Pesona Keindahan Air Terjun Kedung Kandang, Cek Lokasinya

MataramNews.co.id – Selain Bandung, Yogyakarta juga menjadi salah satu daerah yang menyediakan berbagai wisata alam yang menarik dan mengesankan. Setelah kami membahas tentang Bukit Karang Gunung Kidul. Dan tidak jauh dari lokasi tersebut, terdapat sebuah destinasi wisata yang bisa kalian jelajahi yaitu Air Terjun Kedung Kandang. Bagi kalian yang suka dengan air terjun khususnya wisatawan daerah Yogyakarta. Maka bisa mengunjungi tempat ini sekarang juga.

Jadi, Yogyakarta tidak hanya menawarkan keindahan laut atau pantai saja. Melainkan beberapa air terjun cantic bisa kalian jelajahi di kota tersebut. Tidak heran, jika Yogyakarta menjadi salah satu kota untuk tujuan wisata lokal nomor 1. Dan banyak sekali para pelancong dari dalam atau luar negeri yang berkunjung ke Yogyakarta. Tentu saja masih banyak jenis wisata alam lainnya yang dapat kalian kunjungi di Jogja.

Dan di ulasan kali ini mari kita fokus pada pembahasan mengenai Air Terjun Kedung Kandang. Tentu saja air terjun ini memiliki keindahan alam yang tak jauh berbeda dengan air terjun lainnya. Air yang ditawarkan pun sangat jernih dan dingin. Banyak yang mengira bahwa Air Terjun Kedung Kandang ini berlokasi di Bali. Nyatanya, terdapat dibagian Jawa Tengah yang bisa kalian jelajahi kapan saja.

Dari segi pemandangan dan panorama yang diberikan, air terjun ini sangat menarik dan kalian bisa menemukan beberapa spot foto yang bisa dimanfaatkan. Dan untuk sebagian orang memilih berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang yang memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Nah, untuk menyimak lebih rinci tentang Air Terjun Kedung Kandang silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang merupakan sebuah air terjun keren yang berlokasi di Yogyakarta, Jawa Tengah. Sama seperti air terjun di Indonesia pada umumnya, air terjun ini berada di gugusan tebing batu dan pesawahan. Dimana air terjun ini berundak terasiring seperti waterfall yang ada di Ubud, Bali. Tidak heran jika banyak yang menyangka bahwa air terjun ini terletak di Bali.

Baca Juga :  Bukit Karang Gunung Kidul, Nikmati Panorama Pantai Indrayanti

Tentu saja, waterfall ini memiliki daya Tarik yang banyak diminati oleh kalangan wisatawan dari daerah Yogya atau luar daerah tersebut. Didalam Air Terjun Kedung Kandang juga memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan para pengunjung. Tapi, untuk bisa sampai ke air terjun ini kalian wajib melakukan trekking kurang lebih 1 kg. Dan akan melewati beberapa rute atau bukit yang terjal.

Namun, semua ini akan sebanding dengan jerih payah kalian ketika telah sampai di air terjun tersebut. pemandangan yang indah mampu menghilangkan rasa lelah, dan kalian juga bisa mengabadikan momen penting ini. Pemandangan sawah yang sejuk disertai suara gemuruh air yang sangat merdu akan menemani perjalanan ketika trekking. Kalian juga bisa menemukan banyak masyarakat lokal di pesawahan yang sangat ramah.

Namun, hal yang perlu kalian perhatikan adalah alas kaki yang digunakan karena rute trekking memungkinkan kalian untuk naik turun bukit dan permukaan tanah yang kering serta basah. Terdapat pula bebatuan yang cukup terjal, dan pastikan untuk tetap berhati-hati. Kawasan wisata ini memang bisa dinikmati oleh semua umur. Pasalnya, wisata ini juga sangat cocok dikunjungi ketika musim hujan tepatnya pada bulan Oktober hingga Maret.

Harga Tiket Masuk

Dan harga tiket masuk ke kawasan wisata ini adalah Rp. 7.000 / orang. Tentu saja angka yang sangat murah dan dana ini digunakan untuk mengelola dan mengembangkan fasilitas di air terjun tersebut. Dan pastinya harga yang diberikan tidak lah mahal bukan? Kalian bisa merencanakan liburan bersama teman, kerabat dan lainnya untuk mengunjungi tempat tersebut bersama-sama.

Rute dan Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Jika kalian bertanya-tanya mengenai alamat lengkap Air Terjun Kedung Kandang adalah daerah Gunungbutak, desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Jawa Tengah. Pasalnya, air terjun ini tidak terlalu jauh dari Embung dan Gunung Api Purba Nglanggeran. Kalian bisa menemukan banyak rute untuk sampai ke lokasi wisata tersebut.

Baca Juga :  Curug Batu Templek: Sejarah, Lokasi dan Harga Tiket Cek disini

Jika rute dari Jogja sendiri kalian bisa melewati area jalan wonosari atau daerah Sendangsari di Sleman. Dan jalan wonosari sendiri adalah salah satu akses yang paling mudha untuk kalian coba. Di sini kalian bisa melakukan perjalanan ke kecematan Pathuk. Sebelum menemukan SMPN 2 Pathuk, masuk ke jalur kiri agar bisa ke dusun Bobung. Dan terdapat perempatan, kalian bisa ambil jalur kiri dan akan menemukan warung mie ayam Mbak Nining dan belok kiri. Para pengunjung sendiri bisa memarkirkan kendaraan di lapangan voli.

Penginapan

Kalian juga bisa menemukan banyak sekali penginapan yang bisa di manfaatkan, jika kalian datang dari jauh. Lokasinya pun sangat beragam. Mulai dari 5 KM dan lainnya. tentu saja kalian bisa menentukannya sendiri dan harganya relatif murah dan tidak menguras isi dompet kalian. Selain itu, tempat wisata ini buka hingga 24 jam setiap hari tanpa hari libur. Untuk kalian yang ingin berfoto-foto, maka bisa kunjungi air terjun ini sekarang.

Pesona Keindahan Air Terjun Kedung Kandang

Tentu saja banyak sekali pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata ini, untuk sekedar berfoto dan menikmati pemandangan alam yang tersedia. Kalian juga bisa mengunjungi nya secara langsung karena bisa menemukan banyak sekali Pesona Keindahan Air Terjun Kedung Kandang. Apa saja? Silahkan simak ulasannya sebagai berikut.

Pesona Keindahan Air Terjun

Kalian bisa mendapatkan keindahan dari air terjun yang disajikan oleh tempat tersebut, dimana lokasinya berda di tengah-tengah sawah. Jadi kalian juga dapat menikmati keindahan pesawahan yang hijau membentang luas. Kalian bisa mengabadikan momen dengan berfoto atau selfie. Dan terdapat 6 undakan pada air terjun ini.

Serta bentuk tebing-tebing yang mirip dengan anak tangga layaknya terasering pesawahan. Bukan hal aneh jika banyak yang mengira air terjun ini berlokasi di Bali karena sangat mirip. Air nya sangat jernih dan jika datang pada musim kemarau maka air nya sedikit berkurang. Namun, hal ini tidak menghilangkan keindahan wisata alam tersebut.

Baca Juga :  Keindahan Curug Dago Bandung, Air Terjun & Prasasti Raja Thailand

Pesona Alam Sekitar

Seperti yang sudah dijelaskan, kalian tidak hanya disuguhkan dengan pesona keindahan air terjun saja. Melainkan pemandangan alam yang diberikan oleh tempat ini sangat menawan dan mempesona. Kalian bisa menemukan view bukit, area pesawahan, dan jalanan setapak yang luar biasa. Dan di pesawahan sendiri kalian bisa menemukan banyak pohon besar, hamparan padi yang menambah keindahan tempat tersebut.

Tedapat pula gazebo yang membuat pemandangan terlihat lebih natural untuk kalian nikmati. Selain itu, udaranya yang segar membuat keseruan tersendiri. Suasana yang asri dan nyaman, membuat siapa saja menjadi betah untuk berlama-lama di tempat tersebut.

Penutup

Sekian saja review mengenai Air Terjun Kedung Kandang yang dapat dikunjungi secara langsung. Harga nya yang murah membuat para pengunjung menjadi antusias dan ingin mengunjunginya sekarang juga. Maka dari itu, silahkan atur jadwal dan ajak teman, kerabat dan lainnya untuk bisa datang ke tempat tersebut. Semoga bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.

error: Content is protected !!