Ukuran Thumbnail YouTube Yang Ideal 2022, Begini Tips dan Triknya

Anna Widiastuti September 25, 2023

MataramNews.co.id – Sebagai seorang konten kreator atau Youtuber, cara terbaik untuk bisa mendapatkan subscriber atau viewer yang banyak adalah dengan membuat video berkualitas disertai dengan konten yang menarik.

Tentu saja kalian harus mengeditnya sebaik mungkin, untuk bisa menarik perhatian penonton.

Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan jumlah pengikut yang banyak dan hasilkan pundi-pundi rupiah sebanyak mungkin.

Namun, ada beberapa hal lain yang harus kalian perhatikan dalam pembuatan konten video Youtube agar hasilnya jauh lebih maksimal.

Dan salah satu hal yang harus kalian perhatikan adalah mengenai Ukuran Thumbnail YouTube.

Masalah ini sangat penting dan harus kalian buat dengan baik serta ukurannya harus ideal. Pasalnya, Ukuran Thumbnail YouTube sendiri telah ditentukan dan bisa kalian buat dengan mudah.

Mungkin bagi Youtuber terbaru dan ingin membuat konten video, sebaiknya perhatikan Ukuran Thumbnail YouTube yang wajib kalian ketahui.

Oleh karena itu, untuk kalian yang masih belum paham apa saja Ukuran Thumbnail YouTube yang ideal.

Kami akan menjelaskannya secara detail diartikel ini untuk bisa kalian coba. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Ukuran Thumbnail YouTube yang Ideal 2022

Ukuran Thumbnail YouTube yang Ideal 2022
  • 1280 x 720 Pixel
  • Lebar Minimum : 640 Pixel
  • Rasio : 16:9
  • Ukuran File Maksimum : 2 MB
  • Jenis File : JPG, GIF, PNG, dan BMP

Apa itu Thumbnail

Bagi yang masih belum paham, Thumbnail Youtuber merupakan sebuah gambar atau video dengan ukuran yang kecil.

Thumbnail Youtube sendiri seperti sampul majalah, dan bisa kalian presentasikan isi didalamnya dan membuatnya lebih menarik secara bebas.

Selain itu, thumbnail juga sangat berpengaruh terhadap penonton yang hendak menonton video kalian.

Jika kalian membuatnya semenarik mungkin, maka kemungkinan besar penonton akan mengklik video kalian.

Sebagian orang menganggap bahwa ukuran thumbnail tidak berpengaruh pada viewer. Tapi, tidak ada salahnya jika kita membuatnya lebih menarik untuk mendapatkan perhatian penonton yang banyak.

Manfaat Thumbnail YouTube

Tentu saja banyak manfaat dengan dibuatnya thumbnail Youtube ini. Selain itu, para pengguna bisa mendesainnya sesuai selera dan hasilkan thumbnail Youtube semenarik mungkin.

Ketahui beberapa manfaat thumbnail youtube yang wajib kalian ketahui sebagai berikut.

Berikan Gambaran Video

Fungis pertama dari thumbnail youtube adalah bisa memberikan gambaran video layaknya sampul buku.

Sehingga para penonton bisa memahami inti dari konten video yang dibuat oleh konten kreatoir. Biasanya, pembuatan thumbnail sendiri dibuat dengan perpaduan gambar dan teks.

Menarik Perhatian Penonton

Tentu saja tujuan utamanya adalah untuk bisa menarik viewer sebanyak mungkin. Jika kalian mendesainnya dengan menarik, maka penonton akan mengklik video kalian.

Maka dari itu, peran thumbnail di Youtube sangat penting dan untuk hasil yang lebih maksimal kalian bisa mengaturnya sesuai ukura thumbnail yang berlaku.

Tingkatkan Conversion Rates

Tak berbeda seperti diatas, ketika video youtube kalian dishare ke sosial media maka yang menjadi tampilan utamanya adalah thumbnail.

Oleh karena itu, jika thumbnail yang kalian hasilkan sangat menarik kemungkinan besar orang akan menonton video kalian dan bisa meningkatkan conversion rates.

5 Tips Membuat Thumbnail YouTube yang Ideal

Terdapat beberapa tips untuk membuat thumbnail youtube yang ideal dan bisa kalian perhatikan agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Maka dari itu, ketahui beberapa tips yang akan kami bagikan dibawah ini.

Patuhi Aturan

Youtube sendiri sebagai platform yang memiliki syarat dan ketentuan serta pedoman komunitas sendiri.

Pasalnya, pada pedoman tersebut, terdapat beberapa aturan tentang ukuran thumbnail. Ketahui beberapa daftar yang dilarang untuk dijadikan thumbnail sebagai berikut.

  • SARA
  • Pornografi
  • Hate Speech
  • Penyiksaan Hewan
  • Kekerasan

Intinya para pengguna tidak boleh membuat thumbnail yang memiliki unsur kekerasan dan dilarang seperti yang telah kami berikan diatas.

Jika demikian, maka youtube akan menurunkan video yang kalian buat nanti. Oleh karena itu, jangan lewatkan bagian penting ini.

Template Terbaik

Kalian bisa menggunakan template terbaik, pasalnya banyak sekali kumpulan aplikasi yang bisa digunakan untuk mendesain thumbnail youtube. Beberapa tools dan aplikasi yang bisa kalian gunakan diantaranya:

  • Adobe Spark
  • Canva
  • Snappa
  • Crello
  • PicMonkey
  • Placeit
  • Pix Teller

Dan semua aplikasi atau tools diatas banyak sekali menawarkan template gratis yang bisa kalian gunakan untuk membuat thumbnail youtube.

Sehingga kalian tidak perlu lagi untuk mendesain thumbnail dari pertama.

Grafik dan Gambar

Hal yang penting dan banyak digunakan oleh para konten kreator atau Youtuber yaitu memadukan gambar serta grafis lainnya secara bebas.

Biasanya, untuk gambar sendiri kalian bisa mengambilnya dari potongan scene, dan untuk menjadikan lebih menarik lagi kalian bisa menambahkan beberapa elemen seperti teks, stiker, dan lainnya.

Tambahkan Keyword atau Judul Video

Perlu diketahui, jika pengunjung lebih sering membaca thumbnail dari pada judul deskripsi. Oleh karena itu, penting untuk kalian menambahkan keyword dan judul video pada thumbnail video you tube kalian.

Bukan hanya sekadar menambahkan teks saja, kalian bisa menambahkan beberapa elemen grafis lainnya agar terlihat jauh lebih menarik.

Font yang Tepat

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah penggunaan font yang tepat pada pembuatan thumbnail video.

Pasalnya, beberapa font yang harus digunakan seperti mudah dibaca, memiliki warna yang enak dilihat, kontras serta lataer belakang.

Jadi, kalian tidak hanya menggunakan jenis font serupa agar dijadikan ciri khas.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai Ukuran Thumbnail YouTube yang harus diperhatikan dan bisa kalian coba.

Ikuti beberapa tutorial yang telah kami berikan diartikel ini agar bisa mendapatkan hasil thumbnail yang jauh lebih menarik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca. Sekian dan terimakasih.