskan kalian bisa menemukan banyak sekali pedangang kaki lima yang menawarkan jajanannya kepada para pengunjung yang berdatangan. Jadi, kalian bisa mencobanya secara langsung biasanya makanan yang disajikan sangat lezat dan harganya pun sangat terjangkau. Banyak pula pedagang barang-barang lainnya seperti pedagang baju, sandal, sepatu, perabotan dan sebagainya.

Penutup

Sekian ulasan mengenai Alun-Alun Probolinggo yang dapat dikunjungi khususnya untuk warga jawa timur yang disekitar tempat tersebut. Kalian bisa menemukan banyak keseruan di tempat ini untuk menghilangkan rasa penat dan lelah karena aktivitas sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

error: Content is protected !!