Standar Ukuran Foto 2R Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

MataramNews.co.id – Kamu sudah mengambil foto tapi bingung mau cetak dengan ukuran apa? Jika iya, mungkin sudah waktunya kamu tahu berbagai jenis ukuran foto termasuk ukuran foto 2R yang merupakan ukuran terkecilnya. Ya. Ukuran foto tersebut memang merupakan yang paling kecil dibandingkan ukuran lainnya.

Meskipun begitu, terkadang masih banyak orang yang sangat ingin mencetak foto dengan ukuran 2R. Selain karena harganya murah, terkadang juga banyak yang mencetak foto dengan ukuran tersebut karena lebih mudah dibawa ke mana-mana. Bisa diletakkan dalam dompet atau bisa juga diletakkan di manapun.

Foto yang dicetak tidak hanya digunakan untuk kesenangan belaka. Ada banyak orang yang menjadikannya upaya untuk mengabadikan kenangan. Foto yang masih berbentuk digital mungkin sudah cukup. Namun, jauh lebih berkesan jika foto yang ada langsung dicetak ke dalam bentuk fisik.

Terkadang juga, foto dengan ukuran 2R digunakan sebagai tambahan hadiah. Entah itu hadiah untuk ulang tahun teman, pacar, atau siapapun. Hadiah yang ditambah dengan foto 2R biasanya tampak lebih meriah dan membuat penerimanya jadi lebih senang. Agar tak salah dalam mencetaknya, ukurannya harus diketahui secara pasti.

Penggunaan Ukuran Foto 2R

Penggunaan Ukuran Foto 2R

Pengaplikasian ukuran foto 2R ini sebenarnya beragam. Namun, paling banyak foto tersebut hanya digunakan untuk sekadar menambah kenang-kenangan atau koleksi dalam album foto saja.

Misalnya saja, menambahkan koleksi untuk album foto polaroid. Foto dengan ukuran tersebut sepertinya memang tidak cocok jika menggunakan bingkau atau pigura. Tentu saja karena ukuran foto ini kecil.

Baca Juga :  Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Satuan Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

Sudah diketahui bersama, foto yang menggunakan bingkai hanyalah beberapa foto yang berukuran besar saja.

Lantaran ukuran foto satu ini tergolong kecil, kamu bisa menggunakannya untuk beberapa momen seperti pernikahan, acara ulang tahun, atau acara reunian dengan teman.

Penggunaan foto polaroid juga bisa membuat foto dengan ukuran 2R ini tidak gampang rusak. Foto tersebut jadi bisa diabadikan dan bisa bertahan dalam waktu yang relatif lama.

Tak sedikit juga orang yang mencetak foto dengan ukuran tersebut untuk menyimpan hasilnya di dalam dompet. Pada umumnya yang dicetak adalah foto dari orang terkasih atau sosok yang spesial.

Foto 2R juga biasanya diletakkan dalam dompet yang memiliki permukaan transparan atau tembus pandang. Sehingga, ketika nanti pemilik dompet membukanya, foto tersebut akan keluar dan bisa dilihat secara jelas.

Ukuran Foto 2R

Ukuran Foto 2R

Nah, setelah kamu tahu bagaimana pengaplikasian atau penggunaan ukuran foto 2R, sekarang waktunya kamu tahu sebenarnya berapa sih ukuran foto tersebut jika dilihat dari satuan sentimeter dan inci?

Ukuran foto ini termasuk ukuran yang standar. Sama halnya dengan beberapa ukuran lain yakni 3R dan 10R. Biasanya, bahan kertas yang dipakai untuk mencetak foto dengan ukuran ini adalah kertas Glossy Photo Paper.

Ukuran untuk cetakannya sendiri adalah 6,35 cm x 8,89 cm atau dalam satuan inci yakni 2.5 x 3.5 inci.

Kenapa Banyak yang Mencetak Ukuran Foto 2R

Kenapa Banyak yang Mencetak Ukuran Foto 2R

Ada alasan tersendiri mengapa cukup banyak orang ingin mencetak fotonya ke dalam ukuran 2R. Salah satu alasan utamanya adalah hasil foto yang ditampilkan memang nampak lebih bagus.

Dengan kata lain kualitas dari cetakan untuk foto dengan ukuran tersebut memang lebih berkualitas dibandingkan ukuran foto lainnya. Hasil yang berkualitas ini tentu tidak semata-mata karena cetakan saja.

Baca Juga :  Ukuran Kertas Seri A, B, C, F Dan R Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel

Melainkan juga dipengaruhi oleh perangkat yang digunakan ketika memotret. Namun, saat ini penggunaan ponsel pintar saja sudah sangat cukup jika digunakan untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas.

Namun, akan jauh lebih baik dan lebih berkesan jika kamu bisa mencetak foto yang dihasilkan dari kamera polaroid. Kesan yang bisa didapatkan akan sangat baik apalagi untuk kenang-kenangan.

Jenis Kertas Terbaik untuk Ukuran Foto 2R

Jenis Kertas Terbaik untuk Ukuran Foto 2R

Saat akan mencetak foto dengan ukuran 2R, kamu masih diharuskan memilih beberapa hal seperti jenis kertas yang akan digunakan. Maka dari itu, ulasan mengenainya wajib kamu ketahui agar mendapatkan hasil cetak foto yang lebih berkualitas.

Kami sudah merangkum beberapa jenis kertas untuk cetak foto yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mempertimbangkan cetak foto dengan ukuran 2R menggunakan beberapa pilihan jenis kertas berikut ini:

1. Kertas Glossy

Kertas Glossy adalah kertas berlapis yang sangat halus, mengkilap, serta memiliki permukaan yang reflektif. Hasil yang dibuat akan menampilkan kelebihan dari segi kualitasnya.

Foto yang dicetak dengan kertas Glossy pada umumnya memiliki ciri terlihat lebih hidup dan juga lebih berwarna. Selain itu foto yang dicetak juga lebih tajam. Kertas Glossy menawarkan kelebihan saturasi warna yang sangat cerah.

Selain itu juga tidak akan menunjukkan tampilan yang memiliki tekstur saat dipindai ataupun ketika diubah jadi format digital. Tentu saja juga ada kelemahan yang dimiliki oleh kertas Glossy.

Adapun kelemahannya yakni permukaan dari foto yang dicetak biasanya akan menempel pada kaca saat kamu melakukan proses pembingkaian.

2. Matte (Doff)

Selanjutnya ada jenis kertas yang bernama Matte atau Doff. Jenis kertas ini memiliki permukaan yang halus dan juga tidak mengkilat di permukaannya. Memiliki kontras warna yang lebih rendah dibandingkan kertas Glossy tapi punya kelebihan dari segi tekstur yang dihasilkan.

Baca Juga :  Standar Ukuran Kartu Nama di Photoshop, Word, Dan Pixel

Jenis kertas Doff ini pada umumnya lebih awet jika dibandingkan dengan hasil foto yang dicetak menggunakan kertas Glossy. Selain itu ketika dipegang, kertas Doff juga tidak akan menimbulkan bekas seperti halnya foto dengan kertas Glossy.

Kertas Matte ini juga sangat cepat ketika menyerap tinta dan bisa digunakan untuk membuat foto yang dihasilkan lebih baik walaupun menggunakan printer yang kualitasnya rendah.

3. Laster

Jenis kertas Laster ini sepertinya sangat cocok digunakan bagi kamu yang ingin mendapatkan foto dengan usia yang panjang. Biasanya laster ini dipakai untuk kebutuhan dokumenter.

Daya tahan dari jenis kertas foto satu ini bisa sampai puluhan tahun lamanya. Warna dari foto tidak akan pudar dan bisa menampilkan efek doff. Di bagian permukaannya, seperti kulit jeruk karena ada lapisan halus dan punya tekstur layaknya mutiara.

Kertas ini menawarkan saturasi warna yang lebih dalam dibandingkan dengan kertas Doff. Selain itu juga memiliki kontras warna yang lebih tinggi dan memiliki kertas yang lebih tebal.

Kertas Laster tidak akan membuat bekas sidik jari, anti silai, dan juga membuat hasilnya tampak profesional. Kalau mau cetak ukuran foto 2R, sesekali kamu mungkin juga perlu mencoba jenis kertas yang satu ini.

4. Metallic

Jenis kertas metallic bisa membuat hasil foto yang dicetak jadi cukup mengkilap dan juga memiliki warna yang kaya. Nantinya kamu bisa mendapatkan foto dengan tampilan chrome.

Lapisan halus yang dimiliki oleh Metallic, membuatnya jadi tampak seperti logam, mencolok, dan juga memiliki tingkat kontras warna yang lebih kaya.

Penutup

Itulah sedikit ulasan mengenai ukuran foto 2R. Sekarang, kamu sudah tahu secara rinci tentang bagaimana ukurannya, pengaplikasiannya, dan juga jenis kertas yang perlu dicoba untuk mencetaknya.

error: Content is protected !!